Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Mengganggu Komunikasi dalam Hubungan, Yuk Dihindari!

Pahami dan perbanyak mendengar!

Setiap pasangan pasti pernah mengalami konflik. Dari yang sifatnya sederhana, hingga yang rumit sekalipun. Semua pasangan, memiliki caranya masing-masing untuk mengatasi konflik tapi selalu ada kesamaan di antara semuanya, yaitu komunikasi. Karena, gak ada permasalahan yang bisa selesai tanpa komunikasi.

Lalu, apa jadinya jika komunikasi mulai terganggu? Yang pasti, akan semakin banyak masalah yang gak bisa diselesaikan begitu saja. Jadi, untuk menghindari hal itu, kita wajib banget nih agar bisa mengenali hal-hal yang mengganggu komunikasi dalam hubungan. Ini nih lima di antaranya.

1. Perasaan bahwa kalian gak akan pernah cocok satu sama lain

5 Hal yang Bisa Mengganggu Komunikasi dalam Hubungan, Yuk Dihindari!Pexels/TirachardKumtanom

Hal pertama dan yang paling utama kenapa komunikasi dalam hubungan bisa terganggu adalah karena perasaan kalian sendiri. Ketika salah satu atau bahkan kedua sejoli yang menjalin hubungan ini mulai merasakan ketidak cocokan dan malah menganggap bahwa itu semua karena pudarnya cinta, maka komunikasi pun akan mulai jarang dilakukan.

Padahal, justru dengan berkurangnya komunikasi inilah maka tingkat kecocokan kalian mulai menurun.

2. Keengganan untuk mendengar

5 Hal yang Bisa Mengganggu Komunikasi dalam Hubungan, Yuk Dihindari!Pexels/VeraArsic

Rasa enggan untuk mendengar juga menjadi penyebab berikutnya kenapa komunikasi dalam hubungan mulai jarang dilakukan. Bayangkan aja, gimana perasaan pasanganmu jika kamu selalu menunjukkan gelagat malas ketika dia akan menceritakan sesuatu sebagai upaya untuk berkomunikasi. Kalau begini, pasti deh gak akan ada yang mau berupaya untuk membiasakan komunikasi dalam hubungan. 

Baca Juga: 5 Tanda Komunikasi Dalam Hubunganmu Sudah Berkualitas, Bikin Awet!

3. Fokus yang terbagi

5 Hal yang Bisa Mengganggu Komunikasi dalam Hubungan, Yuk Dihindari!glamour.com

Fokus yang seringkali terbagi pada hal lain seperti gadget, televisi, buku, dan lainnya, tentu sangat mengganggu komunikasi. Terlalu sering membagi fokus seperti ini saat pasanganmu sedang berbicara, akan membuat dia enggan berkomunikasi lagi denganmu. Jika sampai gak ada inisiatif dari kalian berdua soal hal ini, komunikasi dalam hubungan jelas akan sangat jarang terjadi.

4. Sifat egois yang kelewat tinggi 

5 Hal yang Bisa Mengganggu Komunikasi dalam Hubungan, Yuk Dihindari!pexels/Jopwell

Merasa lebih penting, lebih baik, dan lebih tinggi dibanding pasangan juga mengakibatkan komunikasi menjadi terbatas. Keegoisan kedua belah pihak nyatanya akan membuat kalian gak mau memikirkan kelangsungan hubungan dan lebih fokus pada diri sendiri.

Padahal, menurunkan ego demi bisa mengatasi dan menghadapi berbagai hal bersama tentu lebih penting untuk dilakukan.

5. Gak menyadari pentingnya komunikasi itu sendiri

5 Hal yang Bisa Mengganggu Komunikasi dalam Hubungan, Yuk Dihindari!pexels/Tan Danh

Ketidaksadaran akan pentingnya komunikasi juga menyebabkan kamu dan pasangan jadi enggan membicarakan banyak hal. Apalagi, jika hal ini ditambah pula dengan sifat pendiam masing-masing. Duh, mau sampai kapan dalam hubungan terus memendam perasaan?

Seiring berjalannya waktu, sebuah hubungan membutuhkan komunikasi yang intens demi menjaga keharmonisan. Makanya, penting bagi kita untuk mengenali lima hal yang bikin komunikasi dalam hubungan jadi terganggu seperti yang sudah disebutkan di atas. Siap kan untuk membudayakan komunikasi?

Baca Juga: Ini 5 Cara Komunikasi Sehat sama Pasangan yang Sering Disepelekan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya