Comscore Tracker

5 Alasan Hubungan Asmara Tak Pernah Langgeng, Cari Tahu Apa yang Salah

Wajib tahu untuk kamu yang mau serius

Ketika jatuh cinta dan di awal menjalin hubungan, semua orang pasti merasakan emosi yang luar biasa dan bertekad untuk menjalani komitmen penuh dalam hubungan tersebut. Sayangnya, ini tidak sesederhana kelihatannya. Banyak sekali kejadian dan perubahan yang membuat hubungan harus berakhir walaupun baru seumur jagung.

Kadang kala, hal tersebut adalah wajar dalam suatu hubungan. Hanya saja, kalau selama ini hubungan yang kamu jalani tidak pernah langgeng, kamu patut melakukan evaluasi. Barang kali, ada yang salah dengan dirimu. Inilah hal-hal yang menyebabkan hubungan tidak langgeng.

1. Kurang memahami pentingnya komunikasi

5 Alasan Hubungan Asmara Tak Pernah Langgeng, Cari Tahu Apa yang Salahunsplash.com/Hian Oliviera

Komunikasi merupakan kunci penting untuk membangun hubungan yang sehat. Kebanyakan masalah dalam hubungan berasal dari miskomunikasi. Padahal, komunikasi sebenarnya merupakan hal penting yang paling mudah dilakukan dalam hubungan. Jadi, pelajari kembali cara berkomunikasi yang efektif dengan pasangan agar hubunganmu tidak mudah bubar.

2. Kamu menetapkan standar yang kaku 

5 Alasan Hubungan Asmara Tak Pernah Langgeng, Cari Tahu Apa yang Salahunsplash.com/Oana Craciun

Kamu selalu menetapkan standar yang tidak realistis soal bagaimana seharusnya suatu hubungan berjalan. Padahal, mengharap pasangan dapat memenuhi setiap keinginanmu hanya akan membuat kamu dan pasangan sering ribut, bahkan akan sulit menjalin hubungan dalam waktu lama dengan sikapmu yang seperti ini.

Percayalah, sampai kapan pun, kamu tidak akan mendapatkan pasangan yang sempurna menurut standarmu. Sebaliknya, mengharap kesempurnaan hanya akan membuatmu berkali-kali kehilangan dia yang terbaik.

Baca Juga: 5 Tanda Kedekatan Pasangan dengan Teman Lawan Jenis Lewati Batas Wajar

3. Berharap dia akan sama persis seperti saat pertama kali kamu mengenalnya

5 Alasan Hubungan Asmara Tak Pernah Langgeng, Cari Tahu Apa yang Salahunsplash.com/Nathan McBride

Di awal menjalin hubungan atau ketika masih dalam masa pendekatan, setiap orang pasti berusaha menampilkan semua sisi terbaik diri mereka, baik dalam hal penampilan maupun perilaku. Setelah menjalin hubungan selama beberapa waktu, sifat asli orang tersebut akan muncul secara perlahan-lahan hingga berada dalam tahap tidak sungkan menunjukkan perilaku yang menyebalkan.

Perlu kamu pahami, ini adalah hal yang sangat wajar. Adapun, bagian penting untuk mempertahankan hubungan yang langgeng adalah kemampuan untuk saling menoleransi kekurangan satu sama lain. Jadi, berhentilah untuk berharap pasanganmu akan sama persis seperti saat pertama kali kamu mengenalinya dan berusahalah untuk menerima baik dan buruk pasanganmu.

4. Sulit menyingkirkan ego diri sendiri 

5 Alasan Hubungan Asmara Tak Pernah Langgeng, Cari Tahu Apa yang Salahunsplash.com/Milan Popovic

Mengurangi sikap egois dan menghargai satu sama lain merupakan satu langkah awal menuju hubungan yang sehat dan panjang umur. Sayangnya, bagi sebagian orang, melepaskan sikap egois bukanlah hal yang mudah. Jika kamu termasuk orang yang terlalu menuruti ego diri sendiri tanpa memperhatikan emosi pasanganmu, tidak mengherankan jika hubunganmu selalu gagal.

Untuk menjalin hubungan yang langgeng, kamu dan si dia harus sama-sama bahagia dan saling menghargai. Sikap fleksibel dan mengesampingkan ego dapat menyelesaikan perselisihan dan menyelamatkan hubungan.

5. Kamu punya prioritas yang lain 

5 Alasan Hubungan Asmara Tak Pernah Langgeng, Cari Tahu Apa yang SalahUnsplash.com/Humprey Muleba

Bisa jadi, selama ini kamu terlalu sibuk dalam urusan karier, pendidikan, bisnis, hobi, atau keluarga yang menguras banyak waktu dan tenaga. Alhasil, kamu tidak memiliki sisa waktu dan tenaga untuk memikirkan perihal asmara.

Banyak orang bercita-cita dan bermimpi besar, melakukan hal besar, dan meraih kesuksesan dalam hidup mereka. Dalam memenuhi tujuan yang lebih besar ini, banyak hal yang mesti dikorbankan, salah satunya adalah perihal asmara. Jika orang itu merasa kesulitan mendapatkan pendamping yang mau menemani dan mendukung tujuan hidupnya, memilih untuk vakum dari urusan asmara dinilai jadi pilihan yang paling tepat, mungkin kamu salah satunya.

Itulah penyebab hubungan tidak langgeng. Kalau kamu ingin menjalin hubungan yang serius dan langgeng, segera evaluasi hal apa saja yang perlu segera kamu ubah, yuk!

Baca Juga: Jangan Paksa untuk Meninggalkan Sahabat demi Pasangan, Ini 5 Alasannya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya