Comscore Tracker

5 Cara Bedakan Janji Palsu dan Janji Sungguhan dari Si Dia, Yuk Dicek!

Jangan gampang tertipu

Ketika seseorang menjanjikan sesuatu dan kemudian gak dia tepati, seringkali kita dengan mudahnya memberi cap bahwa orang itu adalah PHP alias pemberi harapan palsu. Padahal, kita juga turut andil dalam kekecewaan yang timbul dalam diri karena gak bisa membedakan antara janji manis dan janji sungguhan. Makanya kita jadi gampang percaya dan memegang janji seseorang begitu saja.

Nah, daripada hal seperti ini kejadian terus, mending mulai sekarang kita pinter-pinter nih dalam membedakan antara janji palsu dan janji sungguhan. Lima hal berikut bisa jadi patokannya nih, gengs.

1. Kamu harus pelajari dulu karakter aslinya

5 Cara Bedakan Janji Palsu dan Janji Sungguhan dari Si Dia, Yuk Dicek!pexels/cottonbro

Pertama, kamu harus mengenal betul karakter asli orang yang memberi janji ini. Apakah dia tipe orang yang serius, atau sekadar suka membual. Biasanya hal ini bisa tercermin dalam sikapnya sehari-hari kok. 

2. Lihat bagaimana caranya menjalani hidup

5 Cara Bedakan Janji Palsu dan Janji Sungguhan dari Si Dia, Yuk Dicek!unsplash/Priscilla Du Preez

Penting juga untuk melihat lebih lanjut bagaimana dia menjalani hidup. Misal, apakah hidupnya disiplin atau gak, atau apakah dia terlihat punya prinsip yang kuat atau gak, dan berbagai hal lainnya yang bisa tercermin di kesehariannya. Dengan begini kamu bisa lebih tahu apakah dia tipe PHP atau bukan. 

Baca Juga: 6 Cara Sederhana Bikin Pacar Terbiasa Jujur ke Kamu sejak Awal Jadian

3. Janji manis biasanya terlalu jauh ke masa yang akan datang

5 Cara Bedakan Janji Palsu dan Janji Sungguhan dari Si Dia, Yuk Dicek!pexels/luizclas

Selain dua hal sebelumnya, kamu juga bisa menilai perbedaan janji manis dan janji sungguhan dengan melihat apa yang dia janjikan. Ketika dia mengiming-imingi sesuatu yang terlalu jauh ke depan, bisa jadi ini hanyalah janji manis belaka. Pasalnya, kita gak akan tahu apa yang akan terjadi berpuluh-puluh tahun ke depan, kan?

4. Janji sungguhan seringkali ditegaskan berulang-ulang dengan keyakinan

5 Cara Bedakan Janji Palsu dan Janji Sungguhan dari Si Dia, Yuk Dicek!pexels/Andrea Piacquadio

Janji sungguhan juga seringkali ditegaskan secara berulang-ulang dan bukan sekadar sepintas lalu kemudian dilupakan. Ketika dia mengingat semua janjinya dengan jelas, maka bisa dibilang seseorang itu benar-benar berkomitmen untuk memenuhi perkataannya. 

5. Janji palsu seringkali terucap tanpa berpikir panjang

5 Cara Bedakan Janji Palsu dan Janji Sungguhan dari Si Dia, Yuk Dicek!pexels/Gui Vergouwen

Beda halnya dengan janji palsu nih, biasanya ucapan satu ini gak akan dipikirkan matang-matang. Janji semacam ini diucapkan hanya untuk membuat kamu senang untuk sesaat. Jadi, gak ada gunanya menagih janji macam ini, karena kamu pasti tau bahwa dia gak serius dengan ucapannya. 

Memegang janji seseorang sepertinya sudah jadi kebiasaan banyak orang ya. Sayangnya, banyak orang yang gak sadar bahwa yang namanya janji tetaplah hanya berupa kata-kata. Jadi, daripada kecewa ke depannya, lebih baik gak usah berharap terlalu banyak deh sama kata-kata penuh janji dari siapapun. Setuju?

Baca Juga: 6 Tanda Simpel Bahwa Kamu Sudah Gak Cinta Lagi Sama Pacar, Rasain Gak?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya