Comscore Tracker

Meski Menyedihkan, Ini 5 Hikmah Nyata dari Sebuah Perpisahan

Relakanlah apa yang memang seharusnya pergi

Memiliki sesuatu atau seseorang memang memberikan perasaan bahagia yang gak bisa kita gambarkan. Apalagi jika sesuatu atau seseorang itu begitu bermakna dalam hidup kita. Sayangnya, kita sering lupa, bahwa segala yang kita miliki di dunia ini, gak sepenuhnya milik kita. Akan ada fase di mana pada akhirnya kita harus mengucapkan salam perpisahan. 

Ketidak abadian ini sebenarnya mengajarkan banyak hal yang suka lupa kita telusuri. Berikut nih 5 poin tentang hikmah sebuah kehilangan yang wajib kita renungkan bersama.

1. Bahwa dalam setiap pertemuan pasti ada perpisahan

Meski Menyedihkan, Ini 5 Hikmah Nyata dari Sebuah Perpisahanunsplash/Rosie Fraser

Sudah gak asing dong dengan kalimat "dalam setiap pertemuan pasti ada perpisahan"? Ini bukan sekedar kalimat biasa, lho. Maknanya dalam banget dan kalimat satu itu memang seratus persen benar adanya. Ketika kita ditakdirkan untuk bertemu dengan seseorang, pasti ada masa di mana nanti perpisahan akan menghampiri kita juga. 

2. Mengajarkan kita perasaan ikhlas

Meski Menyedihkan, Ini 5 Hikmah Nyata dari Sebuah Perpisahanunsplash/Greg Raines

Berpisah dengan seseorang sejatinya mengajarkan kita rasa ikhlas. Mau menangis sekeras apapun, atau memohon selama apapun, ketika memang takdir berkata bahwa kita harus berpisah, maka satu-satunya yang bisa dilakukan adalah belajar ikhlas dan menerima semuanya dengan lapang dada.

3. Membuat kita tau untuk gak bergantung sepenuhnya pada orang lain

Meski Menyedihkan, Ini 5 Hikmah Nyata dari Sebuah Perpisahanunsplash/Hannah Busing

Sebuah perpisahan juga tentunya mengajarkan kita untuk gak terlalu bergantung dengan orang lain. Karena, akan ada masa di mana kita harus mengucapkan salam perpisahan meskipun itu menyakitkan. Pada akhirnya, kita memang hanya bisa mengandalkan diri sendiri dan berusaha sendiri.

Baca Juga: 5 Hikmah Sebuah Perpisahan yang Sering Dilupakan Manusia

4. Kita juga akan mengucapkan perpisahan suatu saat nanti

Meski Menyedihkan, Ini 5 Hikmah Nyata dari Sebuah Perpisahanunsplash/kevin laminto

Dari sebuah perpisahan, pastinya kita juga jadi lebih tau bahwa waktu yang kita miliki pun terbatas. Jika telah sampai masanya, maka kita sendiri juga akan mengucapkan salam perpisahan pada orang-orang yang kita sayangi. 

5. Belajar untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin

Meski Menyedihkan, Ini 5 Hikmah Nyata dari Sebuah Perpisahanunsplash/Brandless

Terakhir dan yang terpenting dari hikmah sebuah perpisahan adalah belajar untuk menggunakan waktu sebaik mungkin. Jika saat ini kita punya orang tua yang lengkap, maka gunakanlah waktu yang ada untuk membahagiakan mereka.

Jika pasangan kita adalah orang yang sempurna di mata kita, maka jangan sia-siakan waktu untuk mengatakan dan menunjukkan rasa cinta padanya. Serta masih banyak cara-cara lain untuk memanfaatkan waktu yang kita miliki ini.

Perpisahan yang menyedihkan dan menyakitkan tentu gak pernah kita harapkan. Namun, penting sekali bagi kita untuk mengambil hikmah dari adanya perpisahan tersebut agar kesedihan yang kita rasakan bisa sedikit terobati.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Kecemburuan dalam Hubungan, Biar Gak Ada Perpisahan

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You