Comscore Tracker

Bisa Beri Pengaruh Buruk, Ini 5 Jenis Orang yang Sebaiknya Dihindari

Hindari mereka demi kebahagiaan dan kesehatan mental

Setiap hari kita bertemu dengan orang-orang dengan kepribadian yang bermacam-macam. Beberapa dari orang-orang ini bahkan membuat kesan abadi. Seiring waktu, kamu mungkin juga memilih tetap berhubungan dengan beberapa di antaranya hingga menjadi teman akrab.

Meskipun memiliki banyak relasi adalah hal yang baik, tapi sebaiknya kamu selektif dalam memilih teman. Sebab, ada orang yang akan selalu membuat kamu terkuras secara emosional, kehilangan motivasi, menjadi negatif, bahkan dengan sengaja mencuri kebahagiaanmu. Tentu saja, orang-orang yang memberikan pengaruh buruk tersebut tidak boleh dijadikan teman akrab dan sebaiknya dihindari.

Inilah tipe orang yang sebaiknya dihindari agar tidak memberikan pengaruh buruk.

1. Pengkritik

Bisa Beri Pengaruh Buruk, Ini 5 Jenis Orang yang Sebaiknya Dihindariunsplash.com/Mimi Thian

Sebenarnya, bagus jika kamu memiliki teman yang bisa membimbing kamu melalui kritik yang bermanfaat. Tetapi, kamu harus berhati-hati dengan orang yang suka mengkritik untuk menjatuhkan.

Tidak peduli sebaik apa pun yang kamu lakukan, jenis orang beracun ini entah akan menemukan cara untuk memberi tahu kamu apa yang tidak baik. Bagi orang seperti ini, tidak ada yang cukup baik dalam hal apa pun menurut mereka. Pengkritik ini adalah tipe orang beracun yang secara konsisten akan menilai kamu dan membuat kamu meremehkan usahamu sendiri.

2. Iri hati

Bisa Beri Pengaruh Buruk, Ini 5 Jenis Orang yang Sebaiknya Dihindaripexels.com/fauxels

Orang yang iri selalu mengukur kebahagiaan tiap orang terhadap dunia, padahal setiap orang seharusnya mendapatkan kepuasan dari dalam. Orang yang iri juga akan selalu cemburu dengan pencapaian, kebahagiaan, kesuksesan, dan cinta yang dimiliki orang lain.

Karena itu, orang yang iri akan melakukan apa saja untuk memastikan tidak ada orang yang lebih baik dari mereka. Menghabiskan terlalu banyak waktu bersama dengan orang yang suka iri berbahaya bagi dirimu karena mereka akan selalu tampak meremehkan apa yang kamu dapatkan dan mencuri kebahagiaan yang kamu rasakan.

Baca Juga: Gawat! 5 Tanda Nyata Orang Iri Sama Hidupmu, Wajib Hati-hati ya!

3. Tukang gosip

Bisa Beri Pengaruh Buruk, Ini 5 Jenis Orang yang Sebaiknya DihindariUnsplas.com/Beakoof.com Official

Sebagai manusia, kadang kita bergosip secara tidak sadar. Namun, jika ada orang yang terus-menerus bergosip, sebaiknya kamu segera menghindarinya. Sebab, gosip adalah omong kosong yang hanya akan membuang-buang waktu sekaligus merusak pikiranmu.

Jika temanmu dapat bergosip tentang orang lain di depanmu, apakah kamu bisa menjamin bahwa dia tidak akan bergosip tentang kamu di depan orang lain? Mereka pasti akan melakukannya karena bergosip sudah menjadi bagian dari kepribadian mereka.

4. Narsistik percakapan

Bisa Beri Pengaruh Buruk, Ini 5 Jenis Orang yang Sebaiknya Dihindaripexels.com/Zen Chung

Narsistik percakapan digambarkan sebagai orang yang banyak bicara tentang diri mereka sendiri tetapi tidak menunjukkan minat yang sama dan tulus untuk mendengar orang lain menjelaskan tentang diri mereka.

Orang seperti ini bisa muncul sebagai teman yang selalu meminta nasihat tetapi tidak pernah bertanya tentang kehidupanmu. Atau senang menceritakan hal apa pun yang ia alami tanpa henti. Orang seperti ini pada umumnya haus perhatian dan tidak menghargai orang lain, jadi kamu tidak perlu merasa bersalah untuk menghindari orang seperti ini.

5. Si selalu menjadi korban

Bisa Beri Pengaruh Buruk, Ini 5 Jenis Orang yang Sebaiknya DihindariUnsplash.com/Trung Thanh

Tipe korban ini sulit diidentifikasi karena pada awalnya kamu berempati dengan masalah mereka. Namun seiring berjalannya waktu, kamu mulai menyadari bahwa mereka selalu membutuhkan bantuanmu sepanjang waktu. 

Para orang beracun ini secara aktif menyingkirkan tanggung jawab pribadi dengan membuat setiap masalah kecil yang mereka temui menjadi masalah besar yang tidak bisa dilintasi. Mereka tidak melihat masa-masa sulit sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang, tetapi memanfaatkannya untuk mencari belas kasih dari orang lain.

Orang-orang seperti ini akan terus mempermainkan emosimu melalui perilaku mereka yang tidak rasional. Jadi, demi kebaikan dirimu sendiri, pastikan kamu memilih teman dengan bijak ya.

Baca Juga: Daripada Dicap Jadi Tukang Kritik, Ini Cara Menyampaikannya yang Benar

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya