Comscore Tracker

Ini 5 Cara agar Gak Ada yang Terlalu Mendominasi dalam Hubungan

Seimbang dan sejalan!

Hubungan yang harmonis, mesra, selalu saling melengkapi memang terdengar mustahil. Akan selalu ada masa pasang-surut yang gak bisa dihindari. Namun, hubungan yang selalu seimbang bukan gak mungkin untuk diwujudkan, lho. Karena sejatinya, gak perlu ada yang terlalu dominan dalam sebuah hubungan.

Bukankah hubungan itu soal bagaimana kedua insan bisa sama-sama melangkah beriringan menuju tujuan yang sama? Lalu bagaimana sih caranya agar gak ada yang mendominasi dalam hubungan? Ini nih lima poin pentingnya.

1. Yang terpenting adalah komunikasi

Ini 5 Cara agar Gak Ada yang Terlalu Mendominasi dalam Hubunganunsplash/Vladimir Kudinov

Ingat, faktor paling penting dari sebuah hubungan itu adalah komunikasi. Mau kalian bersitegang seperti apapun, mau ada masalah sehebat apapun, jika komunikasi antara kedua insan sudah bisa terjalin dengan sehat maka semuanya akan bisa diselesaikan. Begitu pula masalah dominasi dalam hubungan ini.

2. Saling mengenal diri sendiri dan pasangan

Ini 5 Cara agar Gak Ada yang Terlalu Mendominasi dalam Hubunganpexels/Asad Photo Maldives

Kita akan mudah tertindas jika gak mengenal diri sendiri. Begitu pula pasanganmu, dia akan mudah menekanmu dan merasa berkuasa atasmu jika gak berusaha mengenal dirimu dan dirinya sendiri dengan baik. Jadi, coba deh sekarang kalian sering-sering ngobrol soal diri masing-masing biar lebih kenal lagi ya.

Baca Juga: Benahi, Ini 5 Konsep Keharmonisan Hubungan yang Sering Salah Dipahami!

3. Mau belajar dan berproses menjadi lebih baik

Ini 5 Cara agar Gak Ada yang Terlalu Mendominasi dalam Hubunganunsplash/Amber Kipp

Jika tujuan kalian adalah untuk menjalin hubungan yang sehat, maka keduanya harus mau sama-sama belajar dan berproses menjadi lebih baik. Gak ada manusia yang sempurna tapi kalian akan bisa saling menyempurnakan jika mau berusaha. Hubungan seimbang dan sehat pasti bisa terwujud kok.

4. Menurunkan ego dan terbuka pada saran yang diberikan

Ini 5 Cara agar Gak Ada yang Terlalu Mendominasi dalam Hubunganpexels/Gustavo Fring

Seringkali, sifat dominan memang tanpa sadar muncul dalam diri kita. Maka, mulailah turunkan ego dan lebih terbuka pada saran yang diberikan. Jangan langsung marah ketika pasangan mulai mengingatkanmu. Bukankah dari awal kalian sudah berkomitmen untuk menjalani hubungan yang sehat?

5. Selalu mampu melihat segala hal dari sudut pandang pasangan

Ini 5 Cara agar Gak Ada yang Terlalu Mendominasi dalam Hubunganunsplash/Joao Silas

Saat kamu ingin marah atau emosi pada pasangan, bukalah matamu dan mulailah melihat segala hal dari sudut pandang pasangan. Jangan melulu mengutamakan dirimu saja dan merasa kamu satu-satunya korban. Bisa jadi kan sebenarnya kamu lah yang terlalu dominan selama ini?

Hubungan itu merupakan proses pembelajaran jangka panjang yang gak ada akhirnya. Demi mendapat akhir yang bahagia, kamu harus terus mengusahakannya untuk selamanya hingga akhir hayat. Setuju gak?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Cowok Lebih Mudah Bosan Menjalani Hubungan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya