Comscore Tracker

5 Trik Cerdas Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Gak Usah Gengsi!

Sampai kapan mau menunggu dia peka?

Banyak kesalahpahaman yang terjadi dalam sebuah hubungan disebabkan harapan kita sendiri bahwa si dia akan mampu mengerti dan memahami kita seutuhnya. Aduh, kalau terus menerus berharap begini, bisa-bisa belum apa-apa hubungan kita malah ambyar di tengah jalan nih. Belum lagi kalau dianya memang gak peka dari sananya.

Gak semua pasangan itu seperti dalam drama Korea, lho gengs. Yang bisa mengerti apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasangannya walau tanpa banyak bicara. Jadi, daripada kamu baper, lebih baik lakukan lima cara ampuh berikut ini nih untuk menghadapi pasanganmu yang kurang peka.

1. Jangan diam aja, ungkapkan apa yang kamu harapkan dari dia

5 Trik Cerdas Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Gak Usah Gengsi!unsplash/Etienne Boulanger

Intinya adalah komunikasi! Mau sampai kapanpun, kamu gak akan pernah bisa membuat dia memahamimu jika kamu gak bilang. Bukankah saat masa-masa pendekatan dulu juga kalian selalu saling mengutamakan komunikasi?

Saling bertukar cerita, bertukar pendapat, menyamakan frekuensi, dan lainnya, semuanya perlu komunikasi. Begitu juga dalam mempertahankan hubungan.

2. Gak usah berekspektasi berlebihan, kamu bakal kecewa sendiri

5 Trik Cerdas Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Gak Usah Gengsi!pexels/cottonbro

Jangan berekspektasi pada pasangan adalah cara kedua yang bisa kamu terapkan. Cinta memang seringkali menghadirkan ekspektasi dan harapan bahwa dia akan memahamimu, memanjakanmu selalu, mengutamakan dirimu setiap saat, dan berbagai harapan lainnya yang sejatinya semu. Cinta gak selalu semanis itu, lho.

Bahkan, ketika rasa nyaman sudah begitu melekat kuat, maka pasti deh dia akan mulai bersikap biasa aja dan gak lagi semanis masa-masa awal kebersamaan kalian. Jadi, turunkan ekspektasi dari sekarang ya.

Baca Juga: Agar Langgeng, Ini 7 Cara Mudah Membangun Kepercayaan pada Pasangan

3. Kamu harus inisiatif sendiri, gak perlu menunggu si dia peka

5 Trik Cerdas Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Gak Usah Gengsi!unsplash/Vince Fleming

Saat ingin diperhatikan, maka perhatikan dia lebih dulu. Saat ingin sering ditanyai kabar, tanyakan dulu kabarnya. Lakukan hal itu hingga jadi kebiasaan. Hingga nanti dia akan merasa ada yang hilang jika kamu gak melakukannya.

Maksudnya adalah kamu perlu inisiatif sendiri tanpa menunggu dia yang melakukannya. Siapa tau dia memang gak terbiasa dengan hal-hal seperti itu. Maka buatlah dia terbiasa. Oke?

4. Pahami dia dengan baik, kenali bagaimana pendekatan yang tepat

5 Trik Cerdas Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Gak Usah Gengsi!unsplash/Sharon McCutcheon

Bagaimanapun juga, semua orang itu diciptakan berbeda-beda. Baik itu secara fisik, juga secara perilaku, cara berpikir, dan lainnya. Jadi, kenali pasanganmu dengan lebih baik. Cobalah mencari tahu sendiri cara seperti apa yang paling tepat agar dia bisa memahami kamu seutuhnya.

5. Refleksi diri, apakah penyebab ketidakpekaannya adalah dirimu

5 Trik Cerdas Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Gak Usah Gengsi!unsplash/Davids Kokainis

Sebelum menuntut pasangan untuk menjadi seorang yang peka, penting juga untuk melihat ke dirimu sendiri terlebih dahulu. Jangan-jangan malah kamu yang menjadi penyebab ketidakpekaannya. Apa kamu pernah mengecewakan dia saat dia berusaha memberi perhatian? Apa kamu pernah menolak mentah-mentah bantuan yang dia tawarkan?

Pasangan kita juga manusia yang bisa punya kekurangan. Bisa jadi memang dia kurang peka dan gak bisa mengerti kamu. Tapi kamu ada untuk melengkapi kekurangannya tersebut. Maka, buatlah cara tersendiri agar kalian bisa saling memahami dan mengerti satu sama lain. Setuju?

Baca Juga: Sering Curiga, Ini 5 Penyebab Pasangan Sulit Percaya sama Perkataanmu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya