Comscore Tracker

Hilangkan 5 Ekspektasi Ini dalam Persahabatanmu, Langgeng Sampai Tua!

Ini dia kunci persahabatan agar selalu langgeng

Sebuah persahabatan yang indah di mana kamu bisa saling berbagi suka dan duka selama-lamanya pasti jadi impian banyak orang. Memiliki sahabat yang mengerti dan memahami serta mau menerimamu apa adanya tentu adalah hal yang menyenangkan. Ditambah lagi, jika sahabatmu ini punya berbagai cara untuk membuat suasana jadi ceria ketika sedang menghabiskan waktu bersama. 

Intinya, sahabat yang selalu bisa kamu andalkan dalam keadaan apapun memang susah untuk tergantikan. Kamu pasti ingin memiliki persahabatan yang langgeng selamanya dengan orang ini. 

Sayangnya, ada banyak persahabatan yang harus bubar jalan hanya karena kesalahanmu sendiri yaitu ketika kamu memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi. Nah, untuk menghindari hal itu, yuk hilangkan lima ekspektasi berikut dalam benakmu. 

1. Berharap sahabat akan memahamimu seutuhnya

Hilangkan 5 Ekspektasi Ini dalam Persahabatanmu, Langgeng Sampai Tua!ilustrasi orang minta maaf (Pexels.com/Liza Summer)

Sahabat sejati memang akan selalu terasa seperti saudara sendiri, bahkan mungkin lebih dekat dari itu. Sehingga, kamu sering lupa bahwa dia adalah manusia biasa yang gak bisa membaca isi hati orang lain.

Jadi, jangan sampai kamu berharap bahwa dirinya bisa memahamimu seutuhnya. Apalagi jika kamu gak mengungkapkan dengan jelas apa yang kamu pikirkan. 

2. Berharap persahabatan kalian penuh keterbukaan dan tanpa adanya rahasia

Hilangkan 5 Ekspektasi Ini dalam Persahabatanmu, Langgeng Sampai Tua!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/ELEVATE)

Mengharapkan sahabatmu untuk selalu terbuka dan gak punya rahasia padamu adalah sesuatu yang berlebihan dalam sebuah persahabatan, lho. Dengan pasangannya aja dia pasti masih menyimpan beberapa rahasia, apalagi dengan sahabatnya sendiri.

Ingat, hal ini sangat manusiawi dan gak perlu kamu ributkan. Berekspektasi secara berlebih hanya akan bikin persahabatanmu menuju konflik yang gak penting. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Mengacuhkan Sahabat setelah Punya Pasangan

3. Berekspektasi bahwa sahabatmu gak akan punya sahabat lain

Hilangkan 5 Ekspektasi Ini dalam Persahabatanmu, Langgeng Sampai Tua!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/laura tancredi)

Sifat posesif dalam persahabatan adalah sesuatu yang sangat mengganggu. Gak cuma bikin risih, sahabatmu juga akan merasa dirinya sudah dikekang dan gak bebas. Jika kamu berharap bahwa dia gak akan punya sahabat lain, itu sama aja kamu gak membiarkan dia untuk mengembangkan diri. 

Duh, kalau begini terus sahabatmu bisa kabur semua. Gak pengin kan berakhir sendirian tanpa sahabat satupun? 

4. Berharap bahwa sahabatmu akan selalu ada kapanpun kamu membutuhkannya

Hilangkan 5 Ekspektasi Ini dalam Persahabatanmu, Langgeng Sampai Tua!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/George Milton)

Sahabatmu adalah orang yang juga punya kesibukan dan hidupnya sendiri. Jangan mentang-mentang karena merasa sudah mengenal dia luar dalam, lalu kemudian menuntut dirinya untuk selalu hadir saat kamu butuh. 

Dia juga terkadang harus melakukan hal lain yang penting terlebih dahulu. Percaya aja, dia pasti akan berusaha meluangkan waktunya untukmu, kok. 

5. Berekspektasi bahwa kamu akan selalu diutamakan oleh sahabatmu

Hilangkan 5 Ekspektasi Ini dalam Persahabatanmu, Langgeng Sampai Tua!ilustrasi orang curhat (pexels.com/Mental Health America)

Ini nih poin yang seringkali dilupakan dalam persahabatan. Ketika sudah menjadi sahabat, kamu gak otomatis menjadi prioritas nomor satu dalam hidupnya, lho, guys.

Berharap sahabat akan selalu mengutamakanmu hanya akan bikin kamu kecewa nantinya. Pasalnya, bagaimanapun juga dia pasti akan mulai disibukkan dengan hal lain dan kamu gak lagi jadi yang paling utama. Gak usah marah kalau ini terjadi, karena memang begitulah kehidupan. 

Sahabat sejati akan sangat sayang jika dilepaskan hanya karena keegoisanmu. Berbagai ekspektasi keliru di atas wajib dipangkas habis karena hanya akan bikin kamu kehilangan orang yang paling berharga dalam hidup. Setuju, kan? 

Baca Juga: 5 Ciri Sahabat Palsu yang Boleh Kamu Tinggalkan, Jangan Terpedaya!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya