Comscore Tracker

5 Cara Tenang Hadapi Sahabat yang Gampang Panik di Berbagai Situasi

Cobalah menjadi penenangnya!

Gampang panik merupakan salah satu sifat manusia yang seringkali menjengkelkan bagi orang sekitarnya. Sayangnya, gak banyak orang yang berusaha untuk mengurangi sifat gampang panik ini. Selain karena merasa gak dirugikan apa-apa oleh sifatnya ini, gak sedikit juga orang yang ternyata gak menyadari kalau mereka adalah pribadi yang gampang panik.

Jika saat ini kamu punya sahabat yang gampang terserang panik dalam berbagai situasi, jangan buru-buru merasa kesal dan ingin menjauhinya ya. Ada baiknya kamu lakukan 5 cara berikut agar bisa mengurangi sifat panikan yang ada di dirinya.

1. Pastikan dia tahu bahwa dia adalah orang yang gampang panik

5 Cara Tenang Hadapi Sahabat yang Gampang Panik di Berbagai Situasipexels/Duong Nhan

Seseorang gak bisa memperbaiki diri ketika dia bahkan gak tahu apa yang harus diperbaiki dari dirinya. Iya kan? Nah, tugasmu yang pertama adalah memastikan bahwa dia tahu betul bahwa dirinya merupakan seseorang yang gampang panik.

2. Jangan sampai terpengaruh, kamu harus bisa bersikap tenang meski dia tengah panik

5 Cara Tenang Hadapi Sahabat yang Gampang Panik di Berbagai Situasipexels/Gautam

Ketika kalian berdua berada pada situasi genting atau bahkan yang gak genting sekalipun, akan ada kemungkinan bahwa sahabatmu ini menjadi panik kan? Kamu sebagai seseorang yang tahu betul bahwa panik gak akan menyelesaikan masalah, harus bersikap lebih tenang dan gak mudah terpengaruh sikap paniknya. Berpikir jernih tentu lebih mudah dilakukan ketika ketenangan lebih menguasaimu ketimbang kepanikan.

3. Ajak dia berdiskusi soal sisi positif dan negatif dari sikap paniknya

5 Cara Tenang Hadapi Sahabat yang Gampang Panik di Berbagai Situasiunsplash/Etienne Boulanger

Tugasmu berikutnya adalah mengajak dia menganalisis sendiri soal sisi positif dan negatif dari sikap paniknya. Melalui metode ini, dia akan lebih mampu menyadari bahwa kepanikan yang dia miliki gak akan bisa menyelesaikan masalah apapun yang dia hadapi. Akhirnya, tentu dia akan berusaha untuk mengurangi kepanikan dalam dirinya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Panik Jika Beban Terasa Berat

4. Sadarkan dia ketika kepanikan menyerangnya

5 Cara Tenang Hadapi Sahabat yang Gampang Panik di Berbagai Situasipexels/Kat Jayne

Meski sudah memiliki keinginan untuk memperbaiki rasa panik yang sering menyerangnya, sahabatmu ini mungkin saja gak akan ingat untuk melakukan hal itu ketika dia berada di situasi yang baginya sangat menegangkan. Di situlah kamu memiliki peran untuk menyadarkan dia dan mengingatkannya kembali untuk mengendalikan rasa panik yang ada.

5. Jangan mengharap perubahan drastis dari usahamu, ingatlah bahwa semua butuh proses!

5 Cara Tenang Hadapi Sahabat yang Gampang Panik di Berbagai Situasipexels/Andrea Piacquadio

Ketika kamu sudah melakukan segala hal untuk membuat sahabatmu mengurangi rasa panik yang ada di dirinya. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menunggu dengan sabar sambil terus mengusahakan yang terbaik. Karena gak mungkin seseorang bisa berubah drastis dalam waktu sekejap. Ingatlah bahwa semua butuh proses ya!

Sebagai seorang sahabat, hal yang wajar kok untuk berusaha membuat sahabatmu menjadi lebih baik. Kamu pun jangan gampang tersinggung ketika sahabatmu berusaha merubahmu menjadi lebih baik. Karena semua orang punya kekurangan dan biasanya yang mampu melihat kekurangan diri kita bukanlah diri kita sendiri melainkan orang lain. Bener gak?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Panik Saat Hadapi Masalah, Tenangkan Diri Ya!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya