Comscore Tracker

Jangan Kaget, Ini 5 Masalah Utama yang Akan Muncul di Awal Pernikahan

Akan banyak perbedaan yang terasa, lho!

Hati berbunga-bunga, si dia yang selalu mesra, rasa perhatian dan pengertiannya yang gak pernah sirna, semua itu pasti ada di bayangan kita soal kehidupan setelah menikah. Tapi, kamu yakin hal seperti ini bisa bertahan selamanya? Hayo, bangunlah dari mimpi semu seperti itu guys.

Dunia pernikahan gak selalu berisi kebahagiaan aja. Jika kamu mengharapkan hal seperti ini yang akan terjadi, maka jiwamu akan rentan terserang rasa kecewa. Karena, ada 5 masalah utama nih yang akan terjadi di awal masa pernikahan. Biar kamu gak kaget nantinya setelah menikah, yuk cari tahu.

1. Perubahan sikap, sudah gak lagi mesra seperti masa pacaran

Jangan Kaget, Ini 5 Masalah Utama yang Akan Muncul di Awal Pernikahanpexels.com/Vera Arsic

Jika saat masih pacaran kamu selalu mendapatkan perhatian dan rasa sayang tak henti-henti dari pasangan, maka setelah menikah mungkin kamu masih akan mendapatkannya. Apalagi di bulan-bulan pertama. Tapi, setelah beberapa bulan berselang, siap-siap aja kalau dia gak lagi seperhatian sebelumnya.

Jangan marah, itu wajar banget kok terjadi. Justru itu pertanda bahwa dia sudah terbiasa dengan kehadiranmu dan sudah merasa nyaman untuk bersikap apa adanya.

2. Waktunya juga gak lagi sepenuhnya buatmu

Jangan Kaget, Ini 5 Masalah Utama yang Akan Muncul di Awal Pernikahanunsplash/ROOM

Saat awal masa pernikahan, kalian mungkin masih sama-sama cuti dari pekerjaan. Sehingga, waktu untuk satu sama lain begitu banyak. Tapi, lama-kelamaan kalian pastinya akan kembali bekerja. Dan juga, kalian sudah merasa memiliki tanggungan yang lebih karena sudah berumah tangga.

Gak perlu kesal dan sebal kalau waktunya sudah bukan milikmu lagi seutuhnya. Bukankah kalian perlu biaya untuk terus membuat rumah tangga menjadi tenang dari gejolak keuangan?

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Melarutkan Masalah Pernikahan tanpa Ending yang Jelas

3. Banyaknya perbedaan yang akan mulai terasa

Jangan Kaget, Ini 5 Masalah Utama yang Akan Muncul di Awal Pernikahanpexels/Polina Zimmerman

Gak cuma dalam sisi romantisme, perubahan lain pun akan terjadi. Seperti misalnya kamu mulai melihat kebiasaan joroknya, betapa gak rapi dirinya dalam menata barang, emosinya yang ternyata masih labil, dan lain sebagainya.

Ini juga bukan alasan untuk marah-marah lho ya, karena memang begitulah kita kalau sudah merasa nyaman dengan orang lain kan? Sifat asli kita pun gak lagi ingin disembunyikan.

4. Miskomunikasi yang baiknya dibicarakan dan gak dipendam

Jangan Kaget, Ini 5 Masalah Utama yang Akan Muncul di Awal Pernikahanpexels.com/ketut subiyanto

Ada banyak hubungan yang berakhir saat masih seumur jagung. Penyebabnya kebanyakan adalah karena adanya kesalahpahaman. Misalnya, dia yang masih sering main sama teman dan melupakan suami atau istrinya di rumah. Padahal, bisa jadi dia sedang membicarakan bisnis yang ingin dikembangkan bersama teman-temannya.

Hal-hal semacam ini perlu dikomunikasikan dengan baik-baik antara kedua pihak agar gak terjadi salah paham yang berkepanjangan.

5. Keluarga besar yang juga ikut campur urusan kalian

Jangan Kaget, Ini 5 Masalah Utama yang Akan Muncul di Awal Pernikahanyourdost.com

Semua rumah tangga pasti punya masalah. Namun, masalah bisa jadi semakin besar jika ada orang luar yang ikut campur dan membuat semuanya semakin runyam. Biasanya sih yang paling suka mencampuri urusan rumah tangga begini adalah pihak orang tua. Jadi, usahakan agar masalah kalian gak sampai didengar orang lain yang gak berkepentingan ya.

Pernikahan gak hanya berisi hal manis. Kamu harus tau bahwa akan ada masalah-masalah untuk menjadi bumbu penyedap dalam hubungan rumah tangga. Sehingga, kamu sudah siap menghadapi masalah itu mulai sekarang. Setuju?

Baca Juga: 5 Alasan Terbuka Soal Masalah Keluarga Itu Penting saat akan Menikah

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya