Comscore Tracker

6 Sikap Sederhana Pasangan tapi Tanda Orang Bertanggung Jawab, Sweet!

Bikin meleleh dengan caranya sendiri

Selama ini, kita sering berfokus pada hal-hal besar sebagai penanda bahwa seseorang bisa dikatakan 'bertanggung jawab'. Entah itu berani menemui orang tua atau malah sampai langsung melamar. Padahal, sikap tanggung jawan pasangan pun bisa dilihat dari hal-hal sederhana yang sering lakukan. 

Coba yuk lebih peka lagi dan rasakan apakah 6 hal ini pernah, atau justru sering dilakukan pasanganmu. Sikap yang selama ini jarang bikin kamu meleleh, tapi ternyata justru tanda peduli lewat perilakunya sehari-hari.

1. Bersedia antar dan jemput saat dia punya waktu luang

6 Sikap Sederhana Pasangan tapi Tanda Orang Bertanggung Jawab, Sweet!ilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)
Besok kegiatan kamu apa? Mumpung aku libur, mau gak kalau aku antar?

Siapa nih yang pasangannya sering tanya seperti ini? Perkara antara dan jemput kamu kerja atau kuliah bukan hal yang sulit memang. Namun ia memiliki kesadaran untuk memastikan kamu sampai tempat tujuan dengan selamat adalah bukti bahwa sosoknya benar idaman. 

Ia bisa saja memilih main gim atau tidur saat libur, tapi justru mau turut sibuk di segala aktivitasmu. Gak ada salahnya lho bilang terima kasih atau traktir ia makan setelah antar dan jemput seharian. Biar dia juga tahu, bahwa kamu menghargai sikap sederhananya itu. 

2. Selalu bilang 'kalau sudah di rumah, kabarin ya?'

6 Sikap Sederhana Pasangan tapi Tanda Orang Bertanggung Jawab, Sweet!ilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Buat pejuang LDR atau punya pasangan yang kerjaannya nyaris tanpa libur, bisa diantar dan dijemput memang nyaris mustahil. Eits, tapi bukan berarti ia gak punya sikap tanggung jawab, lho. Coba deh ingat-ingat lagi, seberapa sering dia bertanya, 'kamu sudah sampai rumah?' Atau 'kalau sudah sampai rumah, kabarin aku, ya.' 

Bukan posesif, tapi pasanganmu hanya ingin tahu keberadaanmu dan sampai di rumah dengan selamat. Jangan salah, saat tak bisa antar dan jemput justru tingkat khawatirnya lebih tinggi. Untuk itu, langsung kasih kabar ke doi ya saat kamu sudah di tempat tujuan supaya hatinya tenang. 

3. Karena kehidupan pasca menikah tidaklah murah, pasanganmu diam-diam rela irit demi punya tabungan yang cukup

6 Sikap Sederhana Pasangan tapi Tanda Orang Bertanggung Jawab, Sweet!ilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Melihat pakaian pasanganmu yang itu-itu saja, jarang kasih hadiah mahal, dan lebih suka ajak makan di pinggir jalan mungkin sering bikin kamu berpikir kalau ia adalah sosok yang pelit. Kamu juga jadi sering iri melihat teman-teman yanh tiap nge-date, selalu belanja bareng atau makan di restoran keren. Hei... Namun tahukah kamu kenapa pasanganmu memilih untuk hidup sederhana alih-alih mewah meski kamu tahu kalau gajinya 'lumayan'?

Ini karena ia sadar kalau kehidupan pasca menikah membutuhkan lebih banyak biaya. Sebisa mungkin ia menabung supaya setelah menikah, kehidupanmu tetap nyaman tanpa kekurangan. Tidak kah ia adalah pribadi yang berpikiran panjang ke depan dan kamu patut bersyukur atas hal ini 'kan?

Baca Juga: 5 Nilai Kehidupan dari Sebuah Kapal Berlayar, Penuh Motivasi!

4. Tidak hanya dikenalkan pada keluarga, tapi ia juga terbuka soal lingkungan pertemanannya

6 Sikap Sederhana Pasangan tapi Tanda Orang Bertanggung Jawab, Sweet!ilustrasi pasangan (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Jika kamu ingin melihat apakah pasanganmu adalah orang bertanggung jawab atau bukan, coba perhatikan apakah ia terbuka soal teman-temannya atau tidak. Jika iya, itu karena dia merasa tidak ada yang perlu disembunyikan padamu. Semua soal teman dan lingkungannya, kamu perlu tahu. 

Ini bukan soal keterbukaan saja, tapi juga karena ia telah menganggap kamu jadi bagian hidupnya. Ia merasa perlu kamu dan teman-temannya saling mengenal dan bisa akrab selayaknya teman sedari dulu. Buat pasanganmu, kamu adalah seseorang yang akan hidup denganya di masa depan. 

5. Meski sibuk bekerja, kamu tetap jadi prioritas setiap harinya

6 Sikap Sederhana Pasangan tapi Tanda Orang Bertanggung Jawab, Sweet!ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Punya pasangan yang bertanggung jawab artinya punya sosok yang selalu menomor satukan kamu. Pacarmu sibuk bekerja, tapi ia tidak lalai mengingatkan kamu beribadah dan minum air putih yang cukup. Gak sampai di situ, ia juga sering mengalah demi bisa melihat senyum mengembang di wajahmu. 

Coba hitung, berapa kali ia memilih menemani kamu belanja atau ke salon daripada nongkrong? Atau coba ingat lagi, kapan terakhir ia tidur sebelum jam 10 malam demi bisa video call denganmu sampai kamu tertidur? Sederhana, tapi tidak semua orang bersedia melakukan hal yang sama. 

6. Bukannya menyerah karena sikapmu yang sering bikin mengelus dada, ia justru makin mantap hidup di masa depan bersamamu

6 Sikap Sederhana Pasangan tapi Tanda Orang Bertanggung Jawab, Sweet!ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Kamu adalah si keras kepala, manja, dan cemburuan. Kamu sering ngambek saat pasanganmu tidak sengaja tidur duluan. Pun kamu sering lama dandan padahal pasanganmu sudah siap pergi kencan. Alih-alih memilih pergi, pasanganmu justru tetap sabar menemani.

Hubungan yang sudah berjalan ini ingin ia seriusi dan dibawa ke jenjang yang lebih tinggi. Berbagai hal menyebalkan darimu memang sering bikin ia mengelus dada, tapi bukannya menyerah, ia malah makin kuat mempertahankan. Segala keburukanmu, tertutupi olah cintanya yang lebih besar.

Bukankah ini tanda ia pantang menyerah dan sosok bertanggung jawab? Segala tingkahmu bisa dihadapi dengan lapang dada, apalagi segala naik dan turun kehidupan pasca menikah nanti, ya 'kan?

Kita sering berfokus pada sesuatu yang besar, padahal hal-hal kecil yang dilakukan setiap hari adalah pertanda paling nyata soal sifat asli pasanganmu yang bertanggung jawab. 

Bersyukur banyak-banyak memiliki dirinya, ya. Dukung langkah dan usahanya membersamai langkahmu. Doakan juga, semoga sikap-sikap sederhana ini masih terus ada sampai menikah nanti. 

Baca Juga: 5 Tips Gak Baper Melihat Teman Seumuran Satu Per Satu Menikah

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya