Comscore Tracker

5 Alasan Hubungan Tanpa Status akan Merugikanmu seperti 'Nevertheless'

#IDNTimesLife belajar dari Yoo Na Bi

Dalam drama Korea Nevertheless, Yoo Na Bi sebagai pemeran utama wanita, diceritakan terjebak dalam hubungan tanpa status dengan Park Jae Eon. Keduanya dekat, namun tak terikat komitmen apa pun. 

Hal ini membuat Yoo Na Bi merasa resah sebab tingkah Park Jae Eon terkadang menunjukkan rasa cintanya, namun tak jarang laki-laki itu menarik batasan terhadap hubungan mereka. Inilah 5 alasan hubungan tanpa status akan merugikanmu.

1. Akan membuatmu sakit hati terus

5 Alasan Hubungan Tanpa Status akan Merugikanmu seperti 'Nevertheless'cuplikan drama Nevertheless (dok. Netflix/JTBC)

Yoo Na Bi cemburu ketika menemui Park Jae Eon dengan perempuan lain. Hatinya tersakiti, namun ia merasa tidak berhak untuk melarang Jae Eon bermesraan dengan perempuan selain dirinya. 

Dalam mindbodygreen.com, dijelaskan bahwa memiliki status yang jelas dalam hubungan itu penting untuk menghindari perasaan patah hati dan dimanfaatkan. Karenanya, kamu perlu mempertegas hubungan dengan pasanganmu.

Tanyakan padanya kejelasan hubungan kalian. Sebab, tanpa hubungan atau status yang jelas, kamu akan terjebak dalam dilema seperti yang dialami Yoo Na Bi. 

2. Sulit menjalani hubungan yang stagnan

5 Alasan Hubungan Tanpa Status akan Merugikanmu seperti 'Nevertheless'Song Kang dan Han So Hee di Drama Nevertheless (instagram.com/jtbcnevertheless)

Seperti yang dialami oleh Yoo Na Bi, hubungannya dengan Park Jae Eon sulit untuk dijalani. Setiap merasa marah dan cemburu, ia ingin menyudahi hubungannya. Namun, ketika melihat laki-laki itu mendekatinya lagi, Na Bi akan jatuh cinta lagi. 

Dalam Psychology Today, terapis John Kim LMFT menyatakan bahwa hubungan yang stagnan akan membuat orang-orang yang terlibat di dalamnya tidak berkembang dan tidak belajar dari kesalahan. Mereka hanya berusaha mencari kenyamanan dan perasaan senang.

Bukankah hubungan seperti itu yang sedang dialami oleh Yoo Na Bi dan Park Jae Eon? Keduanya terjebak dalam hubungan yang stagnan, tak punya rasa kepemilikan dan saling meninggalkan jika ada masalah, bukannya menyelesaikan bersama. 

Baca Juga: Kamu Hanya Pura-pura Bahagia Jika Tak Rasakan 5 Hal Ini Pada Hubungan

3. Tak ada aturan yang jelas

5 Alasan Hubungan Tanpa Status akan Merugikanmu seperti 'Nevertheless'Song Kang dan Han So Hee di teaser 'Nevertheless'. (youtube.com/JTBC Drama)

Tanpa adanya status yang jelas, hubunganmu akan sulit sebab aturan mainnya samar. Apakah kamu boleh berkencan dengan laki-laki lain? Seberapa jauh kalian boleh melarang atau saling cemburu?

Aturannya tidak jelas dan tidak tegas, lama-lama ini justru akan merugikanmu. Kamu harus menerka apa saja yang boleh dan tidak. Dalam prosesnya, mungkin saja kamu melewatkan orang lain yang lebih menyayangimu.

4. Kamu rela memberikan segalanya demi cinta

5 Alasan Hubungan Tanpa Status akan Merugikanmu seperti 'Nevertheless'Song Kang dan Han So Hee di teaser 'Nevertheless'. (youtube.com/JTBC Drama)

Yoo Na Bi sudah terikat dengan Park Jae Eon. Dia mau melakukan apa saja demi laki-laki itu. Bahkan, melakukan banyak hal di luar batas kenyamanannya. 

Psikoterapis Sherry Gaba LCSW menuliskan dalam Pyschology Today, bahwa ketika kamu rela memberikan semuanya, bahkan hal-hal yang di luar batas demi membuat orang lain bahagia, mungkin saja hubungan itu toxic. Toxic relationship akan merugikanmu, dicap buruk oleh orang lain, tidak bahagia, dan hanya buatmu menderita. 

5. Tidak punya masa depan yang jelas

5 Alasan Hubungan Tanpa Status akan Merugikanmu seperti 'Nevertheless'Song Kang dan Han So Hee di teaser 'Nevertheless'. (youtube.com/JTBC Drama)

Kelly Gonsalves dalam tulisannya di mindbodygreen.com, menegaskan bahwa memberi label pada hubungan merupakan hal penting supaya kamu dan pasangan punya tujuan dan cara komunikasi yang jelas. Tanpa kedua hal itu, sulit membangun hubungan yang menyenangkan.

Hal ini yang dialami oleh Yoo Na Bi ketika berusaha membangun tujuan bersama dalam hubungan, namun Jae Eon terus menutup diri dan menarik batas. Mereka tak bisa saling mengenal, apalagi membuat hubungan lebih punya makna. 

Itu tadi 5 alasan mengapa kamu tak sebaiknya terlibat dalam hubungan tanpa status seperti Yoo Na Bi. Beranikan diri untuk mempertegas hubungan, katakan apabila kamu ingin status yang jelas.

Baca Juga: Menguasai Hubungan! 5 Bahaya Tetap Bertahan dengan Pasangan Posesif

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya