Comscore Tracker

5 Alasan Seseorang Berselingkuh dari Pasangannya, Masuk Akal Gak?

Karena kesepian atau kebiasaan?

Isu perselingkuhan adalah salah satu yang cukup menarik perhatian belakangan ini. Baik itu dalam hubungan yang masih berstatus pacaran, atau juga untuk hubungan rumah tangga. Bagaimana pun versinya, perselingkuhan selalu menjadi trending topic yang viral di dunia maya. Pihak yang diselingkuhi biasanya akan dibela habis-habisan sementara mereka yang menjadi pelaku, akan dihujat tiada henti.

Terlepas dari siapa yang benar dan siapa yang salah, semua orang pasti punya alasan untuk melakukan tindakan keliru satu ini. Ini nih beberapa alasan yang seringkali digunakan oleh mereka yang berselingkuh. Apa aja kah itu? Cek poinnya berikut ini, yuk! 

1. Bosan dengan alur hubungan yang begitu-begitu aja

5 Alasan Seseorang Berselingkuh dari Pasangannya, Masuk Akal Gak?ilustrasi orang berdebat (pexels.com/Mikhail Nilov)

Bosan adalah alasan paling klise yang sering digunakan oleh mereka yang berselingkuh. Merasa bahwa hubungannya gak lagi harmonis, tanpa cinta, dan tanpa kehangatan serta sudah gak ada tantangannya lagi, dijadikan sebagai sebuah pembenaran. Perselingkuhan pun dianggap sebagai solusi atas rasa bosan tersebut. 

Padahal, alih-alih berselingkuh, pelaku sebenarnya bisa aja mulai menghangatkan kembali hubungannya dengan memberikan kejutan kecil, atau sekedar meluangkan waktu untuk duduk bersama. Obrolan ringan dengan pasangan akan sangat berhasil untuk menghilangkan rasa bosan, lho. 

2. Tergoda dengan orang lain yang memiliki banyak kelebihan dibanding pasangannya

5 Alasan Seseorang Berselingkuh dari Pasangannya, Masuk Akal Gak?ilustrasi pasangan (Pexels.com/Danielle Reese)

Merasa pasangannya sudah gak menarik lagi dan ada seseorang yang lebih di luar sana juga sering kali dijadikan sebagai alasan untuk mengkhianati cinta tulus pasangannya. Orang semacam ini biasanya gak gampang puas dan memang susah untuk setia. Bukan karena pasangannya, justru mereka berselingkuh karena memang gampang tergoda. 

Faktanya, sesempurna apa pun kekasihnya, dia akan tetap berselingkuh karena akan selalu ada orang yang lebih dibanding pasangannya. Jangan sedih, deh, kalau kamu ditinggalkan untuk alasan seperti ini, itu artinya kamu berhak untuk mendapatkan pasangan yang lebih baik. 

Baca Juga: 5 Alasan Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi Itu Buktikan Kamu Gak Dewasa

3. Dimulai dengan berteman, dan kemudian merasa nyaman

5 Alasan Seseorang Berselingkuh dari Pasangannya, Masuk Akal Gak?ilustrasi main gadget (Pexels.com/PNW Production)

Pertemanan biasa juga bisa jadi munculnya benih-benih perselingkuhan. Bahaya yang dimunculkan oleh rasa nyaman memang bisa bikin siapa saja terjebak tanpa sadar. Pertemuan yang gak bisa dihindari setiap hari, ditambah dengan keberadaan si dia yang bikin suasana selalu menyenangkan, sangat mungkin mendatangkan api asmara. 

Jika sudah begini, pasangan pun secara perlahan jadi tergantikan posisinya. Makanya, jangan berteman dengan lawan jenis terlalu dekat jika kamu gak mau hal ini terjadi. 

4. Kurang mendapat perhatian dari pasangannya

5 Alasan Seseorang Berselingkuh dari Pasangannya, Masuk Akal Gak?ilustrasi pasangan (Pexels.com/RODNAE production)

Pembenaran dari perselingkuhan juga seringkali. dibungkus dengan alasan kesepian. Jarang mendapat perhatian dari pasangan yang sibuk seolah merupakan sesuatu yang bisa diterima jika dia berselingkuh. Gak heran, orang semacam ini jarang merasa bersalah meskipun perselingkuhannya ketahuan. 

Meski sama-sama bersalah, gak seharusnya kesibukan pasangan dijadikan sebagai alasan. Bukan selingkuh, komunikasi justru harus dilakukan untuk menghindari munculnya perselingkuhan. 

5. Khilaf dan tanpa sadar sudah melakukan perselingkuhan

5 Alasan Seseorang Berselingkuh dari Pasangannya, Masuk Akal Gak?ilustrasi main gadget (Pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Alasan berselingkuh yang paling gak masuk akal adalah ketika pelalu berkata bahwa dia khilaf. Perbuatan keliru yang dilakukan sekali mungkin bisa masuk kategori khilaf, namun jika sudah berulang, bukankah itu patut dipertanyakan? 

Perselingkuhan memang bisa saja dilakukan oleh siapa pun. Namun, jika pada dasarnya seseorang itu setia, berbagai godaan gak akan bisa meruntuhkan kesetiannya, kok. 
Begitupun sebaliknya, jika seseorang itu memiliki kecenderungan untuk berselingkuh, sesempurna apapun pasangannya dan seharmonis apapun hubungannya, dia akan tetap mencari berjuta alasan untuk selingkuh. Gak banget, ya. 

Perselingkuhan memang bisa dilakukan oleh siapa aja. Terlepas dari apapun profesi orang tersebut dan setinggi apapun jenjang pendidikannya. Jadi, menurut kalian, dari lima alasan di atas, apa ada yang bisa dimaklumi? 

Baca Juga: 5 Tanda Microcheating alias Selingkuh Tipis-tipis, Kamu Pernah?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya