Comscore Tracker

LDR Itu Ada Seninya, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Hubunganmu Anti Drama

Biar LDR-mu lebih sehat dan romantis!

Long distance relationship (LDR) itu hubungan yang istimewa. Bukan sekadar karena terhalang jarak, LDR juga punya seni yang seharusnya dimiliki oleh setiap pasangan yang menjalaninya.

Seringnya, banyak pasangan yang putus di tengah jalan karena tidak memahami hal-hal yang sebaiknya dilakukan ketika hadapi hubungan jarak jauh. Coba, 5 hal ini kamu lakukan pelan-pelan mulai dari sekarang demi hubunganmu anti drama.

1. Saat pasanganmu gak kasih kabar, stop curigai dia

LDR Itu Ada Seninya, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Hubunganmu Anti Dramaunsplash/Clem Onojeghuo

Coba diingat-ingat lagi, kenapa dulu kamu dan dia setuju jalani hubungan jarak jauh? Pasti karena kalian sama-sama ingin mengejar masa depan yang lebih baik walau beda kota ‘kan? Ya maka dari itu, kalau pasanganmu jarang kasih kabar, dia lama balas chat, maklumi bahwa itu konsekuensi dari kesibukannya yang sebaiknya kamu mengerti.

Curiga bukan hanya akan membuat kamu tertekan, tapi juga membuat pasanganmu tidak tenang dalam beraktivitas. Bukannya mendukung, kamu malah jadi penghalang.

2. Alih-alih chat setiap saat, gunakan waktumu untuk bersosialisasi dengan teman lain

LDR Itu Ada Seninya, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Hubunganmu Anti Dramaunsplash/Geert Pieters

Kangen memang, tapi rasanya pasti tidak menyenangkan untuknya jika kamu memaksa untuk bisa chatting setiap saat. Dia punya kegiatan, teman, dan hidupnya sendiri, kamu pun begitu seharusnya. Daripada terus terpaku menatap layar HP menunggu pesan singkatnya, lebih baik gunakan waktu untuk bersosialisasi dengan sekitarmu sendiri.

Ikuti berbagai kegiatan yang akan mendukung hobi atau pekerjaanmu. Dengan begitu, sekiranya pasanganmu tidak ada kabar seharian pun, kamu tidak uring-uringan karena kamu juga miliki aktivitas yang menghibur.

3. Cemburu itu bukan tanda cinta, kamu dan dia harusnya saling lebih percaya

LDR Itu Ada Seninya, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Hubunganmu Anti Dramaunsplash/Justin Follis

Jangan percaya dengan kata orang yang menyatakan bahwa ‘cemburu itu tanda cinta’, sebab sebenarnya cemburu hanya untuk orang yang tidak percaya diri saja. Jika kamu merasa bangga, layak dan yakin dengan dirimu sendiri maka kamu tidak perlu khawatir akan teman-teman lawan jenisnya.

Lagi pula, jika kalian benar saling cinta, kedatangan seseorang yang ‘lebih’ pun tidak akan mampu goyahkan rasa.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Tanda Hubungan LDR-mu Terancam Kandas

4. Jangan hanya menuntut didatangi, kamu pun sebaiknya berusaha menghampiri

LDR Itu Ada Seninya, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Hubunganmu Anti DramaUnsplash/Vladimir Kudinov

Hayo, kamu sampai sekarang masih kerap memaksa si dia untuk mendatangimu, ya? Kurang-kurangin, yuk! Bukan kah yang namanya pasangan itu harus sama-sama melangkah, gak melulu dia saja yang mendekat?

Jika bulan kemarin dia yang datang ke kotamu, maka bulan depan, kamu datang lah ke kotanya. Atau, kamu dan pasanganmu bisa saling bertemu di titik tengah antara kotanya dengan kotamu. Sekalian liburan dengan suasana berbeda, tuh!

5. Jika kemudian kamu mendengar berita kurang menyenangkan tentangnya, jangan buru-buru menghakimi

LDR Itu Ada Seninya, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Hubunganmu Anti Dramaunsplash/Clem Onojeghuo

Akan selalu ada hal tidak menyenangkan di setiap hubungan, apalagi hubungan yang terbentang jarak. Hei, jika nanti kamu mendengar kabar tentang pasanganmu yang menyakiti hati, jangan buru-buru menghakimi apalagi mengatakan ingin mengakhiri.

Tanya baik-baik apakah apa yang kamu dengar itu memang benar, apa penjelasan dari kekasihmu, dan tanyakan bukti kuat yang bisa membuatmu percaya apa katanya.

Sudah melangkah sejauh ini dengannya, kalian hebat. Gak semua pasangan bisa bertahan di tengah jarak yang jauh dan minimnya komunikasi langsung. Tentu sangat disayangkan apabila kemudian terjadi drama yang sebenarnya bisa dihindari. 

Baca Juga: 5 Tips bagi Pejuang LDR yang Terhalang Jarak & Susah Sinyal

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You