Comscore Tracker

Harus Tegas, Lakukan 5 Langkah Ini Jika Pasanganmu Suka Mengatur

Gak perlu terus menurut kok!

Mempunyai pasangan yang begitu perhatian dan peduli padamu pasti menyenangkan banget, kan? Rasa-rasanya cinta kalian begitu manis dan sangat membuat nyaman satu sama lain. Tapi, apa jadinya jika pasanganmu justru menunjukkan perhatian dan kasih sayangnya dengan mengatur banyak hal dalam hidupmu?

Hidup bersama pasangan yang suka mengatur pasti gak enak banget, deh. Tapi jangan langsung emosi dan mencari jalan untuk pergi dari hubungan ini, coba lakukan dulu 5 langkah berikut nih, gengs.

1. Lihat dulu apakah aturan yang dia buat memang untuk kebaikanmu

Harus Tegas, Lakukan 5 Langkah Ini Jika Pasanganmu Suka Mengaturunsplash/Brooke Cagle

Sebelum mulai menghakimi bahwa pasanganmu terlalu mengatur, coba deh kamu pikir-pikir dan ingat-ingat lagi. Jangan-jangan semua aturan yang dia buat memang demi kebaikanmu nantinya. Ditambah lagi, kamu ternyata merasakan perbedaan yang cukup baik dari menaati aturan yang dia buat. Kalau begini sih gak ada yang perlu dipermasalahkan sebenarnya, kan?

2. Pastikan untuk mengomunikasikan hal ini jika kamu merasa terganggu

Harus Tegas, Lakukan 5 Langkah Ini Jika Pasanganmu Suka Mengaturunsplash/taylor hernandez

Namun, jika ternyata aturan yang dia buat berubah menjadi semacam kekangan yang mengganggu bagimu, baru deh kamu perlu mengambil langkah selanjutnya. Aturlah kalimat yang tepat untuk berkomunikasi dengannya. Jangan sampai membuat dia salah paham dan merasa dipojokkan juga lho, ya.

3. Letakkan dia di posisimu jika diskusi yang panjang belum juga membuahkan hasil

Harus Tegas, Lakukan 5 Langkah Ini Jika Pasanganmu Suka Mengaturunsplash/Charlie Foster

Jika dia belum bisa mendapatkan poin yang kamu maksud, boleh kok sesekali kamu mengatur dia juga. Usahakan untuk gak langsung mengatur secara terang-terangan. Buat dia menyadari sendiri bagaimana rasanya diatur dan dikekang oleh pasangan sendiri. 

Baca Juga: Ciri-ciri Hubungan Percintaan yang Tak Sehat, Posesif Termasuk Juga

4. Lihat bagaimana reaksinya saat kamu melanggar aturan yang dia buat

Harus Tegas, Lakukan 5 Langkah Ini Jika Pasanganmu Suka Mengaturunsplash/Ashley Jurius

Kamu juga perlu melihat bagaimana reaksinya saat aturan yang dia buat kamu langgar. Apakah dia menyikapinya dengan bijak, atau justru dia akan marah besar dan merasa kamu gak menyayanginya lagi? Reaksinya ini bisa menjadi cara kamu untuk mengukur seberapa keras dia mengaturmu. 

5. Jika sudah keterlaluan, kamu perlu ambil langkah tegas

Harus Tegas, Lakukan 5 Langkah Ini Jika Pasanganmu Suka Mengaturunsplash/Eric Ward

Sikap mengatur yang berlebihan sudah masuk kategori hubungan yang beracun. Belum lagi jika semua itu mempengaruhi kesehatan mentalmu dan kesehatan hubungan kalian. Maka, langkah tegas eprlu diambil. Mungkin kalian bisa break sebentar untuk saling introspeksi diri, atau berpisah jika memang sudah gak bisa diusahakan lagi. Jangan sampai hubungan yang salah akhirnya merugikan banyak orang.

Mengatur dan diatur pasangan tentu akan terjadi dalam setiap hubungan. Itu memang merupakan bentuk perhatian yang mau gak mau harus kita terima. Namun, harus tetap dalam batas wajar lho, ya. Setuju?

Baca Juga: Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan Berpaling

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya