Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Sahabat Gak Mau Curhat Sama Kamu, Jangan Tersinggung!

Gak usah marah gitu, dong!

Curhat kepada sahabat bagi beberapa orang adalah hal yang wajar dan sudah semestinya dilakukan. Menangis bersama atas musibah dan masalah yang menimpa. Atau menertawakan kebodohan bersama sahabat selama sesi curhat memang terasa menyenangkan.

Namun, bukan berarti ini jadi semacam kewajiban yang perlu untuk dilakukan semua orang, lho. Jika sampai saat ini sahabatmu belum pernah menceritakan kisah hidup pribadinya sama kamu, kamu jangan buru-buru merasa sedih ataupun tersinggung apalagi marah. Bisa jadi, salah satu dari lima alasan berikut nih penyebabnya.

1. Masalah yang dia miliki bersifat sangat pribadi

5 Hal yang Bikin Sahabat Gak Mau Curhat Sama Kamu, Jangan Tersinggung!unsplash/Rosie Fraser

Hanya karena kamu adalah sosok sahabat yang baik, bukan berarti kamu merasa berhak untuk mengetahui semua hal soal sahabatmu hingga ke hal-hal pribadinya. Dia mungkin gak sering atau gak pernah curhat sama kamu karena memang baginya itu semua terlalu pribadi untuk dibagikan dengan orang lain. Hargailah keputusannya ya.

2. Dia gak ingin membebani kamu dengan masalahnya

5 Hal yang Bikin Sahabat Gak Mau Curhat Sama Kamu, Jangan Tersinggung!unsplash/Aranxa Esteve

Alasan lainnya adalah mungkin dia gak ingin kamu terbebani dengan masalah hidupnya. Kita gak pernah tau apa yang dirasakan oleh orang lain, jadi jangan menghakimi dia dengan semena-mena. Bisa jadi aja kan dia merasa kamu sudah punya banyak masalah, makanya dia gak ingin menambah beban hidupmu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Jadi Tempat Curhat yang Baik, Good Listener!

3. Ada orang lain yang lebih dia percaya dan bisa membantunya

5 Hal yang Bikin Sahabat Gak Mau Curhat Sama Kamu, Jangan Tersinggung!unsplash/Luke Porter

Berperan sebagai sahabatnya, juga bukan berarti kamu adalah satu-satunya orang yang berhak mengetahui masalah hidupnya. Mungkin dia juga punya sahabat lain atau orang lain yang lebih dia percaya. Misalnya, dia sudah punya psikolog pribadi yang lebih bisa membantunya memecahkan masalah yang selama ini memang begitu berat dan gak bisa dia tanggung sendirian.

4. Masalahnya mungkin bersangkutan sama kamu dan dia merasa gak enak untuk bercerita

5 Hal yang Bikin Sahabat Gak Mau Curhat Sama Kamu, Jangan Tersinggung!pexels.com/Pixabay

Kemungkinan lain yang agak sedikit menyakitkan tapi harus bisa kita terima adalah siapa tau masalahnya itu berkaitan dengan dirimu. Dia gak ingin menceritakan itu semua padamu karena tau kamu akan kecewa ketika mengetahuinya. Makanya dia lebih memilih memendamnya atau curhat dengan orang lain yang lebih tepat.

5. Mungkin, dia memang pribadi yang tertutup dan lebih suka menyimpan masalahnya

5 Hal yang Bikin Sahabat Gak Mau Curhat Sama Kamu, Jangan Tersinggung!unsplash/Daiga Ellaby

Kepribadian orang itu ada beragam, lho. Gak semua orang bisa nyaman untuk curhat atau menceritakan masalahnya pada sembarang orang bahkan sahabatnya sendiri. Bisa aja kan sahabatmu juga termasuk tipe orang yang begini. Dia lebih suka menyimpan masalahnya sendiri karena memang dia begitu tertutup pada orang lain.

Apa pun yang jadi penyebab sahabatmu gak pernah curhat sama kamu, bukanlah sesuatu yang harusnya bisa mengganggu persahabatan kalian. Karena, jika kamu memang tulus bersahabat dengannya, kamu juga pasti gak akan mau mencampuri urusan hidupnya tanpa dia persilakan, iya kan?

Baca Juga: 5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang Lain

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya