Comscore Tracker

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Hadapi Pasangan yang Perhitungan

Kalau sudah berlebihan, komunikasikan!

Gemas hingga kesal, akan mudah kamu rasakan jika punya pasangan yang perhitungan. Sifat senang memperhitungkan segalanya ini bikin pasanganmu jadi agak pelit juga, iya gak sih? Rasa-rasanya kita jadi gak bebas dalam melakukan apapun karena dia memperhitungkan segalanya hingga detil terkecil sekalipun.

Tapi, jangan terbawa emosi ya guys. Kalian bisa mencoba cara cerdas di bawah ini saat menghadapi pasangan yang perhitungan. 

1. Kenali pasanganmu lebih jauh

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Hadapi Pasangan yang Perhitunganunsplash/Amber Kipp

Langkah pertama, kamu perlu mengenal pasanganmu lebih jauh. Cari tahu kenapa dia bersikap demikian. Jangan-jangan selama ini dia gak seperhitungan itu atau bisa jadi dia punya alasan yang tepat untuk menjadi begitu perhitungan.

2. Tunjukkan bahwa kamu orang yang hemat

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Hadapi Pasangan yang Perhitunganunsplash/Christin Hume

Selanjutnya, kamu juga perlu menunjukkan bahwa kamu sebenarnya pandai berhemat. Buatlah catatan keuangan, keperluan bulanan, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, sifat perhitungannya padamu pasti akan berkurang. 

Baca Juga: 5 Hal Buruk Jika Kamu Selalu Menganggap Pasangan sebagai Saingan 

3. Perhitungkan segalanya duluan, lalu beri tahu dia

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Hadapi Pasangan yang Perhitunganpexels/Gurtavo Fring

Ingin lebih ekstrem? Kamu bisa banget memperhitungkan segalanya duluan. Misal, jika biasanya dia perhitungan soal keperluan pokok rumah tangga, maka perhitungkan lah hal itu sebelum dia mulai rewel.

Buat detail lengkap soal harga setiap barang yang kamu butuhkan kemudian kalkulasikan semuanya. Setelah itu, tunjukkan padanya dan kamu akan melihat reaksi kagumnya. 

4. Miliki penghasilan sendiri

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Hadapi Pasangan yang Perhitunganunsplash/Sharon McCutcheon

Cara yang paling ampuh sebenarnya adalah dengan punya penghasilan sendiri. Pasangan yang begitu perhitungan pun gak akan bisa membuat kamu kesal kalau sudah begini. Kamu toh membelanjakan uangmu sendiri dan bukan uangnya dia. 

5. Jika sudah sangat mengganggu, komunikasikan!

Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Hadapi Pasangan yang Perhitunganpexels/Andrea Piacquadio

Yang pasti, apapun masalah dalam hubungan, semuanya bisa diselesaikan dengan komunikasi secara baik-baik. Cari waktu yang tepat saat emosi kalian gak sedang bergejolak. Duduk bersama, tatap matanya, sentuh tangannya, dan bicarakan apa yang mengganggu pikiranmu dengan nada rendah. Pasti dia akan mengerti.

Seringkali, saat memiliki sifat menyebalkan, kita gak sadar lho, guys. Bisa jadi pasanganmu juga begini. Mungkin aja kan dia gak merasa begitu perhitungan. Jadi, apa salahnya mengomunikasikan hal ini dengannya? 

Baca Juga: 5 Hal yang Membuatmu Sulit Dapat Pasangan Hidup dalam Waktu Dekat

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya