Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Menjalani Hubungan Cinta Beda Agama  

Harus punya komitmen dengan pasangan

Menjalani hubungan percintaan yang memiliki perbedaan agama bukanlah hal yang mudah. Hubungan ini akan menimbulkan banyak masalah dan hambatan jika pasangan tidak memiliki kekuatan mental yang cukup tinggi.

Pasti muncul komentar-komentar yang bikin kamu dan pasangan gak nyaman, seperti "Kok mau sama yang beda agama?", "Kenapa gak cari yang seiman aja?", "Emang yang seagama gak ada yang cocok, ya?".

Berikut lima tips yang setidaknya akan membuat hubungan percintaan beda agama dapat berjalan dengan mulus. Silakan disimak!

1. Jauhi perdebatan, dekatkan pelukan!

5 Tips Ampuh Menjalani Hubungan Cinta Beda Agama  ilustrasi pasangan sehabis bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Saling menghargai ini memang sebuah frasa yang terdengar klise. Namun, untuk hubungan cinta beda agama, kalau hal ini tidak dilakukan dengan baik akan menimbulkan perdebatan. Kamu akan membayangkan betapa lelahnya jika kamu dan pasangan bertengkar dan mengeluarkan dalil-dalil agama untuk melakukan pembenaran.

Perdebatan memang hal yang lumrah terjadi dalam sebuah hubungan. Namun, sekali lagi, hindari perdebatan menggunakan dalil-dalil agama dalam setiap perdebatan atau pertengkaran.

2. Berpikiran terbuka

5 Tips Ampuh Menjalani Hubungan Cinta Beda Agama  ilustrasi diskusi antara dua orang (pexels.com/Jopwell)

Open minded (berpikiran terbuka) adalah kunci utama dalam menjalani hubungan beda agama. Kamu akan dituntut secara tidak langsung untuk memiliki pengetahuan dasar tentang agama pasanganmu seperti jam-jam ibadahnya. Hal ini tentu tidak akan pernah mau dilakukan jika seseorang tidak memiliki pikiran yang terbuka. Dengan mengetahui hal-hal tentang agama pasanganmu, bukan berarti kamu akan belajar dan pindah agama, lho, ya!

Selain lebih menghargai pasanganmu, kamu juga akan mengetahui kapan atau waktu yang tepat untuk mengajak pasangan jalan-jalan mesra.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Berpikir Panjang Sebelum Menjalin Cinta Beda Agama

3. Jangan pikirkan kata orang-orang!

5 Tips Ampuh Menjalani Hubungan Cinta Beda Agama  ilustrasi pria memegang kacamata (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pasti banyak sindiran halus atau kalimat yang membuat telingamu terasa 'panas'. Jika kamu terus bereaksi atas sindiran terhadap hubungan mesra kalian, maka kelanjutan dari hubungan kalian tak akan berlangsung dalam waktu yang lama.

Lupakanlah orang-orang yang memberikan komentar-komentar negatif. Jalani dan nikmati setiap momen mesra kalian. Cinta itu tidak butuh komentar orang.

4. Hargai pasangan kamu ketika beribadah

5 Tips Ampuh Menjalani Hubungan Cinta Beda Agama  ilustrasi berdoa (pexels.com/Monstera)

Ibadah adalah urusan manusia dengan Tuhannnya. Kamu tentu tak boleh dan tak dapat mengambil waktu ibadahnya hanya demi kenikmatan sesaat. Bila kamu sedang di jalan, dan pasangan kamu mau beribadah, kasihlah dia ruang dan waktu untuk melakukannya. Dengan begitu, membuatmu akan semakin dicintai oleh pasangan.

5. Komunikasikan hubungan ini dengan teman atau keluarga yang memiliki pikiran terbuka

5 Tips Ampuh Menjalani Hubungan Cinta Beda Agama  ilustrasi dua perempuan berdiskusi (pexels.com/Christina Morillo)

Hubungan cinta beda agama ini memang relatif berat untuk dijalani. Maka dari itu, kamu butuh orang dekat dan tepat untuk mendiskusikan hubungan ini. Orang-orang yang memiliki pikiran yang terbuka sangat diutamakan untuk jadi teman curhatmu. Syukur-syukur jika kamu memiliki orang tua yang open minded. Kamu bisa berdiskusi sekaligus meminta restu untuk melamar dia.

Itulah lima tips menjalani hubungan beda agama. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah kamu harus siap menerima konsekuensi dari berbagai stigma sosial yang muncul pada masa mendatang jika kamu menjalani hubungan ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Tetap Harmonis Meski Pacaran Beda Agama

Dika Hadi Kariya Photo Verified Writer Dika Hadi Kariya

I feel therefore I am

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya