Comscore Tracker

5 Tanda Nyata yang Tunjukkan kalau Sahabatmu Toxic Banget

Kamu sering digosipin di belakang?

Sahabat adalah tempat paling nyaman bagi kita untuk menceritakan apa pun dan berbagi soal apa aja. Tapi apa jadinya jika bestie mu ternyata toxic? Kamu jadi merasa tertekan karena keberadaan mereka dalam hidupmu. Nah, sebelum terlambat, yuk kenali ciri bestie yang toxic berikut agar gak semakin merugikan dirimu sendiri. 

1. Senang merendahkan orang lain hanya demi meninggikan dirinya

5 Tanda Nyata yang Tunjukkan kalau Sahabatmu Toxic Bangetilustrasi main gadget (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sudah bisa dipastikan, orang yang toxic memang doyan banget bikin orang lain merasa insecure. Gak cuma itu aja, mereka juga merasa sebagai yang paling baik sehingga berhak untuk merendahkan siapa saja yang baginya gak satu level. 

Jika kamu punya bestie semacam ini, pasti deh setiap harimu diisi dengan celotehan soal bagaimana mereka merasa orang lain gak cukup baik dalam menjalani hidup. Seakan-akan, diri merekalah yang paling sempurna. 

2. Saling membanding-bandingkan yang mereka punya

5 Tanda Nyata yang Tunjukkan kalau Sahabatmu Toxic Bangetilustrasi keluarga (pexels.com/Abandon)

Bukannya saling mendukung saat ada teman yang kesulitan, sahabat yang toxic akan saling membandingkan kehidupan masing-masing. Mereka terus berusaha terlihat lebih baik dengan membuat berbagai macam perbandingan. Ada yang suka merasa sebagai yang paling berjuang dalam hidup, ada juga yang merasa paling beruntung, dan lainnya. 

Sampai-sampai, setiap kali berkumpul bersama sahabat-sahabatmu ini, kamu sudah hafal dengan cara mereka memulai percakapan dan mulai membandingkan diri. Risi banget, ya terus bergaul dengan orang semacam ini. 

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi jika Membiarkan Dirimu Dikelilingi Orang Toxic

3. Kentara banget kalau mereka gak senang saat melihat kamu bahagia

5 Tanda Nyata yang Tunjukkan kalau Sahabatmu Toxic Bangetilustrasi orang ngobrol (pexels.com/ELEVATE)

Bestie toxic juga ditandai dengan bagaimana reaksi mereka ketika kamu sedang bahagia. Bahkan ketika mereka ikut berbahagia pun kamu bisa merasakan kepura-puraan dari raut wajah mereka. Sebab, mereka ini memang lebih suka ketika melihat kamu menderita ketimbang bahagia. 

Menjalin persahabatan dengan orang-orang seperti ini hanya akan bikin mentalmu down. Kamu jadi gak bisa bersyukur dan benar-benar merasa bahagia saat sebuah berita gembira datang di hidupmu. 

4. Hanya datang saat butuh bantuan

5 Tanda Nyata yang Tunjukkan kalau Sahabatmu Toxic Bangetilustrasi sahabat (Pexels.com/Liza Summer)

Hanya datang saat sedang kesulitan dan butuh bantuan, tapi mengaku sebagai bestie mu? Duh, mending buang ke laut aja, deh. Orang tipikal begini gak akan pernah berubah dan cenderung suka memanfaatkan orang lain. 

Egois dan sama sekali bukan sahabat yang baik, memangnya kamu mau punya bestie seperti ini? Sifat toxic-nya terlalu jelas sehingga kamu perlu menjaga jarak dari orang macam ini, ya. 

5. Membawa pengaruh buruk dalam hidupmu

5 Tanda Nyata yang Tunjukkan kalau Sahabatmu Toxic Bangetilustrasi sahabat (Pexels.com/cottonbro)

Siapa pun orang yang mengaku sebagai bestie-mu tapi membawa pengaruh buruk dalam hidup, langsung hapus aja dari daftar sahabat, guys. Gak ada gunanya mempertahankan persahabatan dengan orang yang hanya ingin merusak kamu dan masa depanmu. 

Pandailah dalam menyeleksi orang-orang yang pantas masuk dalam circle pertemanan serta persahabatan mu. Ingat, gak semua orang itu baik, tapi kamu selalu punya pilihan untuk mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang baik. 

Jika kamu mengenal orang yang menganggap dirinya sebagai sahabatmu tapi memiliki lima tanda di atas, ada baiknya segera kamu batasi interaksi dengan mereka. Jangan mengambil risiko dengan menggadaikan kesehatan mentalmu. Sahabat yang baik gak akan bersifat toxic, lho. Setuju, gak? 

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Tengah Dekat dengan Toxic Friend, Segera Jaga Jarak!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya