Comscore Tracker

5 Prinsip yang Harus Dipegang Saat Mencari Pasangan, Biar Gak Menyesal

Bekal untuk masa depan yang bahagia

Menentukan orang yang akan kamu jadikan pasangan hidup tidak bisa hanya mengandalkan chemistry atau asal menetapkan kriteria setinggi mungkin. Sebab, pasangan hidup diharapkan bisa menemani kita menghabiskan sisa hidup, sehingga kamu perlu pertimbangan yang matang.

Walaupun memilih pasangan hidup bukanlah hal yang mudah, tapi setidaknya ada prinsip-prinsip yang bisa kamu pegang untuk mencari pasangan hidup. Berikut ini adalah beberapa prinsip yang harus kamu pegang baik-baik untuk menemukan pasangan ideal.

1. Buang ide soal pasangan yang sempurna

5 Prinsip yang Harus Dipegang Saat Mencari Pasangan, Biar Gak Menyesalunsplash.com/Oana Craciun

Jangan membuat daftar sifat atau materi yang harus dimiliki pasangan masa depanmu. Sampai kapan pun, kamu tidak akan mendapatkan pasangan yang sama persis seperti yang kamu harapkan. Jadi, jangan membuang waktu demi menunggu pasangan sempurnamu datang.

Jika kamu harus membuat daftar, buatlah daftar pemecah kesepakatan yang masuk akal, seperti bukan perokok, tidak kecanduan alkohol, tidak mudah mengajukan kredit, dan pekerja keras. Itu adalah batasan yang sehat untuk ditetapkan.

2. Jangan berharap seseorang akan berubah untukmu

5 Prinsip yang Harus Dipegang Saat Mencari Pasangan, Biar Gak Menyesalpexels.com/Pixabay

Jangan pernah berharap nantinya pasanganmu akan menyingkirkan semua keburukannya dan berubah hanya untukmu. Memang, beberapa hal bisa berubah atau diperbaiki. Tapi, akan sangat sulit berharap pasangan akan berubah total demi dirimu.

Alih-alih percaya diri bahwa si dia akan berubah setelah kalian menikah nantinya. Lebih baik tanyakan pada diri sendiri, jika kualitas yang tidak kamu sukai pada dirinya tidak pernah berubah, dapatkah kamu tetap mencintai dan hidup bersama orang ini?

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Terlalu Banyak Menuntut ke Pasangan

3. Cari persamaan sebanyak mungkin

5 Prinsip yang Harus Dipegang Saat Mencari Pasangan, Biar Gak Menyesalpexels.com/Andrea Piacquadio

Terkadang, manusia membutuhkan seseorang yang cocok dengan dirinya. Jadi kamu perlu mencari sebanyak mungkin kesamaanmu dengan dirinya, misalnya apakah kalian berdua pecinta kuliner, senang berkelana, memiliki semangat untuk belajar, introver yang lebih suka menghabiskan akhir pekan di rumah?

Banyaknya kesamaan dalam tingkat aktivitas dapat membuat pasangan sering melakukan sesuatu bersama. Pada akhirnya, kalian akan menyadari bahwa kalian banyak bersenang-senang bersama dan merasa beruntung memiliki satu sama lain.

4. Cari yang bisa membuatmu merasa senyaman di rumah saat bersamanya

5 Prinsip yang Harus Dipegang Saat Mencari Pasangan, Biar Gak Menyesalpexels.com/Keilah Gepte

Memiliki pasangan yang ideal tentunya membuat siapapun senang. Tapi, apa artinya jika itu membuat kamu harus selalu berpura-pura menjadi orang lain tiap bersama dengan dirinya?

Carilah pasangan yang bisa membuat kamu menjadi diri sendiri di dekat orang ini. Sungguh dirimu sendiri. Misalnya, dapatkan kamu tertawa dengan lepas tanpa merasa malu? Tidak ragu untuk makan 2 porsi saat dihidangkan makanan favoritmu?

Mengungkapkan pendapat yang mungkin tidak populer atau bertentangan dengan pendapatnya dan tidak merasa terasing? Dapatkah kamu menunjukkan ketidaktahuanmu tanpa khawatir akan dinilai kurang berwawasan? Jika iya, kamu tidak akan menyesal menghabiskan sisa hidup dengan orang ini.

5. Hanya pilih seseorang yang mampu menghargaimu

5 Prinsip yang Harus Dipegang Saat Mencari Pasangan, Biar Gak Menyesalpexels.com/vjapratama

Sulit untuk menjalani hidup bersama dengan seseorang yang tidak menghormatimu, kepribadianmu, keluargamu, atau meremehkan ambisimu dalam hidup. Saat memilih pasangan hidup, pastikan untuk memilih seseorang yang akan menghormati semua aspek kehidupanmu.

Saling menghormati adalah salah satu hal yang harus dicari dalam memilih pasangan hidup. Jadi, jangan beri kesempatan pada orang yang tidak menunjukkan rasa hormatnya padamu.

Dengan memegang semua prinsip tersebut dalam mencari pasangan hidup, niscaya kamu tidak akan menyesal nantinya. Dan, yang tak kalah penting, terus perbaiki diri sendiri agar nantinya kamu bisa menjadi pasangan yang pantas saat akhirnya bisa bertemu dengan pasangan hidupmu.

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya