Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Dimaafkan setelah Berselingkuh

Kuncinya, minta maaf dengan tulus!

Gak ada satu orang pun yang bisa bersabar jika sudah diselingkuhi. Terlebih jika pasangannya adalah orang yang sangat dia cintai dan begitu dia percaya selama ini.

Diselingkuhi bisa aja merupakan sesuatu yang sangat dibenci seseorang dan merupakan tindakan tak termaafkan. Namun, apa jadinya jika kamu adalah pihak yang berselingkuh tersebut? Tindakan perselingkuhan memang susah dicerna akal sehat. Bahkan pelakunya sendiri pun seringkali gak sadar dan seolah terhipnotis.

Tapi jika kamu sudah menyadari kesalahan tersebut dan gak ingin kehilangan pasanganmu, cobalah lakukan lima hal berikut untuk mendapatkan maaf darinya. 

1. Akui kesalahanmu dan yakinkan dia bahwa hubungan kalian berharga

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Dimaafkan setelah Berselingkuhilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Keira Burton)

Gak ada gunanya mengelak dan menyangkal terlebih jika perselingkuhanmu memang sudah ketahuan. Segeralah sadar dan berhenti dari perbuatan tersebut. Putuskan hubungan dengan orang ketiga itu dan jangan pernah mencari tahu soalnya lagi. 

Akui kesalahanmu pada pasangan dan minta maaflah dengan sungguh-sungguh. Mungkin ini akan sangat berat baginya tapi pahamilah posisinya. Jangan memaksa dia memaafkanmu karena itu hanya akan membuat hubungan kalian semakin memanas. 

2. Berkomitmen untuk gak pernah mengulangi kesalahan yang sama

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Dimaafkan setelah Berselingkuhilustrasi pasangan berkomunikasi (Pexels.com/cottonbro)

Agar mendapatkan maaf dari si dia, berkomitmenlah pada dirimu sendiri. Gak usah membuat janji-janji pada pasanganmu, cukup tunjukkan keseriusan dan komitmenmu dengan berbagai tindakan yang tepat. Ingat, dia adalah orang yang berharga yang sangat kamu cintai. 

Sebuah perselingkuhan pasti akan membuat hubungan kalian terasa berbeda karena itu semua memang salahmu, jangan malah terpancing emosi. Teruslah bersabar dan berjuang. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perselingkuhan Dianggap Sebagai Tindakan Paling Buruk

3. Berikan dia waktu jika memang dia butuh ruang untuk sendiri

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Dimaafkan setelah Berselingkuhilustrasi pasangan ngobrol (Pexels.com/cottonbro)

Sekali lagi, kamu harus sadar bahwa yang namanya memaafkan pasangan berselingkuh itu bukan sesuatu yang mudah. Ingatan dan kenangan buruk saat cinta kita diduakan itu bahkan bisa menimbulkan trauma tersendiri pada diri seseorang. Jadi jika pasanganmu butuh waktu untuk sendiri dulu, pahamilah hal itu. 

Berikan dia kesempatan untuk merenungi kembali semuanya. Namun jangan tinggalkan dia sepenuhnya. Tetap berikan perhatian tulusmu dan jangan pernah lagi mengingat apalagi menghubungi orang yang pernah hadir diantara kalian tersebut. 

4. Tunjukkan kesungguhanmu dengan mengungkapkan cinta menggunakan bahasa cintanya

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Dimaafkan setelah Berselingkuhilustrasi pasangan ngobrol (Pexels.com/Bethany Ferr)

Semua orang punya bahasa cintanya masing-masing. Tentu kamu sudah tahu kan bahasa cinta pasanganmu? Jika dia merupakan tipe orang yang senang dicintai dengan kata-kata, maka tunjukkan cintamu dengan cara itu setiap harinya. 

Yakinkan dia bahwa kamu mencintainya sepenuh hati dan itu gak akan lagi terbagi. Inilah yang dia butuhkan setelah tahu kamu berselingkuh. 

5. Terus tingkatkan komunikasi di antara kamu dan pasangan

5 Hal yang Bisa Dilakukan agar Dimaafkan setelah Berselingkuhilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/mentatdgt)

Ketika nantinya maaf sudah diberikan, bisa jadi hubungan kalian tetap akan terasa berbeda. Sebabnya, ada rasa percaya yang sudah dikhianati.

Jangan sembrono dan menyalahkan dia karena terlihat belum mampu memaafkanmu. 
Justru, yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan komunikasi di antara kalian. Bicarakan apa aja setiap hari dengannya. Bahkan hal-hal yang terasa sepele sekalipun. Maka lambat laun hubungan kalian akan kembali mencair.

Pastikan bahwa cintamu gak akan lagi teralihkan pada orang lain. Dia yang mau memaafkanmu setelah sebuah perselingkuhan berarti memiliki cinta yang teramat besar padamu. Hargai dan apresiasi keberadaannya, pengorbanannya, serta perjuangannya untuk terus berada di sisimu. Siap? 

Baca Juga: 11 Film Korea Bertema Perselingkuhan, Penuh Dendam dan Pengkhianatan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya