Comscore Tracker

5 Cara Paling Sederhana untuk Bahagiakan Pasangan setelah Punya Anak

Tindakan lebih dibutuhkan!

Setelah mempunyai anak, biasanya keharmonisan pasangan suami istri ikut berubah. Ada yang semakin romantis, tapi banyak pula yang mengaku hubungannya jadi merenggang akibat kurangnya waktu berdua. Memang, kehadiran anak merupakan kebahagiaan tersendiri. Namun di sisi lain, ini juga jadi masalah lain yang sering hadir dalam rumah tangga.

Para istri sering kali merasa berjuang sendirian sampai kelelahan sementara sang suami merasa istri berubah jadi cuek dan cepat marah setelah memiliki anak. Sebenarnya itu semua hanya butuh komunikasi yang lebih intens dan terbuka. Selain itu, lima cara berikut juga bisa dicoba demi membahagiakan pasangan dan mengembalikan keharmonisan. 

1. Membantu mengurus si kecil dengan sepenuh hati

5 Cara Paling Sederhana untuk Bahagiakan Pasangan setelah Punya Anakilustrasi orangtua dan anak (Pexels.com/PNW Production)

Ikut terlibat dalam mengurus si kecil akan membuat pasanganmu sangat bahagia. Jangan berpikiran bahwa bayi hanya membutuhkan ibunya sehingga sebagai suami kamu hanya duduk termangu apalagi malah sibuk dengan gadget saat sedang di rumah. Sikap seperti inilah yang sering memunculkan rasa kecewa di hati pasangan.

Kalian berdua masih sama-sama kaget dan perlu beradaptasi dengan situasi yang baru tersebut. Jangan berjalan sendirian karena kekuatan justru hadir jika kalian mau bergandengan tangan dan melakukan semuanya bersama. 

2. Tetap punya waktu berdua yang berkualitas

5 Cara Paling Sederhana untuk Bahagiakan Pasangan setelah Punya Anakilustrasi pasangan serasi (Pexels.com/Hiyang Prem)

Meski kehadiran anak sangat menguras emosi dan tenaga serta membuat kita gampang kelelahan, waktu berdua tetap harus menjadi yang utama. Kamu dan pasangan bisa mencuri waktu ketika si kecil sedang tidur. Sekedar makan mi instan berdua aja bisa terasa sangat romantis, lho.

Bukan cuma kamu yang merasa kesepian, dia pun demikian. Makanya meluangkan waktu bersama akan menghilangkan perasaan sepi itu dan kalian bisa kembali menjalin keharmonisan seperti sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Diharapkan dari Suami saat Istri Sakit, Suami Tolong Peka

3. Pujian, ucapan terima kasih dan penghargaan pada pasangan juga ampuh bikin berbunga-bunga

5 Cara Paling Sederhana untuk Bahagiakan Pasangan setelah Punya Anakilustrasi keluarga bahagia (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jangan ragu atau sungkan untuk memuji atau menghargai pasangan. Ini adalah tindakan sepele yang justru sangat dibutuhkan di masa-masa awal memiliki anak. Pasanganmu akan merasa usahanya diapresiasi sehingga dia gak keberatan untuk berusaha lebih giat lagi, baik itu dalam mengurus anak ataupun dalam pekerjaan lainnya.

Menjadi ayah dan ibu baru memang gak mudah. Ada fase yang harus dilalui dan jika itu semua gak dihargai oleh pasangan, maka rasanya akan sangat berat. 

4. Jangan berlama-lama di luar rumah karena dia membutuhkan bantuan dan kehadiranmu

5 Cara Paling Sederhana untuk Bahagiakan Pasangan setelah Punya Anakilustrasi keluarga bahagia (Pexels.com/Anna Shvets)

Buat para suami yang bekerja di luar rumah, usahakan untuk segeralah pulang ketika pekerjaan telah selesai mini adalah hal yang kita rasa kecil namun sangat berarti bagi pasangan. Kehadiran kita adalah obat yang bisa menyembuhkan rasa sendirinya.

Dia juga butuh beberapa waktu untuk sendiri dan mengurus dirinya. Itulah kenapa, kepulanganmu diharap dapat memberikan dia waktu berharga tersebut sebab kamu bisa bergantian menjaga si kecil. 

5. Ingatkan atau bahkan suapi dia ketika makan jika sedang sibuk mengurus si kecil

5 Cara Paling Sederhana untuk Bahagiakan Pasangan setelah Punya Anakilustrasi makan bersama (Pexels.com/cottonbro)

Urusan perut adalah hal utama yang bisa sangat berdampak pada kebahagiaan hati seorang ibu baru. Dia bisa sangat stres dan depresi terutama ketika perutnya kosong. Jangan biarkan ini terjadi jika kamu memang ingin membuat dia bahagia.

Belikan makanan jika dia gak sempat memasak, ingatkan dan suapi dia jika memang dirinya sedang sibuk menggendong si kecil. Tindakan kecil semacam ini bisa sangat membekas di hati dan membuat pasanganmu merasa bahagia dan bersyukur memiliki dirimu. 

Hal-hal kecil yang kamu lakukan bisa sangat memberikan kebahagiaan di hati pasangan. Terutama jika kamu memang tulus melakukannya. Ingat, setelah menikah dan punya anak, keharmonisan rumah tangga tetap perlu dijaga dengan cara-cara sederhana yang menentramkan jiwa. 

Baca Juga: 6 Kriteria Pasangan Cocok untuk Kamu Si Keras Kepala, Catat!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya