Comscore Tracker

5 Sikap yang Wajib Dimiliki Pasangan Sebelum Berani Melamarmu

Walau dia berani melamar segera, kamu jangan asal iya saja!

Saat ini, perkawinan bagaikan sebuah lomba, di mana yang lebih dulu sampai di gerbang itu ialah yang menang dan patut berbangga hati. Kemudian, wanita yang menikah belakangan atau malah belum menikah dibanding teman-temannya adalah ia yang layak dapat predikat ‘telat menikah’. Cepat-cepatan ini membuat sebagian perempuan merasa diburu-buru dan akhirnya menikah dengan siapapun laki-laki yang paling sigap melamar.

Padahal, menilai seorang laki-laki gak hanya dari keberanian untuk meminang. Ada sikap lain yang sebaiknya juga dimiliki oleh lelaki yang nantinya akan menjadi teman hidupmu. Pastikan, sebelum katakan “YA” atas lamarannya, si dia juga punya 5 sikap ini!

1. Saat marah, dia mampu tahan emosi. Ia pun tenang secara perkataan dan sikap

5 Sikap yang Wajib Dimiliki Pasangan Sebelum Berani Melamarmuunsplash/Landon Martin

Saat masa pendekatan, mencari tahu mengenai sikap pasangan saat marah itu penting. Sebab, lelaki gentle gak hanya dilihat dari caranya berani mengucapkan akad gak lama setelah berkenalan saja, tapi sebaiknya si dia gak hobi melakukan kekerasan verbal maupun fisik ketika sedang marah.

Wajib mengetahui sifatnya yang satu ini sebelum nikah, supaya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Apalagi kalau sudah nikah kamu juga gak bisa seenaknya bilang putus seperti masa pengenalan.

2. Gak kenyang makan cinta, sebaiknya lelakimu nanti juga pekerja keras

5 Sikap yang Wajib Dimiliki Pasangan Sebelum Berani Melamarmuunsplash/Priscilla Du Preez

Girls, tahu kan kalau kebutuhan hidup itu gak bisa dipenuhi dengan cinta saja? Itulah mengapa jangan buru-buru bilang setuju saat dilamar seseorang! Cari tahu dulu, yuk, apakah dia sudah punya pekerjaan dan bagaimana pendapat rekan kantornya mengenai sikapnya setiap bekerja.

Bukan matre, tapi perihal materi memang perlu dipikirkan sebelum berumah tangga. Jangan sampai, kamu bagai beli kucing dalam karung yang begitu sudah menikah ternyata lelakimu masih menganggur. Gak harus yang berstatus pengusaha atau bos besar, tapi setidaknya dia sudah punya pendapatan tetap.  

3. Dia tahu bagaimana caranya menghargai kamu sebagai wanita

5 Sikap yang Wajib Dimiliki Pasangan Sebelum Berani Melamarmuunsplash/Priscilla Du Preez

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, ‘apa dia menghargaimu?’. Dari hal sederhana saja, seperti dia mau mendengar pendapatmu saat memilih tempat makan atau film yang akan ditonton, dia tidak keberatan  kamu punya waktu me-time atau ketika ingin sendiri dulu, juga saat kamu menolak diajak kencan, dia tidak keberatan.

Jika sikapnya baik dan bisa menerima hal-hal tadi, fix, dia lelaki baik. Sebab, saling menghargai itu kunci penting dalam sebuah hubungan pernikahan, lho. Nantinya kamu dan dia akan banyak menemui persimpangan yang membutuhkan diskusi dan kerja sama. Namun ketika dia bahkan gak mau dengar pendapatmu dan selalu mau jadi nomor satu, coba dipikir-pikir dulu apa kamu mau menghabiskan waktu dengan laki-laki tipe seperti ini?

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Curiga yang Berlebihan Terhadap Pasangan

4. Menyayangi keluargamu seperti sayangnya kepada keluarga sendiri

5 Sikap yang Wajib Dimiliki Pasangan Sebelum Berani Melamarmuunsplash/Priscilla Du Preez

Kamu tahu kan bahwa pernikahan adalah penyatuan dua keluarga? Di sini penting untuk memilih laki-laki yang mau sayang dengan keluargamu seperti dia sayang kepada keluarganya sendiri. Seperti mau bersikap sopan dan santun kepada ayah dan ibumu, perhatian dengan kakak dan adikmu, juga ramah kepada seluruh keluarga besarmu.

Penting juga nih untuk ditanyakan kepada calon suamimu mengenai apakah kamu diizinkan untuk  pulang menengok orang tua atau masih kah kamu diizinkan memberi uang atau hadiah kepada saudaramu sebagai bentuk sayang? Pertanyaan ini penting dan wajib ditanyakan supaya saat berumah tangga nanti, semua jelas dan tidak menimbulkan perdebatan.

5. Benar mencintaimu, dia tidak sekali pun membanding-bandingkan dengan orang lain

5 Sikap yang Wajib Dimiliki Pasangan Sebelum Berani Melamarmuunsplash/John Schnobrich

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dan lelakimu sebaiknya memahami itu. Dengan dia tidak pernah banding-bandingkan fisik atau sikapmu dengan mantannya atau malah dengan orang lain, itu bukti bahwa dia sungguh cinta. Tidak kah menyakitkan jika terus-terusan dibandingkan dengan perempuan lain padahal dia adalah laki-laki yang seharusnya jadi pendukungmu?

Untukmu yang sudah ingin menikah atau sering dapat julukan telat kawin, sehingga akan iya-iya saja pada siapapun yang datang melamar… Please, sebaiknya perhatikan dan pastikan lelakimu itu punya 5 sifat di atas supaya pernikahanmu tahan banting dan bahagia. Juga perlu kamu ingat, pernikahan adalah momen yang doanya terjadi sekali seumur hidup, jadi pastikan sekali lagi bahwa lelakimu ini gak asal berani menikahi saja, tapi juga bisa dan mau bertanggung jawab sampai kapan pun.

Baca Juga: Kamu Egois Jika Kerap Melakukan 5 Hal Ini pada Pasangan

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You