Comscore Tracker

6 Risiko Saat Melibatkan Sahabat di Hubungan Percintaanmu dengan Dia

Coba diperhatikan, bener gak nih?

Sahabat merupakan orang yang biasanya dipercaya dalam berbagai hal. Bersama sahabat, kamu dapat melakukan hal seru seperti berlibur bersama, atau bahkan hal serius seperti curhat masalah percintaan.

Apakah kamu juga pernah, atau bahkan selalu melibatkan sahabat dalam hubunganmu dengan dia? Jika iya, ada baiknya kamu baca 6 hal di bawah ini, karena curhat dengan sahabat gak selalu memiliki sisi positif.

1. Saat ada masalah, sahabat adalah orang pertama yang kamu datangi sehingga komunikasi dengan pasangan pun jadi berkurang

6 Risiko Saat Melibatkan Sahabat di Hubungan Percintaanmu dengan Diaunsplash.com/Yolanda Sun

Apa kamu pernah begini? Misal, pacar kamu lupa hari jadian kalian, dan kamu pun langsung curhat ke sahabat bahwa pacarmu sudah gak perhatian lagi. Bukannya lebih baik disampaikan secara langsung ke pacarmu?

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam sebuah hubungan, sehingga kamu dan pasangan harus saling terbuka mengenai apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan. Jika gak disampaikan, si pacar mana tahu kalau kamu sedang kesal? Kalau hal ini masih diteruskan di hubungan pernikahan, bisa bahaya lho.

2. Saran yang diberi oleh sahabat bisa jadi kurang tepat

6 Risiko Saat Melibatkan Sahabat di Hubungan Percintaanmu dengan Diapexels.com/Kaboompics .com

Bagaimanapun, sahabat tetap adalah orang di luar lingkaran hubunganmu dengan pacar. Mereka gak berada di posisimu, atau pasanganmu. Hal ini menyebabkan pendapat dan saran yang diberikan sahabatmu bisa menjadi kurang tepat.

Karena yang tahu persis bagaimana hubungan kalian adalah kalian sendiri. Jadi, jangan salahkan sahabatmu bila saran darinya gak berhasil diterapkan di hubungan percintaanmu.

3. Namanya juga manusia, sahabat bisa saja sengaja atau gak sengaja menceritakan masalahmu ke orang lain

6 Risiko Saat Melibatkan Sahabat di Hubungan Percintaanmu dengan Diapexels.com/Tirachard Kumtanom

Pernah dengar gak, saat A dengan B berkumpul, maka yang dibicarakan adalah C yang lagi absen. Lalu, saat B dan C berkumpul, maka yang jadi bahan 'diskusi' adalah si A. Mungkin sih, sahabatmu gak niat bercerita tentang kamu, tapi bagaimana jika secara gak sengaja ia bercerita? Masalahmu bisa jadi melebar, karena akan semakin banyak telinga yang mendengar persoalan pribadimu.  

Baca Juga: Tahukah Kamu? Ini Tahap-tahap Terbentuknya Persahabatan secara Ilmiah

4. Sahabat bisa membuatmu berpikiran lebih buruk tentang pasanganmu

6 Risiko Saat Melibatkan Sahabat di Hubungan Percintaanmu dengan Diapexels.com/Vera Arsic

Ya, kamu harus pintar menyaring perkataan sahabatmu, dan jangan pernah memasukkan semuanya ke dalam hati dan pikiran. Seorang sahabat umumnya akan lebih membela sahabatnya, dibandingkan orang lain. Begitu pula juga sahabatmu.

Saat tahu kamu memiliki masalah dengan pasangan, bisa jadi yang dilakukan sahabat adalah membelamu mati-matian dan bukannya membiarkanmu tenang. Pemikiran yang gak rasional dan subjektif pun dapat muncul di kepala sahabatmu, seperti pasanganmu selingkuh, gak mencintaimu dan lainnya.

5. Percayalah, berada di situasi terjepit itu gak enak banget

6 Risiko Saat Melibatkan Sahabat di Hubungan Percintaanmu dengan Diaunsplash.com/Nick Karvounis

Mungkin kamu gak menyadarinya, tapi bisa jadi sahabatmu merasa canggung bahkan tertekan karena terus menerus dilibatkan dalam hubungan percintaanmu. Hal ini tentunya juga akan merugikan dia, karena mengurusi urusan orang lain bukan hal yang mudah, lho.

6. Sudah tahu celah hubunganmu dengan dia, sahabat bisa gunakan kesempatan untuk menusukmu dari belakang

6 Risiko Saat Melibatkan Sahabat di Hubungan Percintaanmu dengan Diapexels.com/bruce mars

Wah, apa pernah berpikiran seperti ini? Hal ini dapat dikatakan paling gawat di antara yang lain. Semakin intens kamu bercerita mengenai pasanganmu, maka bisa jadi ia semakin penasaran.

Ya, penasaran terhadap banyak hal yang berkaitan denganmu dan pasangan. Risiko paling menyakitkan adalah hancurnya hubungan percintaanmu, dan persahabatanmu sekaligus.

Hal-hal di atas gak pasti terjadi, tapi gak menutup kemungkinan untuk terjadi. Jadi, daripada langsung lari ke sahabat, yuk selesaikan secara langsung masalahmu dengan pasangan!

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Tak Mau Kehilanganmu, Jangan Sia-siakan!

Dwita Vanessa Photo Community Writer Dwita Vanessa

A writer by heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You