Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Kamu Tak Perlu Buru-buru Menikah, Banyak Pertimbangannya

Yang penting memantaskan diri dulu

Menikah merupakan salah satu impian orang-orang yang sudah bosan dengan status jomblo. Terlebih bagi yang sudah berumur dan sering ditanya "kapan nikah?". Akan tetapi, lebih dari sekedar gengsi, menikah sejatinya adalah ibadah dan juga hal yang bersifat sakral.

Pernikahan membutuhkan persiapan yang matang dan ilmu yang mendalam. Jangan sampai kamu terburu-buru menikah hanya karena ingin lepas dari status jomblomu. Karena jika hal itu kamu lakukan, kamu harus siap kalau kehidupanmu setelah menikah tidak lebih membahagiakan daripada saat kamu jomblo.

Berikut 5 alasan kenapa kamu tidak boleh menikah terburu-buru.

1. Penyesuaian yang tidak mudah

Ini 5 Alasan Kamu Tak Perlu Buru-buru Menikah, Banyak Pertimbangannyainstagram.com/priyankachopra

Ketika kamu sudah menikah berarti kamu harus siap dengan karakter pasanganmu yang sangat berbeda dengan karakter kamu. Masing-masing individu mau tidak mau harus mengalah dan menghilangkan sifat egois masing-masing.

Contoh sederhana, kamu seorang yang pemalas dan masa bodoh perihal kebersihan, pasanganmu memiliki sifat yang sangat memperhatikan kebersihan dan kerapian. Kamu harus mengubah sifatmu yang pemalas dan belajar menjadi seorang yang rajin. Jangan lupa juga memperhatikan kebersihan demi menghindari keributan antara kamu dan pasangan. Terdengar spele, tapi dalam praktiknya tidak mudah.

2. Kegiatan di luar rumah jadi serba terbatas

Ini 5 Alasan Kamu Tak Perlu Buru-buru Menikah, Banyak Pertimbangannyaglamour.co.za

Sebelum menikah kamu bebas melakukan berbagai macam aktifitas seperti hangout, kepanitiaan, organisasi, hobi, komunitas, reunian, baik dengan teman, mantan, atau siapapun yang kamu mau tanpa batasan waktu dan tanpa ada yang menghalangi.

Setelah menikah, keluarga menjadi prioritas utamamu. Selain itu, untuk yang perempuan minta izin pasanganmu sebelum keluar rumah, dan harus tahu waktu.

Baca Juga: 5 Hal yang Pantang Kamu Lakukan Jika Ingin Segera Menikah

3. Nikah itu butuh ilmu

Ini 5 Alasan Kamu Tak Perlu Buru-buru Menikah, Banyak Pertimbangannyafreeweddingplannertemplate.com

Yakin kamu sudah sepenuhnya paham tentang pernikahan? Dengan statusmu yang masih jomblo berarti banyak yang bisa kamu explore, kamu bisa belajar tentang pernikahan dengan banyak membaca buku, bertanya ke mereka yang sudah berkeluarga, menghadiri kajian tentang pernikahan.

Menjadi sendiri itu penting untuk belajar berbagai tahap kehidupan, belajar menyelesaikan masalah pada setiap tahap, karena setelah menikah nanti kamu tidak hanya harus menyelesaikan masalahmu sendiri tapi juga menyelesaikan masalah dari dua orang.

4. Susah bareng-bareng

Ini 5 Alasan Kamu Tak Perlu Buru-buru Menikah, Banyak Pertimbangannyatableforchange.com

Buat para cewek, kalau niat kamu menikah adalah supaya tidak perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhanmu, bisa jalan-jalan keluar kota bahkan keluar negeri bareng suami, upload foto romantis, makan malam romantis, dan berbagai hal-hal romantis lainnya. Artinya kamu belum siap menikah.

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, bagaimana kalau setelah menikah suamimu terlalu sibuk sampai tidak punya waktu buatmu, bagaimana kalau nanti suamimu jatuh miskin, bagaimana kalau setelah menikah suamimu tidak bersikap romantis? Apakah kamu siap terus bersama suamimu dan mendukungnya dalam keadaan apapun?

Dengan menikah bukan berarti kamu bisa melimpahkan masalahmu pada suami, sebaiknya kamu harus siap menghadapi masalah bersama-sama.

5. Tanggung jawab terhadap kehidupan orang lain

Ini 5 Alasan Kamu Tak Perlu Buru-buru Menikah, Banyak Pertimbangannyaca.hellomagazine.com

Buat para cowok dengan menikah berarti kamu siap bertanggung jawab sepenuhnya dengan kehidupan wanita yang kamu jadikan istri. Selain berkarir kamu juga harus bisa memberi perhatian pada keluargamu, bersikap adil pada anak-anakmu, mengayomi, memberi perlindungan pada istri dan anak-anakmu, serta menjadi teman yang baik bagi mereka.

Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan galau dan sedih karena orang-orang disekitarmu telah berumah tangga sedangkan kamu masih jomblo. Lebih baik selagi masih sendiri manfaatkan waktumu untuk banyak belajar dan terus berkarya, tingkatkan kualitas yang ada pada dirimu dan terus berusaha untuk memantaskan diri.

Baca Juga: Jangan Menikah Kalau Belum Bisa Mengendalikan 5 Hal Ini!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You