Comscore Tracker

5 Alasan Utama Kenapa Dia Susah Mengatakan "Aku Cinta Kamu"

Jangan berburuk sangka dulu

Setiap orang mempunyai bahasa cintanya. Bahasa cinta yang telah diketahui secara umum ala Dr. Gary Chapman adalah kata-kata apresiasi, waktu berkualitas, hadiah, pelayanan, dan sentuhan fisik. Jika terhubung satu sama lain maka suatu hubungan akan langgeng meski ada suatu masalah.

Mengenai asmara, terkadang sebagian dari kamu yang bahasa cintanya adalah melalui kata-kata pasti pernah mengalami tanda tanya ketika pasanganmu tidak pernah mengatakan hal romantis, seperti "Aku cinta kamu". Bagi orang-orang yang bahasa cintanya bukan melalui kata-kata pasti itu adalah hal biasa dan itu tak jadi masalah.

Nah, untuk mengetahui alasannya, mungkin di bawah ini bisa termasuk menjadi alasan utama kenapa pasanganmu sulit untuk mengatakan kalimat tersebut. Yuk, simak sebelum mempunyai prasangka buruk terhadapnya

1. Mempunyai luka di masa lalu

5 Alasan Utama Kenapa Dia Susah Mengatakan Aku Cinta KamuUnsplash/Carolina Heza

Dalam menjalin hubungan dengan seseorang alangkah baiknya untuk melihat lebih dekat pada cerita masa lalunya mengenai asmara. Terkadang seseorang ragu untuk mengucapkan hal ini karena dulunya pernah terluka atau patah hati.

Ada berbagai alasan, misalnya dikhianati oleh pasangannya dan ditinggal tanpa ada alasan. Cara ini adalah untuk melindungi dirinya dari patah hati di masa depan dan menghindari risiko terluka lagi jika suatu saat nanti hubungan kamu antara dia goyang.

2. Ragu dengan perasaan kamu

5 Alasan Utama Kenapa Dia Susah Mengatakan Aku Cinta Kamuhancinema.net

Bagi sebagian orang, mengatakan "Aku cinta kamu" terhadap pasangannya bukan segampang omongan. Sebab, makna kalimat itu sangat dalam. Tidak sembarangan berucap. Alasan utama lain mengapa dia mungkin belum mengatakannya adalah karena tidak yakin bagaimana kamu merespons.

Dia takut kalau perasaan kamu berbeda dengannya. Dari rasa takut, dia sulit untuk mengatakannya. Jika kamu sudah tahu alasannya seperti itu, tunjukkan rasa terima kasih padanya dan beri tahu betapa kamu menghargainya. Dengan begitu dia akan tahu apakah kamu mencintainya juga.

Baca Juga: Jangan Keburu Baper, Ini 6 Alasan Pasanganmu Susah Bilang Cinta!

3. Mempunyai masalah pribadi

5 Alasan Utama Kenapa Dia Susah Mengatakan Aku Cinta KamuUnsplash/Andrik Langfield

Entah itu masalah pribadi di luar atau dengan dirinya sendiri. Bisa menjadi penyebab seseorang susah mengatakan hal tersebut. Masalah yang terjadi bisa seputar hubungannya dengan keluarga bahkan kariernya atau teman-temannya. Ketika dia berusaha untuk menyelesaikannya sendiri, dia tidak ingin kamu terlibat dikarenakan sayang.

Bahkan ada yang beranggapan jika bercerita masalah pribadi maka akan dianggap lemah. Biasanya ini terjadi pada pria. Dalam keadaan lain, ada tipe orang yang tidak tahu bagaimana cara mengekspresikan perasaannya.

Jika pasanganmu adalah tipe pendiam dan tertutup mungkin akan sulit mengartikulasikan perasaan cintanya kepada kamu karena dia bukan tipe yang dengan gampangnya mengekspresikan emosi.

4. Dia belum siap

5 Alasan Utama Kenapa Dia Susah Mengatakan Aku Cinta Kamuhancinema.net

Penting juga untuk mempertimbangkan fakta bahwa dia mungkin belum siap untuk memberi tahu kamu bahwa dia mencintaimu. Setiap hubungan bergerak dengan arusnya masing-masing. Setiap pasangan tidak bisa disamakan mengenai kadar perasaannya.

Misalnya ada beberapa orang yang mengatakan "Aku mencintaimu" setelah tiga bulan bersama, satu tahun, bahkan setelah akad nikah. Tetapi hanya karena dia belum mengatakannya tandanya dia tidak mencintaimu. Mungkin dia perlu lebih banyak waktu untuk mengembangkan perasaan cintanya untuk kamu.

5. Kamu belum paham bahasa cintanya

5 Alasan Utama Kenapa Dia Susah Mengatakan Aku Cinta Kamuhancinema.net

Sudah disinggung sebelumnya bahwa bahasa cinta setiap orang berbeda. Bagi sebagian orang ada yang mengekspresikan cintanya bukan dengan kalimat karena percaya perasaannya sudah terekspresikan melalui tindakan. Misalnya mengirimkan pesan setiap pagi sekadar ucapan semangat, mengejutkan kamu dengan hadiah, atau dia selalu ada untuk kamu.

Baginya, tindakan ini sama kuatnya dengan mengatakan "Aku mencintaimu," karena itulah cara dia mengungkapkan perasaannya kepadamu. Sementara kamu ingin kalimat "Aku cinta kamu" yang terucap dari mulutnya, sangat penting bahwa kamu juga tidak mengabaikan tindakan cintanya sebagai bukti betapa dia peduli sama kamu.

Pentingnya komunikasi yang baik dan benar dalam sebuah hubungan supaya masing-masing saling memahami satu sama lain akan kebutuhan emosional.

Baca Juga: Punya Gengsi Setinggi Langit, 6 Zodiak Ini Paling Susah Bilang Cinta

Dyan Yudhistira Photo Verified Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga kamu bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya