Comscore Tracker

16 Jenis Perasaan yang Ternyata Punya Nama, Gak Cuma Happy dan Sedih!

Yuk, validasi perasaanmu!

Sudah tahu belum jika ada jenis perasaan yang ternyata punya nama? Eits, ini bukan perasaaan umum yang sudah kita ketahui, lho! Bahkan, jenis-jenis perasaan yang jarang diketahui namanya itu sudah dibahas di ilmu psikologi!

Nah, daripada kamu bingung dan gelisah setiap merasakan sesuatu tapi tidak bisa memvalidasi perasaan apa yang kamu rasakan, yuk langsung aja simak 15 jenis perasaan yang ternyata punya nama di bawah ini!

16 Jenis Perasaan yang Ternyata Punya Nama

16 Jenis Perasaan yang Ternyata Punya Nama, Gak Cuma Happy dan Sedih!Ilustrasi tertawa (Pexels.com/wildlittlethingsphoto)

1. Deja vu

Pernah merasa familiar di suatu tempat yang padahal belum pernah kamu datangi sama sekali? Atau bahkan kamu merasa sudah pernah mengalami suatu kejadian, padahal kejadian itu baru saja kamu alami.

Nah, perasaan familiar yang kamu rasakan tersebut dinamakan deja vu. Di dalam ilmu psikologi disebutkan bahwa deja vu terjadi akibat ingatan pengalaman masa lalu yang muncul tiba-tiba karena dipicu oleh pengalaman baru.

2. Vemodallen

Sering emosi karena hasil fotomu sering sama dengan orang lain? Sampai-sampai objek yang kamu abadikan dengan orang lain pun juga sama.

Nah, nama perasaan yang kamu rasakan saat itu bukan hanya sekadar marah, lho. Ada nama perasaan yang lebih cocok untuk menggambarkan rasa frustasimu karena hasil foto yang selalu dianggap sama dengan orang lain yaitu Vemodallen. Sekarang sudah tahu, kan?

3. Accismus       

Pura-pura benci tapi sayang, cocok untuk mendefinisikan perasaan si kaum tsundere ini. Accismus merupakan perasaan yang kamu rasakan ketika kamu pura-pura tidak menyukai orang tersebut, tetapi aslinya kamu suka banget sama dia!

4. Lethologica

Lethologica cocok untuk mendefinisikan perasaanmu yang mendadak lupa dengan kata yang ingin kamu ucapkan. Sering banget kan ketika kita akan mengatakan sesuatu eh tiba-tiba lupa, entah karena dipotong atau karena ter-distract dengan sekitar. Nah, perasaanmu saat itu dinamakan Lethologica.

5. Munchausen

Pernah berpura-pura sakit agar diperhatikan? Nah, ada satu jenis perasaan yang cocok untuk kamu, nih. Caper? Bukan, Munchausen namanya. Ya, perasaan munchausen adalah perasaan yang ketika diabaikan akan berusaha mencari cara agar dia mendapatkan perhatian lagi. Hmm, dasar tukang munchausen!

6. Lachesism

Buat kaum pencinta adrelanin, kamu pasti pernah kan ingin merasakan bagaimana rasanya selamat dari kecelakaan atau maut, seperti selamat dari kecelakaan pesawat, kecelakaan laut, dan peristiwa-peristiwa yang mengancam nyawa lainnya. Nah, perasaanmu saat itu disebut Lachesism.

7. Erotomania

Yakin bahwa si dia suka sama kamu, padahal dia emang tipe yang baik ke semua orang? Nah, perasaan percaya dirimu saat itu dinamakan Erotomania. Kamu merasa bahwa seseorang itu sudah jatuh cinta kepadamu, padahal enggak juga. Yuk, jangan erotomania lagi!

8. Jouska

Terkadang kita pernah merasa seperti mengobrol dengan diri kita sendiri, terutama saat kita sedang sendirian, bepergian, melamun, atau bahkan saat mengerjakan sesuatu. Nah, perasaanmu saat itu dinamakan Jouska.

Baca Juga: 5 Perasaan Ini Bisa Bikin Kalian Jadi Boros Tanpa Sadar

16 Jenis Perasaan yang Ternyata Punya Nama

16 Jenis Perasaan yang Ternyata Punya Nama, Gak Cuma Happy dan Sedih!illustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

9. Altschmerz

Selalu merasa khawatir dengan hal yang sama sampai hal tersebut membuatmu tidak tertarik lagi? Meski sudah berusaha mengalihkan pikiran, kamu tetap saja mengkhawatirkan hal tersebut. Ada jenis perasaan yang lebih tepat mendefinisikan perasaanmu saat itu daripada cemas, yaitu Altschmerz.

10. Sonder

Buat kamu yang merasa hidup orang lain sama rumitnya dengan hidupmu, selamat! Akhirnya kamu merasakan perasaan Sonder. Yap, perasaan sonder merupakan perasaan yang yakin bahwa setiap orang memiliki hidup yang sama rumitnya.

11. Kuebiko

Sering merasa frustasi dan tidak berdaya karena tidak bisa menghentikan berbagai kejahatan yang terjadi di dunia ini? Nah, perasaanmu itu bernama Kuebiko. Hmm, gapapa guys yang penting kita sudah berusaha untuk berbuat baik ke sesama. Jangan kuebiko lagi ya!

12. Liberosis

Ini nih temennya si bodo amat. Liberosis ini merupakan perasaan yang tidak ingin peduli dengan suatu hal yang terjadi. Tapi tenang, si liberosis ini tidak peduli dengan hal-hal tertentu aja kok.

13. Onism

Bosan menunggu keberangkatan transportasi publik? Kamu bisa memakai istilah onism untuk menjelaskan kebosananmu. Yap, perasaan onism ini biasa kamu rasakan ketika kamu sedang bosan menunggu keberangkatan pesawat, kereta, bus, atau transportasi lainnya yang harusnya bisa tepat waktu.

14. Occhiollism

Buat kamu yang hobi melihat segala sesuatu secara detail, perasaan dan kondisi kamu saat itu disebut Occhiolism. Contoh nih, kamu lagi ngeliatin awan terus tiba-tiba di imajinasimu awan tersebut berbentuk sapi atau lainnya.

15. Rubatosis

Bisa menghitung detak jantungmu secara tiba-tiba? Nah, jika kamu pernah berada di dalam kondisi tersebut, perasaan yang kamu rasakan saat bisa menghitung detak jantungmu sendiri dinamakan Rubatosis.

16. Adronitis

Sudah kenal bertahun-tahun tapi frustasi karena belum dekat juga? Nah, perasaan frustasimu itu mempunyai nama, yaitu Adronitis. 

Itulah 16 jenis perasaan yang ternyata punya nama. Dari nomor 1 sampai dengan 16, kamu pernah merasakan yang mana aja, nih?

Baca Juga: 10 Fakta Ilmiah Deja Vu, Merasakan Ulang Kejadian Persis

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya