Comscore Tracker

5 Masalah Rumah Tangga Ini Tak Boleh Diumbar, Demi Keutuhan Pernikahan

#IDNTimesLife Biarkan jadi rahasia berdua

Setiap pernikahan memiliki masalahnya masing-masing. Kadang, masalah dalam pernikahan begitu membuat frustasi hingga kamu merasa ingin berbagi pada orang lain agar merasa lebih lega atau untuk mendapatkan solusi.

Terkadang, berbagi kehidupan rumah tangga bisa membuat kita mendapatkan ilmu agar menjadi pasangan yang lebih baik atau mendapatkan kehidupan pernikahan yang lebih harmonis. Namun, ada masalah tertentu dalam rumah tangga yang tidak perlu diketahui oleh orang lain. Baik dan buruk, ini harus tetap ada di dalam rumah.

Di bawah ini akan dibahas deretan masalah rumah tangga yang terlarang untuk dibagikan pada orang lain.

1. Masalah finansial

5 Masalah Rumah Tangga Ini Tak Boleh Diumbar, Demi Keutuhan Pernikahanilustrasi tabungan (pexels.com/Joslyn Pickens)

Apa pun yang berhubungan dengan uang adalah hal yang sensitif. Jika kamu dan pasangan mengalami masalah dengan keuangan, seperti kesulitan menabung atau melunasi utang, itu bukanlah sesuatu yang orang lain harus ikut campur.

Dalam masalah keuangan, kamu dan pasangan harus bekerja sama untuk mencari tahu rencana mengatasi segalanya. Dengan membocorkan masalah ini ke orang lain, kamu akan melukai hati pasanganmu. Terlebih, ini juga bisa membuat kamu menjadi bahan omongan di luar sana. Jika kamu perlu bantuan untuk mencari solusi, mintalah saran dari pihak yang objektif.

2. Kehidupan seksual

5 Masalah Rumah Tangga Ini Tak Boleh Diumbar, Demi Keutuhan Pernikahanilustrasi pasangan suami istri (pexels.com/cottonbro)

Apa yang kamu dan pasanganmu lakukan di balik kamar tidak boleh sampai bocor keluar kamar. Berbagi detail tentang saat-saat intim dengan pasanganmu justru akan mengurangi nilai keintiman itu. Terlebih, belum tentu pasanganmu nyaman jika kehidupan pribadi kalian diumbar.

Tidak ada yang perlu tahu berapa kali kalian melakukannya atau bagaimana kemampuan pasanganmu dalam urusan ranjang. Asal kalian berdua bahagia, itu yang terpenting. Jika kalian memiliki masalah dalam urusan ini, alangkah baiknya bicarakan secara terbuka dengan pasangan atau konsultasikan dengan orang yang memang ahlinya.

Baca Juga: 5 Sebab Pasanganmu Tak Pernah Bahas Pernikahan meski Lama Pacaran 

3. Masalah dengan mertua dan ipar 

5 Masalah Rumah Tangga Ini Tak Boleh Diumbar, Demi Keutuhan Pernikahanilustrasi bertengkar dengan saudara ipar (pexels.com/Liza Summer)

Ketika menikah, kamu bukan hanya menggabungkan kehidupan dua orang, tetapi menggabungkan kehidupan dua keluarga. Beberapa orang memiliki hubungan yang baik dengan mertua dan ipar, tetapi sebagian lainnya memiliki masalah dari waktu ke waktu.

Meskipun demikian, mereka adalah bagian dari keluargamu. Masalah yang terjadi dalam keluarga yang telah bergabung itu tidak boleh disiarkan keluar rumah. Jadi, simpanlah aib keluarga sama seperti kamu menyimpan aibmu sendiri.

4. Masa lalu pasanganmu

5 Masalah Rumah Tangga Ini Tak Boleh Diumbar, Demi Keutuhan Pernikahanilustrasi pasangan suami istri (pexels.com/Julia M Cameron)

Mungkin pasanganmu pernah berselingkuh di masa lalu. Mungkin dia pernah terjerat utang. Mungkin dulunya ia adalah bad boy atau bad girl. Namun, tak peduli apa pun masalahnya, hal ini tidak perlu diceritakan.

Hanya karena kamu telah menerima masa lalu pasanganmu, bukan berarti temanmu akan melakukan hal yang sama. Bisa jadi, temanmu akan memberikan pandangan yang membuat kamu merasa menyesal telah menerima masa lalu pasanganmu. Dengan menggunakan masa lalu pasanganmu sebagai bahan percakapan di luar hubungan, kamu juga sudah mengkhianati kepercayaannya.

5. Pertengkaran dengan pasangan

5 Masalah Rumah Tangga Ini Tak Boleh Diumbar, Demi Keutuhan Pernikahanilustrasi suami dan istri sedang bertengkar (unsplash.com/Afif Kusuma)

Kamu bukanlah orang yang sempurna. Begitu pula pasanganmu. Karenanya, pertengkaran di antara kalian seharusnya bukanlah hal yang mengherankan.

Jika kamu dan pasangan bertengkar, itu adalah urusan kalian berdua. Dengan membawa pertengkaran kalian keluar rumah, baik itu pada keluargamu atau lingkaran pertemananmu, kamu sudah membuka pintu untuk penghakiman. Tidak peduli siapa penyebab pertengkaran, kalian harus menemukan cara untuk memperbaiki masalah dalam hubungan.

Menjadikan masalah dalam rumah tangga sebagai bahan obrolan di luar tidak akan menyelesaikan apa pun. Jika kamu merasa frustrasi dengan kehidupan pernikahanmu, lebih baik kamu dan pasanganmu berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Baca Juga: 5 Resep Keharmonisan Rumah Tangga, Tetap Mesra meski Gak Muda Lagi

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya