Comscore Tracker

5 Cara Menyikapi Sahabat yang Senang Mengeluh tentang Segala Hal

Gak usah kesal berlebihan!

Karakter seseorang yang sangat beragam dan unik sangat mungkin membuat kita memiliki seorang sahabat yang senang mengeluh. Memang sih, sifat senang mengeluh ini sangat toxic dan biasanya menyebarkan energi negatif ketika kita berada di dekatnya. Namun, bukan dengan begitu kamu bisa membenarkan sikap untuk menjauhi sahabat yang memiliki sifat ini.

Justru, kamu harus punya cara-cara tersendiri agar sahabatmu ini bisa meminimalkan kebiasaan mengeluhnya dan mulai bersyukur terhadap segala yang dia miliki. Mau tahu caranya? Yuk, kepoin langkah-langkahnya berikut ini.

1. Tetap berpikir positif, mungkin dia hanya melakukan itu sebagai cara menghibur diri

5 Cara Menyikapi Sahabat yang Senang Mengeluh tentang Segala HalInstagram.com/@zaskiasungkar15

Pertama, kamu gak perlu langsung menghujat atau menyudutkannya. Tetaplah berpikir positif dan memiliki pandangan bahwa kebiasaan mengeluhnya mungkin sangat beralasan. Mungkin, itulah salah satu cara yang dilakukan sahabatmu ini untuk menghibur dirinya. Walaupun harus diakui juga bahwa cara ini sangat keliru untuk dijadikan sebuah kebiasaan.

2. Jika sudah berlebihan, baru deh kamu komunikasikan dengannya

5 Cara Menyikapi Sahabat yang Senang Mengeluh tentang Segala Halunsplash/Omar Lopez

Selanjutnya, kamu bisa mulai mengomunikasikan hal ini dengannya dengan cara yang baik dan gak menyinggung hatinya. Pasalnya, sebagai sahabat, kamu punya andil yang cukup besar untuk mengarahkan sahabatmu menjadi pribadi yang lebih baik walaupun kamu tahu bahwa gak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Tapi, bukankah gak ada salahnya untuk berusaha?

Baca Juga: 5 Tanda Ini Ungkapkan Sudah Saatnya untuk Kamu Melepas Sahabatmu

3. Ajak dia berdiskusi soal baik dan buruknya kebiasaan mengeluh ini

5 Cara Menyikapi Sahabat yang Senang Mengeluh tentang Segala Halunsplash/Roberto Nickson

Cara komunikasi yang sebenarnya cukup efektif adalah dengan mengajak sahabatmu ini berpikir sendiri soal baik dan buruknya kebiasaan mengeluh ini. Dengan metode ini, sahabatmu akan berusaha menganalisis sendiri bahwa apa yang dia lakukan itu adalah sebuah kebiasaan buruk dan sama sekali gak menguntungkan dirinya justru malah merugikannya.

4. Berikan contoh padanya setiap kali ada kesempatan

5 Cara Menyikapi Sahabat yang Senang Mengeluh tentang Segala Halunsplash/Becca Tapert

Setiap kali ada kesempatan yang memungkinkan, berikanlah contoh pada sahabatmu soal cara berhenti mengeluh ini. Berikan juga perumpamaan yang mudah dia pahami sehingga dia akan menyadari bahwa gak patut untuk mengeluh sementara ada banyak hal yang bisa disyukuri dari kehidupan ini.

5. Jangan jadikan hal itu sebagai bahan ledekan atau guyonan karena dia mungkin akan tersinggung

5 Cara Menyikapi Sahabat yang Senang Mengeluh tentang Segala Halunsplash/Felix Rostig

Penting juga nih untuk mengingat bahwa jangan sampai kebiasaan mengeluhnya itu kamu jadikan bahan bercandaan atau ledekan yang akan membuatnya rendah diri atau merasa tersinggung. Hal ini justru akan membuat dia memilih untuk menjauhimu karena kamu gak bisa menerima dia apa adanya.

Pentingnya mengomunikasikan soal kebiasaan mengeluh yang dilakukan sahabatmu ini tentunya bukan cuma untuk kebaikan dirimu sendiri, tapi terutama untuk kebaikan dia juga. Jadi, jangan segan untuk mengatakan sebuah kebenaran menyakitkan dengan cara pelan-pelan agar dia mau berusaha mengubah kebiasaan buruknya yang senang mengeluh ini. Siap gak?

Baca Juga: 5 Cara Tepat Hadapi Sahabat yang Plin-Plan, Jangan Dijauhi Ya!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya