Comscore Tracker

5 Kalimat Ini Menghancurkan Hubungan Pertemanan, Jangan Diucapkan!

Terlihat sepele, tapi...

Membangun hubungan pertemanan sesungguhnya sangatlah mudah. Tetapi mempertahankan hubungan itu sangatlah susah. Salah satu hal yang dapat merusaknya adalah ucapan yang kita lontarkan.

Terkadang kita tak menyadari bahwa ucapan kita dapat menyakiti perasaan teman kita. Menurut kita, apa yang kita ucapkan adalah hal yang biasa. Tetapi bukan berarti orang yang mendengarkannya setuju dengan kalimat yang kita lontarkan. 

Berikut beberapa kalimat yang dapat menyakiti perasaan teman kita bahkan dapat merusak hubungan pertemanan kita dengannya. Apa aja itu? Yuk, simak!

1. "Orang kaya mah bebas"

5 Kalimat Ini Menghancurkan Hubungan Pertemanan, Jangan Diucapkan!dramabeans.com

Kalimat ini seringkali diucapkan oleh siapapun dan dalam keadaan apa pun. Terkadang kalimat ini diucapkan karena merasa rendah diri dan bisa juga bermaksud untuk menyindir si pendengar.

Kalimat ini bisa merusak sebuah hubungan lho! Seseorang dapat tersinggung bahkan bisa saja menjauhimu karena marah jika mendengar kalimat ini. Dia bisa menganggap bahwa kamu tidak menghargai dirinya. Hati-hati ya, guys!

2. "Aku gak seperti kamu"

5 Kalimat Ini Menghancurkan Hubungan Pertemanan, Jangan Diucapkan!dramabeans.com

Jika kamu ingin mempertahankan hubungan pertemanan dengannya, kamu harus mampu menghindari mengucapkan kalimat diatas. Terlihat sepele, tetapi kalimat ini mampu membuat seseorang berkecil hati. Karena secara tak langsung, kamu telah membandingkan dirimu dengannya. 

Baca Juga: Akhiri Pertemananmu Jika 5 Sikap Buruk Ini Kerap Kamu Terima

3. "Kamu kan pintar"

5 Kalimat Ini Menghancurkan Hubungan Pertemanan, Jangan Diucapkan!dramabeans.com

Kamu harus membatasi mengucapkan kalimat ini. Karena kalimat ini mampu menimbulkan reaksi positif maupun negatif dari temanmu. Tak masalah jika dia menganggap bahwa kamu sedang memujinya. Tetapi akan menjadi luka apabila temanmu menganggap bahwa kamu menghina dirinya.

Jangan sampai dia menganggap bahwa kamu sedang menguji dia, bahkan sedang mengejeknya. Jadi kurang kurangi ya!

4. "Enak, ya punya nilai yang bagus!"

5 Kalimat Ini Menghancurkan Hubungan Pertemanan, Jangan Diucapkan!dramabeans.com

Kamu tak sepantasnya mengucapkan kalimat ini dengan mudah bahkan dengan nada sepele. Hal tersebut akan membuat temanmu dongkol denganmu. Karena nilai tersebut didapat dengan kerja keras. Jadi kamu harus lebih menghargai usaha dari temanmu.

Alih-alih mengucapkan itu, kamu bisa mengantinya dengan kalimat yang lebih baik misalnya "Selamat ya, kamu pantas mendapatkannya" bukankah kalimat itu terasa enak didengar?

5. "Aku cuma bercanda, kok!"

5 Kalimat Ini Menghancurkan Hubungan Pertemanan, Jangan Diucapkan!dramabeans.com

Kalimat yang satu ini sangat mudah diucapkan bahkan sering digunakan untuk berdalih dari sesuatu. Tapi jika kamu sering mengucapkannya padahal sadar bahwa sedang berbuat kesalahan, maka kamu dapat membuat temanmu membencimu.

Jangan sampai karena kamu tak ingin memperbaiki keadaan dan malah berdalih menggunakan kalimat ini maka hubungan pertemananmu hancur. 

Nah, itulah beberapa kalimat yang menurut kita sepele tapi kalau keseringan mengucapkannya dapat membuat teman kita marah. Dan berimbas pada hubungan pertemanan kita.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kita Harus Pandai Menyeleksi Lingkungan Pertemanan

Debora Anthariiani Photo Writer Debora Anthariiani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya