Comscore Tracker

Perhatikan! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Memperluas Lingkaran Pertemanan

Jangan ragu untuk terbuka pada teman baru

Seiring waktu, lingkaran pertemanan bisa menyempit. Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut, mulai dari perubahan prioritas, lingkungan, dan faktor lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Meskipun adalah hal wajar jika teman menghilang satu per satu saat kita tumbuh dewasa. Tapi bukan berarti kamu bisa diam saja. Sebab, teman memiliki banyak arti dalam hidup, seperti sistem pendukung, tempat berbagi, hingga sebagai tempat mencari bantuan. Karenanya, meskipun banyak orang yang merasa baik-baik saja dengan circle pertemanan yang sempit, tapi tidak ada salahnya jika kamu membuka diri untuk memperluas lingkaran pertemananmu.

Terlebih lagi, jika kamu merasakan tanda-tanda berikut ini. Berarti, akan jauh lebih baik jika kamu memperluas lingkaran pertemananmu.

1. Hobi dan minatmu telah berubah

Perhatikan! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Memperluas Lingkaran Pertemananpexels.com/Anthony Shkraba

Seiring waktu, tidak dapat dimungkiri bahwa hobi dan minat seseorang bisa berubah. Begitu pula dengan kamu dan teman-temanmu yang minat umum kalian mungkin tidak lagi sama.

Ini tidak berarti bahwa kamu dan teman tidak lagi memiliki ikatan. Hanya saja, bisa jadi kamu perlu mencari teman baru untuk berbagi beberapa hal yang sama, misalnya hobi atau minat.

2. Kamu tidak bersemangat hangout bersama teman-temanmu sekarang

Perhatikan! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Memperluas Lingkaran Pertemananpexels.com/Afta Putta Gunawan

Jika kamu tidak ingin menghabiskan waktu dengan teman-teman seperti dulu, itu berarti ada sesuatu yang kurang. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa mungkin inilah saatnya untuk menjalin persahabatan baru.

Mungkin prioritasmu telah berubah atau hangout dengan mereka sudah tidak lagi menarik bagi kamu seperti sebelumnya. Bagaimanapun juga, hangout dan bersenang-senang dengan teman adalah hal yang penting dan kamu perlu menemukan teman yang bisa membuat kamu bersemangat saat bertemu dengannya.

Baca Juga: 6 Model Pertemanan yang Patut Dibanggakan, Jaga Terus Ya! 

3. Kamu merasa telah banyak berubah

Perhatikan! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Memperluas Lingkaran Pertemananpexels.com/Andrea Piacquadio

Roda kehidupan terus berputar dan orang berubah, hal itu tidak dapat dihindari. Sesederhana itu, dan tidak ada yang salah dalam hal itu.

Bagian dari pertumbuhan adalah mengubah caramu memandang sesuatu, mengubah minat, dan mengubah dirimu menjadi lebih dewasa dan lebih baik. Tentu saja, hal tersebut juga berlaku bagi teman-temanmu.

Akibatnya, kamu mungkin tidak lagi menemukan minat yang sama dengan mereka, tetapi kamu tetap dapat menjalin hubungan dengan mereka sambil menambahkan teman baru yang sama-sama saling memahami satu sama lain.

4. Kamu tidak merasa nyaman berbagi hal tertentu

Perhatikan! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Memperluas Lingkaran PertemananUnsplash.com/Product School

Kritik dan saran bisa dipicu oleh banyak hal, termasuk ketidakcocokan dalam memandang hal tertentu. Bisa jadi, saat kamu mengatakan sesuatu kepada temanmu, kamu selalu dikritik yang membuat kamu merasa tidak nyaman membagikan hal tertentu kepada mereka.

Kamu seharusnya merasa nyaman berbagi rahasia dan hal lain dalam hidup dengan teman-temanmu. Jika tidak, maka carilah teman yang bisa membuat kamu merasa dimengerti.

5. Kamu merasa tidak lagi dapat mengandalkan teman-temanmu saat ini

Perhatikan! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Memperluas Lingkaran Pertemananunsplash.com/Brooke Cagle

Bergantung pada orang lain tidak selalu bermakna negatif. Bahkan, mampu bergantung pada teman-teman adalah salah satu kualitas paling penting dari persahabatan, tetapi seiring waktu ketergantungan itu bisa mulai berkurang.

Jika ini terjadi, bukan berarti kamu harus memutuskan hubungan dengan teman-temanmu sepenuhnya. Hanya saja, jangan berharap teman lamamu menjadi sesuatu yang tidak bisa mereka lakukan. Sebaliknya, kamu berhak membuka diri untuk mencari teman baru yang dapat kamu andalkan saat kamu membutuhkannya.

Cek lagi, apakah tanda-tanda di atas sudah kamu alami. Jika iya, jangan ragu-ragu untuk membuka diri dan memperluas lingkaran pertemananmu.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mempertahankan Hubungan Persahabatan Supaya Tetap Solid

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya