Comscore Tracker

5 Cara Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marah

Sampaikan dengan kepala dingin dan tak menggunakan kalimat menyindir, ya

Semua manusia pasti punya kekurangan dan pernah melakukan kesalahan. Gak terkecuali pasanganmu yang mungkin pada awalnya terlihat begitu sempurna. Ketika si dia berbuat kesalahan, kamu yang merasa sudah menjadi orang terdekatnya mungkin akan menegur dan berusaha membuatnya memperbaiki kesalahan tersebut. 

Hati-hati, jangan sampai kamu salah dalam bertindak sehingga membuat dia marah. Ada banyak orang yang memang cenderung untuk gak mau dianggap salah. Sehingga, teguran selembut apapun seringkali bisa memicu amarahnya. 

Jika pasanganmu tipe orang yang seperti ini, maka ada beberapa trik khusus, nih, yang perlu kamu pelajari saat akan menegur kesalahannya. Yuk, simak dan terapkan, ya. 

1. Ketimbang menyalahkan, lebih baik sampaikan apa yang kamu rasakan

5 Cara Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marahilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Budgeron Bach)

Daripada menyalahkan, lebih baik kamu perbaiki sedikit kalimat yang ingin disampaikan padanya. Buat dia melihat semua itu dari sudut pandangmu. Katakan apa yang kamu rasakan mengenai kesalahannya itu dan gunakan subjek 'aku'.

Sebagai contoh, daripada mengatakan 'kamu sudah menyakiti perasaanku dengan bersikap begitu', akan lebih mengena jika kamu mengatakan 'aku merasa kecewa karena sikapmu itu'. Dengan begini, pasanganmu akan tau apa yang kamu rasakan. 

2. Hindari menggunakan kalimat sindiran

5 Cara Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marahilustrasi pasangan berdebat (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menyindir pasangan dengan mengemas sebuah teguran lewat kata-kata manis, biasanya justru mengaburkan pesan yang sesungguhnya ingin disampaikan. Gak cuma itu aja, si dia bisa jadi merasa bingung dan merasa kamu tengah mendukung kesalahannya. Jangan marah kalau dia malah mengulang lagi kesalahannya tersebut, lho, ya. 

3. Bicaralah berdua aja

5 Cara Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marahilustrasi pasangan bahagia (Pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Jika dia memang melakukan suatu yang salah, maka tegurlah saat kalian berdua aja. Menegurnya dengan keras di depan banyak orang sangat mungkin membuat dia merasa gak dihargai. Yang ada, bisa-bisa kalian malah bertengkar di depan orang banyak. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak Merespon Single Shaming, Gak Perlu Marah-marah

4. Pahami cara komunikasi yang tepat bagi kalian berdua

5 Cara Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marahilustrasi pasangan ngobrol (pexels.com/Budgeron Bach)

Setiap pasangan punya cara berkomunikasinya masing-masing. Ada yang harus disertai dengan sentuhan, ada pula yang harus dilakukan sambil makan, dan lain sebagainya. Pahami cara komunikasi yang tepat antara kamu dan pasanganmu. Dengan begini, teguranmu atas kesalahannya akan bisa dia terima, tanpa emosi. 

5. Sampaikan apa yang kamu harapkan ke depannya

5 Cara Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marahilustrasi pasangan berbincang (pexels.com/@katerina-holmes)

Yang pasti, jangan cuma membahas kesalahannya aja. Kamu juga perlu memberikan solusi dan apa yang kamu harapkan ke depannya. Agar, kamu gak berekspektasi sendirian dan malah menimbulkan kekecewaan di kemudian hari. 

Bagaimanapun, sempurnanya pasanganmu, pasti dia pernah melakukan kesalahan. Tentunya, kamu ingin dia gak mengulang lagi kesalahan tersebut. Nah, inilah kenapa kamu perlu mengkomunikasikan hal tersebut dengannya. 

Sebab, sebuah hubungan yang dilandasi dengan fondasi komunikasi kuat, pasti bisa bertahan lama. Setuju? 

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Susah Sekali Minta Maaf pada Pasangan Saat Bertengkar

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya