Comscore Tracker

Biar Tak Canggung, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertemu Sahabat Lama!

Gak mau kan kalau jadi orang yang bikin sebel?

Bertemu sahabat lama, dalam acara formal atau secara tidak sengaja seringkali membuat kita bingung harus mengucapkan apa. Saking kaget dan kangennya, kita jadi asal mengucapkan pertanyaan yang terlintas di benak aja. Hayo, pernah gak kamu mengalami momen seperti ini?

Tapi, ada beberapa hal nih yang sebaiknya gak kamu lakukan biar pertemuan dengan sahabat lama gak berubah jadi canggung. Yuk disimak bareng-bareng guys.

1. Basa-basi tidak penting dengan nanya "kapan lulus, kapan nikah, dll"

Biar Tak Canggung, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertemu Sahabat Lama!unsplash/Tomas Halajcik

Pertanyaan seperti "kapan lulus, kapan nikah, dll" adalah pertanyaan yang sebenarnya sangat sensitif bagi sebagian orang. Hal ini bisa membuat orang merasa kesal, atau yang lebih parahnya kamu bisa menyakiti hati orang yang bersangkutan. Bahkan, meski dia sahabatmu sendiri, namun karena kalian lama tidak berjumpa, bukan mustahil dia akan tersinggung juga dengan pertanyaan seperti itu. Makanya dihindari ya.

2. Mengungkit masa lalu dia yang memalukan

Biar Tak Canggung, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertemu Sahabat Lama!unsplash/Brooke Cagle

Siapa sih yang senang jika masa lalunyayang buruk diungkit kembali? Ketika dia sudah susah payah melupakan hal tersebut, baik karena malu atau karena alasan lain, kamu yang tiba-tiba mengungkit hal tersebut pasti akan membuat dia merasa tidak nyaman. Meskipun niatmu untuk membuat lelucon, tapi jangan sampai malah berujung krik-krik dan membuat hubungan kalian jadi tidak baik ya.

3. Menyinggung soal fisik

Biar Tak Canggung, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertemu Sahabat Lama!pexels/Helena Lopes

Menyinggung soal fisik, terutama jika fisik sahabatmu ini sudah tidak seindah dulu, akan bisa membuat dia tersinggung juga lho. "Sekarang gendutan ya" adalah kalimat yang terasa wajar bagi kita tapi mungkin itu adalah hal yang sensitif baginya. Karena kita gak pernah tau bagaimana perasaan seseorang kan.

Baca Juga: Jangan Ngaku Sahabat Dekat Kalau Kalian Belum Pernah Melakukan Hal Ini!

4. Langsung menanyakan hal-hal bersifat pribadi

Biar Tak Canggung, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertemu Sahabat Lama!pexels/Lisa Fotios

Kalian yang sudah lama gak bertemu, meski dulu sangat dekat sampai menyimpan rahasia bersama, tentu sudah gak segampang dulu untuk mengungkapkan hal-hal bersifat pribadi. Bisa saja dia akan merasa tidak nyaman untuk menceritakan hal itu. Atau mungkin dia akan merasa kamu agak keterlaluan karena bertanya sesuatu yang tidak pantas.

5. Membanding-bandingkan dirimu dengan dirinya dalam segala hal

Biar Tak Canggung, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertemu Sahabat Lama!unsplash/Thought Catalog

Membandingkan hidupmu dan hidupnya dalam segala hal, sama sekali bukan sesuatu yang seharusnya dibicarakan dengan sahabat lama. Hal itu bisa saja akan membuat dia merasa terintimidasi atau merasa hidupnya sangat tidak beruntung. Apalagi jika kamu mulai memamerkan segala yang kamu miliki dan kamu capai.

Sahabat lama yang sekian lama gak berjumpa pasti juga akan merasa canggung saat harus memulai percakapan karena kalian sudah gak berinteraksi dalam beberapa waktu. Menanyakan kabarnya dengan tulus, bisa jadi bahan obrolan yang justru menyenangkan lho.

Baca Juga: Ini Dia 9 Alasan Kenapa Kamu Gak Pernah Punya Sahabat Dekat

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You