Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Mulai Berlebihan dalam Mencintai Seseorang, Bucin Abis!

Bikin hubungan jadi toksik

Seperti halnya segala hal di dunia ini yang gak boleh dilakukan dengan berlebihan, mencintai seseorang pun demikian. Ada batasan dan aturan yang gak boleh kita langgar demi kebaikan diri sendiri dan juga hubungan yang dijalani. Berlebihan dalam mencintai seseorang hanya akan membuat si dia merasa risi dan punya kecenderungan untuk meninggalkanmu, lho.

Cinta yang terlalu berlebihan juga membuat hubungan jadi gak sehat dan berat sebelah. Belum lagi, kamu akan melakukan sesuatu yang mengganggu seperti munculnya sifat posesif, cemburu buta, dan lain sebagainya. Nah, biar hal ini gak terjadi, yuk simak lima tanda kamu mulai mencintai seseorang dengan berlebihan berikut ini. Semoga gak ada satupun yang kamu banget, ya. 

1. Menerima dia dan semua kekurangannya tanpa mendorongnya untuk menjadi lebih baik

5 Tanda Kamu Mulai Berlebihan dalam Mencintai Seseorang, Bucin Abis!ilustrasi pasangan romantis (Pexels.com/cottonbro)

Keliru banget jika kita menganggap penerimaan secara utuh akan kekurangan orang yang dicintai adalah sebuah bentuk cinta yang murni. Sejatinya, cinta akan membuat kita menginginkan yang terbaik demi si dia. Dengan begini, keinginan untuk mendorongnya menjadi lebih baik pasti tersemat di hati kita.

Jika kita terus menerima berbagai kekurangan pasangan tanpa mendukungnya untuk berubah, maka itu adalah cinta yang gak pada tempatnya. Cinta berlebihan semacam ini bisa membuat pasangan menjadi manja dan malah gak membuat dia berkembang menjadi lebih baik. 

2. Menerima perlakuan buruk yang dia lakukan padamu

5 Tanda Kamu Mulai Berlebihan dalam Mencintai Seseorang, Bucin Abis!ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Timur Weber)

Cinta yang berlebihan juga akan membuat kita diam aja dan selalu menerima berbagai perlakuan buruk yang dilakukan ke diri kita. Sangat gak baik dan jelas berdampak negatif, cinta semacam ini harusnya bisa kita sadari dimana letak kekeliruannya. Dua orang yang saling mencintai gak akan saling menyakiti apalagi dengan sengaja.

Menerima berbagai perlakuan gak menyenangkan dan menyakitkan dari pasangan merupakan hal yang gak seharusnya kita lakukan. Segeralah sadar dan keluar dari hubungan gak sehat seperti itu. 

Baca Juga: 6 Perilaku Kurang Mencintai Diri, Kamu Melakukannya Juga?

3. Mengutamakan kebahagiaannya di atas kebahagiaanmu sendiri

5 Tanda Kamu Mulai Berlebihan dalam Mencintai Seseorang, Bucin Abis!ilustrasi pasangan toksik (Pexels.com/cottonbro)

Cinta berlebihan juga ditandai dengan urutan prioritas yang gak pada tempatnya. Seharusnya, kita tau bahwa diri ini jauh lebih penting dibanding siapapun, termasuk juga pasangan kita. Kebahagiaan yang sesungguhnya hanya akan kita dapatkan jika kita mengutamakan diri sendiri terlebih dahulu terutama soal hal yang berkaitan dengan prinsip.

Sementara, jika kita terus mengutamakan kebahagiaan pasangan, itu artinya kita juga tengah mengorbankan kebahagiaan diri sendiri. Mau sampai kapan berada dalam situasi seperti itu? 

4. Rela melakukan apapun untuknya bahkan walaupun itu hal yang konyol

5 Tanda Kamu Mulai Berlebihan dalam Mencintai Seseorang, Bucin Abis!ilustrasi pasangan bekerja (Pexels.com/Andy Barbour)

Bersedia melakukan apapun untuk pasangan memang terdengar romantis jika dikatakan. Akan tetapi, lain cerita jika kita betul-betul menerapkannya di dunia nyata. Terlebih jika apa yang diminta pasangan adalah melakukan hal-hal konyol hingga hal-hal kriminal yang melanggar aturan.

Jika kamu sampai benar-benar melakukan hal tersebut, itu namanya kamu sudah bucin. Tingkat bucin semacam ini harus segera disadari dan diperbaiki sebab bisa merugikan dirimu sendiri. 

5. Selalu membela dia di depan orang lain meskipun kamu tau dia bersalah

5 Tanda Kamu Mulai Berlebihan dalam Mencintai Seseorang, Bucin Abis!ilustrasi orang sinis (Pexels.com/Anna Shvets)

Sebuah kesalahan haruslah diperbaiki. Begitupun jika yang melakukan kesalahan adalah orang yang kita cintai. Membelanya habis-habisan meski tau dia bersalah hanya akan memberi dampak negatif bagi dirinya di kemudian hari.

Bukan gak mungkin dia akan terus mengulangi kesalahannya karena merasa kamu membenarkan hal tersebut. Sepatutnya, kita mampu menunjukkan sikap yang tepat ketika orang yang dicintai melakukan kesalahan.

Rasa cinta yang tepat porsinya akan mendatangkan kebahagiaan dan keseimbangan dalam hubungan. Sebaliknya, jika ada yang mencintai dengan berlebihan maka rasanya akan janggal dan hubungan pun jadi mudah dilanda masalah. Gak mau, kan? 

Baca Juga: Terobsesi Memilikinya, 5 Akibat Kalau Mencintai Seseorang Berlebihan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya