Comscore Tracker

5 Tanda Luka dalam Hatimu Sudah Mulai Sembuh, Muncul Penerimaan

​​​​​​​#IDNTimesLife Sudah gak mendendam!

Rasa sakit yang ditinggalkan seseorang, entah karena kepergiannya, pengkhianatannya, dan lain sebagainya pasti akan meninggalkan luka. Gak berdarah, tapi sakitnya akan terus berasa hingga waktu yang kita sendiri pun gak tau kapan. Buat kalian yang sedang merasakan sakit semacam ini, bersabar adalah kunci utamanya.

Pasalnya, waktu akan menutup luka tersebut secara perlahan-lahan. Hingga lambat laun kita akan sampai pada fase dimana luka itu mulai sembuh dengan sendirinya. Tanda-tandanya, bisa kamu rasakan seperti dalam lima poin berikut nih. 

1. Kamu mulai bisa menerima rasa sakit tersebut

5 Tanda Luka dalam Hatimu Sudah Mulai Sembuh, Muncul Penerimaanpexels.com/freestock.org

Alih-alih menyangkal dan menghindari pembahasan soal kejadian masa lalu tersebut, kamu justru sudah bisa menerima dan berbaikan dengan rasa sakitnya. Kamu sudah bisa memahami bahwa rasa gak nyaman yang hadir ketika kamu mengingat kembali kejadian itu adalah bagian dari proses melupakan yang sesungguhnya. Sudahkah kamu sampai pada tahap ini?

2. Mulai bisa bersyukur karena kamu pernah diberikan pengalaman pahit tersebut

5 Tanda Luka dalam Hatimu Sudah Mulai Sembuh, Muncul Penerimaanpexels.com/Samantha Garrote

Luka hatimu juga bisa dibilang mulai sembuh ketika kamu gak lagi melihat hal itu sebagai sebuah kutukan. Justru, kamu bisa mulai mensyukuri kejadian itu pernah menimpamu. Berbagai hikmah yang tersimpan di balik pengalaman pahit itu pun sudah bisa kamu lihat dan rasakan.

3. Rasa benci dan dendam pun perlahan mulai pudar

5 Tanda Luka dalam Hatimu Sudah Mulai Sembuh, Muncul Penerimaanpexels.com/Slawa Zu

Saat sedang sakit-sakitnya, tentu kita akan menyimpan rasa benci dan dendam pada orang yang bersangkutan. Semua perlakuan menyakitkan yang dia berikan ingin sekali kita balas dengan berbagai cara. Namun, jika kamu sudah mulai merasakan pudarnya kebencian ini, selamat deh, karena itu artinya lukamu perlahan telah sembuh.

Baca Juga: 5 Cara Move On dan Menyembuhkan Dirimu dari Toxic Relationship 

4. Menceritakan kembali kejadian tersebut sudah gak sesakit sebelumnya

5 Tanda Luka dalam Hatimu Sudah Mulai Sembuh, Muncul Penerimaanunsplash/Priscilla Du Preez

Jika biasanya tangismu siap meledak atau rasa sesak yang janggal ketika harus menceritakan kembali semua pengalaman pahit itu, namun kini kamu telah bahkan gak lagi merasakan sakit yang sama, itu artinya hatimu sudah berbaikan dengan kejadian itu.

Gak ada gunanya lagi untuk menggali perasaan sakit itu hanya agar kamu semakin terlihat sebagai korban. Lebih baik, maju dan melangkah ke depan aja, guys.

5. Kamu juga sudah bisa melakukan kegiatan positif tanpa memikirkan hal itu lagi

5 Tanda Luka dalam Hatimu Sudah Mulai Sembuh, Muncul Penerimaanpexels.com/rawpixel.com

Kembali ke rutinitas biasa dan menjadi produktif atau melakukan hal-hal positif lainnya tanpa memikirkan kejadian pahit tersebut juga merupakan tanda lain bahwa luka hatimu mulai pulih. Perlahan tapi pasti, waktu memang bisa menyembuhkan semuanya tanpa harus kamu paksakan. Yang terpenting adalah tetap positif dan hadapi hari-hari dengan senyuman.

Sepahit apa pun pengalaman masa lalu, sedalam apa pun luka yang pernah tergores, pasti akan bisa sembuh jika kamu gak membiarkan diri berkubang dengan semua luka rasa sakit tersebut. Ingat, selalu ada hari baru untuk memulai semuanya dan menata kembali hatimu yang hancur berantakan. Setuju?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Berhenti Stalking Sosmed Mantan Bisa Membantu Move On

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya