Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Buat Lamaran Pernikahanmu Ditolak, Jangan Sampai deh!

Jangan sekadar terbawa euforia cinta

Setelah lama menjalin hubungan dengan kekasihmu, mungkin kamu pikir sudah waktunya kalian menikah. Tapi, ketika melamar, bukannya dapat jawaban 'yes' dia malah menolak. Kira-kira, kenapa bisa begini, ya?

Nah, ini dia 5 hal yang bisa buat lamaran pernikahanmu ditolak kekasih. Yuk, cek artikelnya supaya kamu bisa menghindari hal ini!

1. Tiba-tiba melamar

5 Hal yang Bisa Buat Lamaran Pernikahanmu Ditolak, Jangan Sampai deh!Ilustrasi lamaran. (pexels.com/Prime Cinematics)

Jangan tiba-tiba datang melamar tanpa pernah membicarakannya terlebih dahulu. Setidaknya, kamu telah mengungkapkan mengenai niatmu untuk membawa hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Kamu juga menyampaikan kalau punya rencana untuk segera melamar. Meskipun hubungan kalian telah berlangsung lama, hal itu tidak menjamin lamaranmu akan diterima bila melakukannya secara tiba-tiba. 

Mungkin menurutmu, keren bisa membuat kejutan untuk kekasihmu. Tapi, kamu perlu tahu, bahwa melansir dari Psychology Today, setidaknya 40 persen pasangan menolak lamaran pernikahan karena belum adanya diskusi mengenai pernikahan. 

2. Melamar di depan publik

5 Hal yang Bisa Buat Lamaran Pernikahanmu Ditolak, Jangan Sampai deh!Ilustrasi melamar (Pexels.com/Jonathan Borba)

Melamar kekasih di tempat umum atau di tengah keramaian mungkin kelihatan romantis. Sayangnya, tak semua orang setuju akan hal ini. 

Dalam Brides.com, penulis Jaimie Mackey dan Blair Donovan memberikan saran untuk menanyakan terlebih dahulu tipe lamaran seperti apa yang disukai oleh pasangan. Apakah dia menyukai lamaran yang intim atau dilakukan di tengah keramaian. 

3. Tak pernah membicarakan soal pernikahan

5 Hal yang Bisa Buat Lamaran Pernikahanmu Ditolak, Jangan Sampai deh!Ilustrasi pasangan. (pexels.com/olly)

Kalau belum pernah membicarakan soal pernikahan, kamu akan membuat pasanganmu terkejut dengan lamaran yang kamu lakukan. Hal ini sebaiknya dihindari karena kamu dan pasangan harus sudah sepakat mengenai pernikahan. 

Jaimie Mackey dan Blair Donovan menyatakan bahwa penting untuk menanyakan terlebih dahulu apakah pasangan juga ingin menikah. Kamu juga harus memberi tahu bahwa kamu ingin hubungan kalian punya masa depan yang lebih serius dan tanyakan kesiapannya untuk menikah. 

Setidaknya, kamu dan pasangan sudah sepakat dengan rencana hubungan kalian ke depannya. Kalau belum pernah membahas hal ini sebelumnya, jangan nekat untuk datang melamar karena bisa ditolak. 

Baca Juga: 9 Adu Gaya Lamaran Ria Ricis Vs Lesti Kejora, Kompak Curi Atensi

4. Melamar hanya untuk menyelamatkan hubungan yang bermasalah

5 Hal yang Bisa Buat Lamaran Pernikahanmu Ditolak, Jangan Sampai deh!ilustrasi lamaran. (pixabay.com/aliceabc0)

Faktor lain yang membuat lamaranmu ditolak adalah alasan melamar hanya untuk menyelamatkan hubungan. Mungkin kalian terlibat masalah yang besar, lalu kalian berpikir bahwa melamar akan menyelamatkan hubungan ini. 

Alasan seperti ini hanya akan membuatmu ditolak. Psikolog sosial Bella DePaulo Ph.D. menyatakan bahwa melamar dengan tujuan "menyelamatkan hubungan yang dinilai rusak" hanya akan berakibat penolakan. 

Buatlah alasan yang lebih kuat, jangan hanya sebagai pelarian dari masalahmu. Diskusikan alasan kalian ingin segera menikah dan mengapa penting untuk itu. 

5. Tak punya persiapan

5 Hal yang Bisa Buat Lamaran Pernikahanmu Ditolak, Jangan Sampai deh!Ilustrasi pasangan. (freepik.com/gpointstudio)

Melamar di depan publik mungkin bisa membuatmu ditolak, tapi melamar tanpa persiapan juga akan menyebabkanmu ditolak. Melansir dari Bustle, berdasarkan survei kepada orang Amerika, 67 persen menolak lamaran karena unromantic proposal setting. 

Melamar dengan cara yang romantis memang jadi dambaan wanita sebab ingin momennya bisa terkenang dengan baik. Oleh karenanya, kamu perlu melakukan persiapan yang matang agar menciptakan kesan yang indah dalam ingatan pasanganmu.

Nah, itu tadi 5 hal yang bisa kamu lakukan agar tidak menerima penolakan dari pasanganmu. Lebih baik lakukan persiapan yang matang daripada harus menanggung kesedihan karena lamaran ditolak. 

Baca Juga: 10 Adu Gaya Lesti-Rizky Vs Dinda-Rey saat Lamaran hingga Akad

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya