Comscore Tracker

5 Tanda Sepele yang Tunjukan bahwa Attitudemu Perlu Diperbaiki

Biasanya kita gak sadar!

Attitude atau sikap dan perilaku kita merupakan sesuatu yang harus selalu dijaga dengan baik. Pasalnya, tanpa attitude yang baik, hubungan kita dengan orang lain akan ikut memburuk. Hal ini tentu bisa memberi pengaruh pada kesuksesan kita ke depannya.

Sebab sebagai makhluk sosial, ada kalanya kita memang membutuhkan bantuan orang lain. Gak terkecuali dalam hal karir atau pekerjaan. Sayangnya, banyak dari kita yang menolak sadar bahwa perilaku kita selama ini masih kurang pantas. Terutama dalam lima hal dasar berikut yang seringkali kita anggap sepele tapi sangat mencerminkan bahwa attitude kita harus diperbaiki. Yuk belajar introspeksi diri!

1. Gak menghargai orang lain

5 Tanda Sepele yang Tunjukan bahwa Attitudemu Perlu Diperbaikiilustrasi pasangan berdebat (Pexels.com/Nicole Michalou)

Minta dihargai tapi diri sendiri gak bisa menghargai orang lain adalah tanda paling fatal dari attitude kita yang perlu diperbaiki. Misalnya saja, suka memotong ucapan orang lain, gak mengucapkan terimakasih dengan tulus, gak meminta maaf saat bersalah, semua itu menunjukkan betapa kurangnya rasa penghargaan kita pada orang lain.

Padahal, semua orang juga sama seperti kita, ingin diapresiasi dan dihargai dengan selayaknya. Gak ada alasan sedikitpun bagi kita untuk merasa lebih baik dan lebih berhak untuk dihargai ketimbang orang lain. 

2. Sering berkata dan bersikap kasar

5 Tanda Sepele yang Tunjukan bahwa Attitudemu Perlu Diperbaikiilustrasi orang marah (Pexels.com/Keira Burton)

Meski sudah jadi kebiasaan, gak ada salahnya untuk berusaha berubah jika selama ini kita terbiasa berkata dan bersikap kasar pada orang lain. "Aku orangnya memang begini kok," merupakan bentuk penyangkalan dan pembenaran yang tidak pada tempatnya.

Ketika kita ingin orang lain memahami kita, bukankah kita juga harus memahami orang lain? Bayangkan, bagaimana rasanya diperlakukan dengan kasar oleh orang lain. Terlebih jika kita belum terlalu mengenal orang tersebut. Dengan sikap seperti itu, sudah pasti kita akan dicap punya attitude yang buruk. 

Baca Juga: 9 Cara Simpel agar Menjadi Seseorang dengan Attitude Baik

3. Terlalu cuek pada sekitar

5 Tanda Sepele yang Tunjukan bahwa Attitudemu Perlu Diperbaikiilustrasi lingkungan toksik (Pexels.com/Craig Adderley)

Cuek memang merupakan salah satu karakter yang melekat pada diri seseorang. Namun bukan berarti ini akan terus-terusan dibiarkan dan bahkan ditingkatkan hingga ke tahap gak peduli pada orang lain. Ketika kita dikenal memiliki sifat yang cuek, bisa saja kita dianggap sombong oleh orang lain, lho.

Jika kamu berharap orang lain bisa memahami sifat cuekmu, seenggaknya berusahalah untuk tetap peduli pada lingkungan sekitar. Terlebih jika ada orang yang membutuhkan bantuan, jangan langsung berpaling dan menghindar begitu aja, dong!

4. Gampang marah dan ngambek

5 Tanda Sepele yang Tunjukan bahwa Attitudemu Perlu Diperbaikiilustrasi orang marah (Pexels.com/Yan Krukov)

Attitude yang buruk juga ditandai dengan pengendalian emosi yang sangat kacau. Salah satunya adalah mudah marah bahkan tanpa membaca situasi dan kondisi. Marah di sembarang tempat dengan alasan yang sebenarnya gak begitu masuk akal. Hal ini justru akan membuat dirimu terlihat gak dewasa.

Begitupula jika kamu suka ngambek dan berdiam diri hanya karena ada seseorang yang melakukan sesuatu yang gak sesuai dengan keinginanmu. Jika sudah sampai di titik ini, maka attitude-mu benar-benar harus dibenahi lagi. 

5. Merasa selalu benar

5 Tanda Sepele yang Tunjukan bahwa Attitudemu Perlu Diperbaikiilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Orang yang merasa selalu benar juga termasuk dalam perilaku yang gak baik. Terutama jika ditambah dengan keinginan untuk selalu berdebat, menyalahkan orang lain, atau membicarakan kesalahan dan keburukan orang lain di belakangnya.

Ingatlah bahwa kamu juga manusia yang pasti pernah melakukan kesalahan. Gak ada untungnya membicarakan kejelekan orang lain atau membuat orang lain merasa bersalah habis-habisan. Kamu juga gak akan merasa lebih baik setelah melakukannya, kan?

Bagaimana cara kita memperlakukan orang lain akan berdampak pada cara orang lain memperlakukan kita juga. Jadi, bersikaplah baik kepada siapa aja, agar kita juga mendapat perlakuan serupa nantinya. Perbaiki attitude mu, jika masih ada lima tanda di atas dalam dirimu yang mungkin masih kamu anggap sepele. Ayo, mulai introspeksi diri!

Baca Juga: 5 Kiat Menjadi Sosok High Value Person, Attitude Paling Penting!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya