Comscore Tracker

5 Cara Menghindari Perdebatan Sepele dengan Pasangan, Diskusikan!

#IDNTimesLife Capek juga kan kalau berdebat terus?

Berdebat dengan pasangan mungkin adalah hal yang biasa. Gak masalah jika kita sesekali ingin mengutarakan pendapat sendiri yang bisa jadi berbeda sama pemikiran si dia. Di sinilah biasanya kita jadi terlibat adu argumen dengan pasangan. Tapi, jangan sampai hal ini jadi kebiasaan yang berlarut-larut hingga membuat kita berdebat soal hal yang juga gak penting.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari perdebatan gak penting sama pasangan nih. Selain bikin hubungan lebih harmonis, kita juga jadi lebih bisa mengarahkan perdebatan pada hal-hal yang sifatnya krusial aja. Nih beberapa poin yang harus kita terapkan.

1. Kamu harus lebih mengenal diri sendiri dan juga pasangan

5 Cara Menghindari Perdebatan Sepele dengan Pasangan, Diskusikan!pexels. com/Samson Katt

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenal diri sendiri dan mengenal pasangan dengan lebih baik. Kamu perlu mengetahui apa yang membuat kamu gampang terpancing emosi, kenapa kamu suka berdebat sama pasangan, apa tujuanmu dalam perdebatan tersebut, dan lain sebagainya. Begitupun dengan pasanganmu.

2. Hindari membicarakan topik sensitif saat suasana hatimu sedang gak baik

5 Cara Menghindari Perdebatan Sepele dengan Pasangan, Diskusikan!unsplash.com/Paola Chaaya

Selanjutnya, kamu perlu menghindari perdebatan dengan pasanganmu saat suasana hatimu sedang gak baik. Membahas hal-hal sensitif, contohnya. Topik seperti ini bisa memancing emosi dan berujung pada perdebatan yang gak perlu. Daripada menimbulkan pertengkaran, lebih baik bicarakan hal-hal umum aja kalau memang kamu dan dia sedang gak mood.

3. Jangan mengajak dia berdiskusi ketika kamu dan dia sedang sama-sama capek

5 Cara Menghindari Perdebatan Sepele dengan Pasangan, Diskusikan!pexels.com/Ketut Subiyanto

Selain menghindari topik sensitif, kamu juga perlu rehat sejenak dari diskusi sama pasangan jika memang sedang sangat kelelahan. Pekerjaan yang menumpuk seharian, atau perut yang sedang kosong, atau faktor apa pun yang membuatmu merasa capek lahir dan batin memang perlu untuk dinetralisir. Diskusi dengan pasangan di saat seperti ini gak akan menghasilkan apa-apa selain debat kusir tiada akhir.

Baca Juga: 5 Sikap yang Perlu Kamu Ambil ketika Kalah dalam Perdebatan

4. Jangan gampang terhasut omongan orang lain

5 Cara Menghindari Perdebatan Sepele dengan Pasangan, Diskusikan!unsplash/Alexis Brown

Perdebatan gak penting juga gak akan terjadi jika kamu mampu menyaring apa yang kamu dengar tentang pasanganmu di luar sana. Omongan orang lain bisa banget ditambah bumbu penyedap dan lainnya agar terdengar menarik. Makanya, berdebat dengan pasanganmu soal gosip yang kamu dengar dari sumber gak jelas lebih baik jangan dilakukan.

Tanyakan baik-baik tanpa emosi jika memang kamu menyimpan kecurigaan. Cari bukti terlebih dahulu sebelum menuduh yang gak-gak pada pasanganmu.

5. Selain itu, jangan dengan gampangnya berasumsi soal perasaan atau isi pikiran pasangan

5 Cara Menghindari Perdebatan Sepele dengan Pasangan, Diskusikan!soompi.com

Ngomongin soal kecurigaan, maka kamu harus banget untuk menghindari mengambil kesimpulan secara sepihak. Jika memang terasa mengganggu, tanyakan langsung aja. Jangan berdebat dengan cara yang seolah-olah menyiratkan bahwa kamu sudah menuduhnya melakukan hal-hal yang gak boleh dilakukan. Lihat permasalahan tersebut dari sudut pandang dia juga, ya!

Jika dalam hubungan selalu terjadi perdebatan yang gak penting secara terus menerus, baik kamu ataupun pasangan pasti akan merasa lelah pada akhirnya. Hubungan kalian bisa terancam dan susah untuk diselamatkan. Berdebat boleh, selama masih dalam batas wajar dan gak berujung pertengkaran. Setuju?

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Hubungan Sering Hadapi Pertengkaran yang Gak Sehat

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya