Comscore Tracker

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadang

Susah ditinggal kalau sudah mulai baca

Daripada terus menggulir laman media sosial sampai ketiduran, coba deh sekali-kali manfaatkan ponselmu untuk membaca buku. Novel romantis dengan plot ringan sampai yang susah ditebak bisa jadi pilihan. Cocok buat teman begadang saat susah tidur atau hendak menghabiskan waktu senggang sebelum tidur. Berikut delapan rekomendasinya. 

1. Beach Read 

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadanginstagram.com/allshewantstodoisread

Pembaca ternyata menikmati novel drama berjudul Beach Read. Banyak dikira novel romantis dengan plot klise, ternyata Beach Read mampu melampaui ekspektasi penikmatnya. Kisah dimulai dengan pertemuan tak sengaja dua penulis yang sama-sama mengalami writer's block

Jenuh dan tak tahu harus bagaimana mencari inspirasi, mereka pun setuju untuk melakukan sebuah riset lapangan bersama dan bertukar genre. Kabarnya plot twist-nya keren banget, bukan sekadar rom-com biasa. Meski sampulnya ceria, novel ini ditulis untuk pembaca yang sudah cukup umur. 

2. A Long Petal of the Sea 

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadanginstagram.com/bookwalkswithbetsy

A Long Petal of the Sea adalah novel fiksi sejarah dengan bumbu kisah cinta di dalamnya. Latar waktunya cukup panjang, dimulai dari pertemuan dua karakter utama hingga akhir hayat mereka. Jalan hidup Roser dan Victor bersilangan setelah seluruh keluarga Victor meninggal dunia selama Perang Saudara Spanyol tahun 1939. Termasuk adik Victor yang merupakan kekasih Roser. 

Posisi keduanya yang merupakan warga Catalan makin terdesak dan akhirnya menjadi pencari suaka di Chile. Menurut kesepakatan, Roser dan Victor hanya akan bersama sampai mereka sampai di Chile dan mendapat pekerjaan masing-masing. Namun, hubungan mereka terus berkembang dari pertemanan biasa ke arah yang lebih dalam. Dengan latar yang menarik, pembaca bisa sekalian belajar sejarah sembari menikmati narasi Allende yang memukau.  

3.  Real Men Knit

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadanginstagram.com/kes385

Dimulai dari kematian seorang ibu yang mewariskan sebuah toko benang pada keempat putranya, plot cerita ini pun mengalir mulus pada perjalanan bisnis Jesse. Ia satu-satunya dari empat bersaudara itu yang ngotot menolak jika toko ditutup selamanya.

Bersama kawan masa kecilnya, Kerry yang ahli merajut, Jesse akhirnya melanjutkan bisnis sang ibu. Satu hal yang tak Jesse tahu adalah Kerry ternyata tak lagi menaruh hati padanya seperti yang dulu ia percayai. Ringan sih, tak banyak hal spesial yang terjadi, tetapi tetap nyaman dinikmati di kala senggang. 

4. Dear Emmie Blue 

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadanginstagram.com/teachingandlaundry

Novel ini mungkin salah satu yang bisa kamu selesaikan dalam waktu singkat. Bukan karena jumlah halamannya yang sedikit, tetapi karena mulusnya pergerakan dari perkenalan ke klimaks dan penutupan. Tentu saja kamu akan berkenalan dengan dua tokoh utama, Emmie dan Lucas. Sepasang sahabat sejak remaja yang semua orang yakini akan berjodoh pada akhirnya.

Namun, Lucas justru mengejutkan Emmie dan pembaca karena justru meminta Emmie untuk menjadi pendamping di acara pernikahannya dengan sang kekasih. Emmie tak hanya gadis yang patah hati, ia menyimpan trauma mendalam yang masih membebani benaknya hingga dewasa. Namun, lewat drama patah hati itulah ia menemukan kekuatan untuk bangkit dari masa lalunya. 

Baca Juga: 7 Novel Coming of Age yang Bisa Dibaca saat Alami Quarter Life Crisis

5. The Two Lives of Lydia Bird

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadanginstagram.com/lalaslittlelibrary

Lydia Bird adalah perempuan yang yakin hidupnya sudah tertata sesuai rencana. Ia sudah punya pekerjaan mapan dan sebentar lagi akan menikah dengan tunangannya. Namun, semua berantakan setelah sang tunangan meninggal mendadak karena sebuah kecelakaan tragis. Lydia yang limbung tiba-tiba punya kemampuan berpindah dari satu waktu ke waktu lainnya.

Satu di masa sekarang dan satu waktu di mana sang kekasih masih ada bersamanya. Sebuah analisa psikologi tentang dampak kehilangan yang dikemas ringan dan penuh makna, dibalut narasi romansa yang menggugah. Boleh dicoba. 

6. Today Tonight Tomorrow 

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadanginstagram.com/rlynn_solomon

Rowan dan Neil adalah dua siswa SMA yang secara bergantian selalu jadi yang terbaik selama empat tahun terakhir dalam masa sekolah mereka. Secara alamiah, keduanya dilihat orang bersaing satu sama lain. Namun, sebuah permainan di malam terakhir sekolah membuat mereka terpaksa bekerja sama. 

Di satu malam itu, mereka sadar bahwa kompetisi yang mereka percayai selama ini sebenarnya tak masuk akal. Mereka bisa jadi tim dan mungkin kekasih. Klise sih, tapi humor dan laju alurnya pas. Pantas kalau laris manis. 

7. More Than Maybe 

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadanginstagram.com/thattattooedbooklady

Novel romantis yang selanjutnya adalah More Than Maybe. Tak kalah dari novel sebelumnya, More Than Maybe juga dapat skor tinggi dari pembaca. Kisahnya tentang dua anak muda yang sama-sama mencintai musik dan secara sembunyi-sembunyi saling menyukai. Luke menyalurkan kecintaannya pada musik lewat podcast, sementara Vada menulis di blog musik pribadinya. 

Luke menemukan Vada lewat blog yang rutin ia baca. Sementara, Vada punya banyak tujuan dan mimpi yang ia capai, tetapi menemukan jodoh bukan prioritasnya. Sampai ia mendengarkan podcast Luke yang sedang membacakan sebuah surat untuk gadis yang ia kagumi. Diam-diam Vada berharap gadis itu adalah dirinya. Sama-sama pemalu, kisah cinta dua muda-mudi ini ternyata mampu menghipnotis pembaca. Apalagi jika kamu pecinta musik indie terkini, sepertinya referensinya bakal makin mengena.

8. The Flip Side

8 Rekomendasi Novel Romantis Terlaris untuk Teman Begadanginstagram.com/theshybooks

Ed diputuskan sang kekasih yang artinya ia juga harus kehilangan pekerjaan mapannya. Maklum, Ed bekerja untuk bisnis keluarga sang kekasih. Sebuah kemalangan ganda yang membuatnya kembali ke rumah orang tuanya tanpa rencana apapun. 

Satu hal yang muncul di benaknya, coba mengadu nasib dengan melempar koin. Dipenuhi humor dan adegan kocak, novel rom-com ini layak jadi teman begadang yang seru. 

Menghibur diri dan memperkaya wawasan lewat judul novel romantis di atas bisa jadi pengganti kegiatan scrolling media sosial. Selamat berburu novel baru. 

Baca Juga: Dari Novel Jadi Lagu, 6 Buku Unik Rekomendasi Para Idol KPop  

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya