Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Sahabat yang Gak Menghargai Privasimu, Gak Perlu Emosi!

Tunjukkan ketegasanmu!

Kedekatan kita dengan sahabat terkadang melebihi kedekatan dengan saudara sendiri. Entah itu karena faktor kesamaan usia, kesamaan hobi, dan lain sebagainya. Pokoknya kalau sudah sama sahabat tuh kita enak banget aja untuk mencurahkan segalanya. Siapa di sini nih yang juga merasakan hal yang sama?

Namun, saking dekatnya dengan sahabat, terkadang kita jadi gak punya batasan privasi yang jelas. Ujung-ujungnya kita bisa tersinggung sendiri, atau merasa gak enak hati ketika privasi kita dilanggar.

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba nih ketika sahabat dirasa sudah mulai dan bahkan sering melanggar batasan privasi kalian. Yuk simak poinnya berikut ini.

1. Ungkapkan dengan jelas

5 Cara Hadapi Sahabat yang Gak Menghargai Privasimu, Gak Perlu Emosi!pexels/fauxels

Kamu tentu sudah biasa banget dong menceritakan semuanya sama sahabat. Nah, jika ada perasaan gak enak dan gak nyaman sama dia soal apapun, kamu juga wajib membicarakannya.

Hal ini untuk menghindari permusuhan dan kesalahpahaman di antara kalian juga nantinya. Gak mau kan berantem gara-gara hal yang sebenarnya bisa diselesaikan baik-baik?

2. Ajak dia sering-sering berdiskusi tentang privasi itu sendiri

5 Cara Hadapi Sahabat yang Gak Menghargai Privasimu, Gak Perlu Emosi!unsplash.com/Becca Tapert

Ketika sahabatmu sering melanggar privasimu, bisa jadi dia sebenarnya gak tau dan gak memahami dengan jelas apa itu privasi. Kemungkinan, dia merasa kamu sudah seperti saudaranya sendiri. Sehingga, dia gak merasa bahwa kamu punya batasan-batasan tertentu yang gak ingin diketahui olehnya.

Ajaklah dia berdiskusi lebih sering soal privasi ini. Gak perlu terlalu serius. Sambil nongkrong di cafe atau saat sedang bersantai di rumah juga boleh banget.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kamu Sahabat yang Egois, Suka Memaksakan Kehendak!

3. Cobalah melihat segalanya dari sudut pandang dia

5 Cara Hadapi Sahabat yang Gak Menghargai Privasimu, Gak Perlu Emosi!unsplash/Daiga Ellaby

Selain berusaha membuat dia memahamimu, kamu juga perlu berusaha memahami dirinya. Coba deh kamu melihat kejadian tersebut dari sudut pandang dia. Jangan-jangan dia sebenarnya sama sekali gak berusaha melanggar privasimu. Justru, dia sedang melakukan sesuatu demi kebaikanmu.

4. Jangan membicarakan itu di belakangnya atau menyindir lewat medsos

5 Cara Hadapi Sahabat yang Gak Menghargai Privasimu, Gak Perlu Emosi!unsplash/@socialcut

Persahabatan yang terjalin di antara kalian gak perlu dirusak dengan unggahan status di media sosial atau omongan orang lain di belakang. Saat ada sikap sahabatmu yang terasa mengganggu, ada baiknya bicarakan secara langsung terlebih dahulu. Daripada kamu malah menciptakan masalah baru dengan menyindir lewat platform umum seperti medsos.

5. Kamu harus bersikap tegas

5 Cara Hadapi Sahabat yang Gak Menghargai Privasimu, Gak Perlu Emosi!pexels.com/Gautam

Kalau semua sudah kamu lakukan namun tetap gak menghasilkan apa-apa, maka saatnya kamu bersikap lebih tegas. Mungkin dia masih bersikap sama karena merasa kamu gak akan marah. Tunjukkan padanya bahwa kamu merasa terganggu. Bersikap tegas mungkin akan membuat dia menarik diri darimu untuk sementara, tapi begitu mulai memahami sikapmu, dia pasti akan kembali lagi kok.

Hubungan sahabat yang kelewat dekat memang terkadang menyenangkan, namun di lain sisi juga bisa jadi sangat menyebalkan ya. Terutama dalam hal privasi ini. Tapi jangan emosi, cukup lakukan lima cara di atas jika sahabatmu mulai sering melanggar privasimu. Setuju?

Baca Juga: 5 Pantangan Sikap Ketika Sahabat yang Putus Cinta Curhat ke Kamu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya