Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Mengemis Cinta, Jaga Reputasi Diri!  

#IDNTimesLife Orang yang tepat akan menghargai cintamu

Saat terlanjur jatuh hati pada seseorang, tetapi cinta tersebut tidak berbalas, kita mungkin akan merasa sakit hati. Bahkan, ada yang kemudian sampai mengemis cinta dengan harapan orang yang dimaksud mau membalas cintanya.

Cinta harusnya berasal dari hati, bukan karena keharusan. Karenanya, kamu tidak boleh memaksa dan mengemis cinta dari siapa pun. Selain itu, ada beberapa hal kuat lainnya yang menjadi alasan mengapa kamu tidak boleh mengemis cinta. Apa saja itu? Ini dia penjelasannya.

1. Ia mungkin tidak siap denganmu

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Mengemis Cinta, Jaga Reputasi Diri!  ilustrasi laki-laki dan perempuan (unsplash.com/Matheus Ferrero)

Jika seseorang tidak menunjukkan cinta padamu, itu bisa jadi tanda ia tidak siap menjalin hubungan denganmu. Tidak peduli apa yang kamu lakukan, kamu tidak bisa memaksa ia untuk bersiap.

Jangan buang waktumu untuk mencoba mengubah seseorang. Menunggu seseorang untuk bisa mencintai kamu hanya akan semakin menyakiti kamu dalam prosesnya. Ingatlah, kebahagiaanmu lebih penting daripada segalanya, jadi segeralah move on dan carilah orang yang bisa menghargai kamu.

2. Memperpanjang rasa sakit hatimu

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Mengemis Cinta, Jaga Reputasi Diri!  ilustrasi perempuan sedang sedih (pexels.com/Alex Green)

Saat orang yang kamu cintai tidak membalas perasaanmu, kamu akan merasa sedih. Namun, menghabiskan waktu untuk mengejar cintanya justru akan membuat emosi negatif ini terus ada dalam dirimu.

Kamu sudah merasa sedih karena tahu ia tidak mencintaimu, jadi sebaiknya kamu melupakannya saja. Dengan begitu, kamu akan melewati luka lebih cepat.

Baca Juga: 5 Saran Bijak buat Kamu yang Sulit Jatuh Cinta, Patut Direnungkan

3. Kamu membuka kesempatan untuk dimanfaatkan

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Mengemis Cinta, Jaga Reputasi Diri!  ilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Ketika kamu terlalu mengemis cinta seseorang, kamu membuka peluang untuk dimanfaatkan. Banyak 'budak cinta' yang kehilangan apa-apa yang berharga karena putus asa dan terlalu takut kehilangan cintanya.

Memohon seseorang untuk mau menjadi teman hidupmu sama seperti membuka pintu bagi seseorang untuk menggunakan kamu seperti yang mereka inginkan. Jadi, jaga harga dirimu dan jangan biarkan orang memanfaatkanmu.

4. Ini dapat menyebabkan kamu merasa buruk tentang dirimu sendiri

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Mengemis Cinta, Jaga Reputasi Diri!  ilustrasi perempuan sedang bercermin (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Harga diri dan kepercayaan dirimu akan sangat terpukul saat kamu memohon cinta dari seseorang. Itu akan membuat kamu merasa tidak layak dan rendah diri. Padahal, kita semua berharga di mata orang yang tepat.

Suatu hubungan seharusnya membuat kamu merasa lebih baik. Ini harusnya meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kamu merasa nyaman dengan dirimu sendiri. Jika seseorang membuat kamu merasa harga dirimu berkurang, artinya ia bukan orang yang tepat untukmu.

5. Itu bisa menghalangi kamu untuk bertemu orang yang tepat

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Mengemis Cinta, Jaga Reputasi Diri!  ilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/Klaus Nielsen)

Saat kamu mencurahkan energi untuk seseorang yang tidak mencintaimu, ini bisa membuat kamu kehilangan kesempatan yang lebih baik. Ya, ada orang lain di luar sana yang akan mencintai kamu sebagainya mestinya. Jadi, jangan biarkan kamu kehilangan orang yang tepat hanya karena kamu terobsesi mendapatkan cinta dari seseorang yang tidak ingin memberikannya padamu.

Jika kamu tetap berada dalam obsesi yang buruk, kamu tidak akan bisa melihat saat orang yang tepat sudah ada di dekatmu. Jangan terus menyiksa dirimu dengan mengemis cinta karena kamu berhak mendapatkan kebahagiaan dan cinta sejati suatu hari nanti.

Mengemis cinta bukanlah solusi untuk mendapatkan cinta dari seseorang. Jika kamu merasa harus mengemis cinta, maka kamu perlu melakukan yang terbaik untukmu. Ingatlah untuk menghargai diri sendiri dan memberikan waktumu untuk orang-orang yang pantas.

Baca Juga: Menikah Tak Hanya Butuh Cinta, Ini 5 Alasan yang Mendasarinya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya