Comscore Tracker

5 Cara Bijak Menyikapi Pasangan yang Sibuk Bekerja, Gak Perlu Emosi!

Berikan dukungan dan komunikasikan, ya

Punya pasangan yang sukses dan pekerja keras mungkin bisa dibilang adalah keinginan hampir semua orang. Namun, kebanyakan dari kita lupa bahwa dibalik hal itu tentu ada resiko yang harus ditanggung. Yaitu, si dia yang mungkin terkadang jadi disibukkan dengan pekerjaan hingga lupa waktu.

Pada tahap ini, kita sebagai pasangan mungkin akan merasa diabaikan, dinomorduakan, hingga muncul juga perasaan gak dianggap. Wah, kalau sudah begini mungkin kita akan tersulut emosi dan memancing pertengkaran gak perlu sama pasangan, ya. Padahal, ada beberapa cara bijak nih yang bisa kita terapkan ketika si dia terlalu sibuk sama pekerjaannya. 

1. Berikan dukungan dengan tindakan dan ucapan

5 Cara Bijak Menyikapi Pasangan yang Sibuk Bekerja, Gak Perlu Emosi!ilustrasi pasangan bekerja (Pexels.com/cottonbro)

Pastikan bahwa kamu sudah membuat dia menyadari keberadaanmu. Sebagai pasangan, penting bagi kamu untuk memberikan dukungan sepenuhnya sama pekerjaan yang dia lakukan selama itu memang positif dan mendatangkan rezeki yang halal.

Dukunglah dia dengan tindakan dan juga ucapan. Buat dia tau seberapa besar kamu memberikan support untuknya.

2. Ungkapkan rasa terima kasih

5 Cara Bijak Menyikapi Pasangan yang Sibuk Bekerja, Gak Perlu Emosi!ilustrasi pasangan bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Dari hasil pekerjaannya, tentu kamu juga sering mendapat bagian kan? Nah, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih padanya. Saat dia terlalu sibuk hingga lupa waktu, ingatkan kembali dia bahwa kamu ada untuknya dengan mulai berterima kasih seperti ini. Harapannya agar setelah itu dia mulai menyadari bahwa dirinya selama ini sudah terlalu sibuk hingga gak punya waktu sama kamu. 

Baca Juga: 5 Ciri Pasanganmu Termasuk Orang yang Setia dan Loyal, Pertahankan

3. Katakan apa yang sesungguhnya kamu rasakan

5 Cara Bijak Menyikapi Pasangan yang Sibuk Bekerja, Gak Perlu Emosi!ilustrasi pasangan bekerja (pexels.com/cottonbro)

Pastinya, kamu wajib untuk memberitahukan apa yang sesungguhnya kamu rasakan. Jangan memendam semuanya sendirian dan berharap dia peka dengan sendirinya. Ini hanya akan membuat kamu kecewa karena kemungkinan besar pikirannya sedang fokus pada pekerjaan dan bukan pada dirimu.

Gak usah gengsi untuk mengucapkan apa yang kamu rasakan terutama jika memang itu semua sudah sangat mengganggumu. Lagipula, mengingatkannya untuk gak terlalu sibuk juga bukan cuma buat kepentingan kamu aja, tapi juga buat kebaikan si dia. Betul?

4. Hindari menegur dengan keras dan emosi

5 Cara Bijak Menyikapi Pasangan yang Sibuk Bekerja, Gak Perlu Emosi!ilustrasi pasangan bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Hindari memberikan teguran atau peringatan dengan keras dan emosi. Bukankah kamu bisa membicarakan semuanya dengan baik-baik tanpa melibatkan amarah? Pasalnya, kamu hanya akan menambah masalah jika melakukannya dengan cara ini. Sebab, si dia sudah dipusingkan dengan urusan kerjaan dan harus ditambah lagi dengan menghadapi kamu yang emosi.

5. Tanyakan apa yang bisa kamu lakukan

5 Cara Bijak Menyikapi Pasangan yang Sibuk Bekerja, Gak Perlu Emosi!ilustrasi pasangan bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menawarkan bantuan juga bisa kamu lakukan jika pasanganmu sudah terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Meskipun pekerjaannya adalah sesuatu yang kamu gak mengerti, gak ada salahnya berbasa-basi. Siapa tau dia jadi lebih rileks dan merasakan ketulusanmu hingga mulai gak lagi terlalu fokus pada pekerjaannya itu. 

Pasangan yang sibuk bekerja kadang memang bikin kita dilema. Di satu sisi, itu semua untuk kebaikannya, namun di sisi lain kita jadi terabaikan dan merasa gak dianggap. Namun, yang terpenting tetap tanamkan rasa pengertian dan ingat untuk gak melibatkan emosi, ya. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Tanda jika Sebenarnya Pasanganmu sedang Malas untuk Menghubungimu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya