Comscore Tracker

5 Cara Agar Lebih Mudah Mendengar dan Menerima Pendapat Pasangan

Jangan egois dan keras kepala!

Mendengar dan menerima pendapat pasangan akan menjadi suatu kelebihan jika kamu mampu menerapkannya. Pasanganmu akan sangat bahagia dan hubungan kalian pun bisa semakin harmonis. Pasalnya, perkara mendengarkan ini cukup sering jadi masalah yang menyebabkan perpecahan dalam hubungan.

Lantas bagaimana caranya agar kalian bisa menjadi pendengar yang baik dan mampu menerima saran dari pasangan? Coba deh 5 poin berikut.

1. Turunkan ego dan kekeras kepalaanmu

5 Cara Agar Lebih Mudah Mendengar dan Menerima Pendapat Pasangandramabeans.com

Jika selama ini kamu selalu menolak saran dari pasangan dan gampang menyepelekan apa yang diceritakan pasangan sehingga gak mau meluangkan waktu untuk menjadi pendengar yang baik, maka bisa dibilang egomu masih kelewat tinggi. Kamu merasa bahwa pasanganmu gak tau apa-apa dan gak bisa memberi masukan yang berguna. Padahal, kamu bahkan belum mencobanya kan? Hayo, turunkan dulu egomu, guys.

2. Tumbuhkan cinta dan kasih sayang yang tulus

5 Cara Agar Lebih Mudah Mendengar dan Menerima Pendapat Pasanganunsplash/Davids Kokainis

Menumbuhkan rasa cinta yang tulus juga akan membuat kamu lebih mau mendengar pasangan. Coba deh ingat-ingat lagi saat pertama kali kalian bersama, pasti kamu rela banget kan mendengar ceritanya berjam-jam via telepon bahkan hingga ketiduran? Lalu kenapa sekarang mendengar suaranya bikin kamu bosan? Bisa jadi rasa cinta dan ketulusanmu yang mulai berkurang nih.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Seseorang Tidak Mau Mendengarkan Nasihat Orang Lain

3. Bersikaplah layaknya sahabat

5 Cara Agar Lebih Mudah Mendengar dan Menerima Pendapat Pasanganunsplash/Pablo Heimplatz

Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu harus menjadi seorang sahabat bagi pasanganmu. Setiap keluhan, cerita, curahan hati, dan berbagai hal yang dia bagikan padamu akan lebih mudah kamu cerna jika kamu bisa menempatkan diri sebagai sahabatnya.

4. Lebih membuka diri dan menambah wawasan

5 Cara Agar Lebih Mudah Mendengar dan Menerima Pendapat Pasangandramabeans.com

Untuk hal menerima saran, kamu pasti cukup sulit untuk melakukannya kan? Kebanyakan sih alasannya adalah karena saran dari pasangan gak betul-betul bisa kamu terapkan. Ah masa sih? Coba deh kamu lebih membuka diri dan wawasan, sebenarnya bisa jadi saran tersebut berguna, lho.

5. Gak ada salahnya kan menerima saran jika memang berguna?

5 Cara Agar Lebih Mudah Mendengar dan Menerima Pendapat Pasanganreviewdramaasia.com

Merasa gengsi juga bisa jadi penyebab kamu enggan mendengar dan menerima saran dari pasangan, nih. Perasaan seperti ini wajib dihilangkan karena pasangan yang baik gak akan pernah merendahkan kamu karena hal ini, justru dia akan sangat senang karena sarannya benar-benar kamu dengar dan lakukan.

Pasangan yang mencintaimu dengan tulus pasti akan terus membagikan berbagai hal denganmu dan senantiasa memberi saran dan masukan pada apa pun yang kamu lakukan. Jangan kesal, justru ini adalah tanda bahwa dia begitu perhatian. Yakin gak mau?

Baca Juga: Sulit Menerima Saran, 5 Zodiak Ini Jarang Meminta Bantuan Orang Lain!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya