Comscore Tracker

Jangan Lakukan, 5 Hal Ini Membuatmu Terlihat Gak Sopan di Mata Teman

Jangan jadikan ini sebagai kebiasaan ya!

Saat kita mempunyai hubungan pertemanan dengan seseorang, entah berteman biasa atau pertemanan yang sudah dekat. Sedekat apapun seseorang, harus mempunyai etika dalam prilaku. Apa dengan teman dekat harus mempunyai etika? Ya, jelas. Etika yang sopan itu harus dilakukan dimana saja dan pada siapa saja.

Sebagai teman yang mengenal etika, kita harus mengetahui apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang sebaiknya dihindari, agar hubungan pertemanan tetap terjalin baik. Lima hal ini sebaiknya kalian jangan lakukan jika ingin pertemanan tidak putus.

1. Ingin tahu isi chat temanmu dengan orang lain

Jangan Lakukan, 5 Hal Ini Membuatmu Terlihat Gak Sopan di Mata Temanpexels.com/Katerina Holmes

Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dengan siapa saja. Melihat perkembangan zaman yang sudah semakin canggih, komunikasi bisa melalui handphone entah itu via telepon ataupun pesan singkat. Saat sedang berkumpul dengan teman, ada kalanya handphone dari salah satu temanmu berbunyi yang bisa saja itu tanda bahwa ada pesan masuk.

Temanmu juga mempunyai privasi yang sebaiknya gak perlu kita lihat. Coba apa yang akan temanmu pikirkan bila kamu dengan santainya ingin membaca pesan yang telat masuk ke handphone-nya? Bisa jadi temanmu akan risih jika kamu terlalu ingin tahu privasinya.

2. Melihat foto temanmu di gadget-nya tanpa sepengetahuannya

Jangan Lakukan, 5 Hal Ini Membuatmu Terlihat Gak Sopan di Mata Temanpexels.com/cottonbro

Tanpa adanya izin dari pemiliknya, jangan coba coba deh buat lihat yang lainnya. Foto juga akan menjadi privasi, karena gak setiap orang yang momennya disimpan pada gadget-nya boleh dilihat oleh orang lain maupun temannya.

Hargai temanmu, jangan seenaknya untuk lakukan apa saja pada temanmu sebelum temanmu menyetujui hal itu.

Baca Juga: 5 Alasan Pantang Terlalu Sering Curhat Masalah Hubungan pada Temanmu

3. Meminjam barang milik temanmu tapi kamu gak niat untuk mengembalikannya

Jangan Lakukan, 5 Hal Ini Membuatmu Terlihat Gak Sopan di Mata Temanpexels.com/mentatdgt

Jangan karena teman dekat atau temanmu sungguh baik. Jika kamu meminjam barang, sekecil apa pun itu, seharusnya ingat untuk mengembalikan. Ya, meski temanmu gak minta balikin, tetap saja namanya minjam itu gak boleh lupa untuk mengembalikan pada pemiliknya agar temanmu pun gak berburuk sangka padamu. 

4. Meminta agar temanmu ikut membenci orang lain

Jangan Lakukan, 5 Hal Ini Membuatmu Terlihat Gak Sopan di Mata Temanunsplash.com/Luke Porter

Dalam pertemanan pasti ingin semua yang dibicarakan itu ada kecocokan. Bisa dari pekerjaan yang nyambung, hobi yang sama, ataupun segala hal yang membuat pembicaraan menjadi asik.

Tapi, beda halnya jika kamu mempunyai seseorang yang kamu gak suka dan membenci orang tersebut dan kamu meminta temanmu untuk gak menyukai orang itu juga, pasti temanmu merasa kamu orang yang buruk. Semua orang berhak untuk memilih siapa yang bisa menjadi temannya. Kamu gak berhak untuk menyuruh memusuhi seseorang hanya karena kamu gak menyukai orang lain.

5. Memotong pembicaraan

Jangan Lakukan, 5 Hal Ini Membuatmu Terlihat Gak Sopan di Mata Temanpixabay.com/arrowheadcoffeeco

Kadang seseorang butuh didengar, kamu bisa menjadi pendengar yang baik. Jika kamu memiliki teman yang sedang bercerita alangkah baiknya untuk mendengarkannya sampai temanmu selesai berbicara. Hindari untuk memotong pembicaraan orang. Bagaimanapun, motong pembicaraan seseorang itu seperti orang yang kurang beretika. Sekali pun itu adalah temanmu, tetaplah perlihatkan berprilaku sopan terhadap teman.

Sekecil apa pun hal yang kita lakukan pada teman atau mungkin terlihat sepele bagi kita. Tetapi Itu bisa ternilai buruk dalam pertemanan, bisa jadi teman kita enggan berteman lagi, karena kamu yang berprilaku kurang sopan. Beretikalah agar teman bisa menilai sebaik apa saat kita sedang bersamanya.

Baca Juga: 5 Kalimat yang Pantang Kamu Ucapkan saat Temanmu Sedang Sedih-Sedihnya

Delia Sanjaya Photo Writer Delia Sanjaya

Menulis untuk bisa dibaca oleh kalian semua

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya