Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Saat Berteman dengan Introver

Mereka bisa jadi sahabat yang baik dan asyik

Kebanyakan orang menganggap introver adalah pribadi yang pemalu, canggung, dan mudah cemas. Selain itu, introver juga cenderung menikmati waktunya sendiri daripada bersama dengan orang lain di keramaian. Walaupun begitu, bukan berarti introver tidak suka menjalin persahabatan. Sebaliknya, introver bisa jadi teman yang asyik dan menyenangkan setelah kamu dekat dengannya.

Selain itu, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat berteman dengan seorang introver. Yuk, kita bahas apa saja keuntungan yang mungkin kamu dapat saat berteman dengan introver.

1. Memiliki hubungan pertemanan yang dalam dan bermakna

5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Saat Berteman dengan Introverpexels.com/fauxels

Umumnya, seorang introver sering kali membutuhkan lebih banyak pertimbangan untuk menjalin persahabatan, tapi mereka sangat berkomitmen setelah persahabatan tersebut dibuat. Setelah berteman dengan seorang introver, jangan kaget jika nantinya dia bisa tahu banyak tentang kamu, mulai dari apa yang kamu sukai, tidak kamu sukai, dan setiap detail tentang dirimu.

Introver berkembang dalam hubungan yang dalam, di mana mereka lebih memilih memiliki sedikit teman tetapi dekat dan bermakna daripada banyak teman tetapi tidak terlalu dekat. Setelah mereka memutuskan siapa yang akan dijadikan sahabatnya, mereka akan menginvestasikan waktu dan energi untuk sahabatnya karena persahabatan sangat berarti bagi mereka.

2. Bersedia mendengarkan keluhan kesahmu dengan penuh perhatian   

5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Saat Berteman dengan Introverunsplash.com/Mimi Thian

Dibanding berbicara, introver sebenarnya lebih cenderung suka mendengarkan. Dan hal ini sangat bermanfaat dalam persahabatan. Seorang introver benar-benar peduli dengan sahabatnya, dan akan dengan sukarela meluangkan waktu untuk duduk dan mendengarkan keluh kesahmu tanpa mengeluh.

Kamu mungkin baru akan menyadari betapa beruntungnya kamu memiliki sahabat seperti ini saat kamu berada dalam situasi kritis dan perlu berbagi dengan orang lain. Kamu akan mendapati bahwa seorang introver akan mendengarkan curhatanmu tanpa memotongnya, tak peduli seberapa lama kamu berbicara. Mereka juga akan berusaha memahami masalahmu dan memberikan saran yang berarti dan membangun.

Baca Juga: Mirip Introver, 5 Ciri Ini Justru Tanda Gangguan Mental Skizoid Lho!

3. Introver sangat setia

5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Saat Berteman dengan Introverpexels.com/Afta Putta Gunawan

Introver paling ahli dalam membangun dan mewujudkan hubungan yang dalam. Karenanya, kamu mungkin tanpa sadar jadi sering mengatakan rahasiamu kepadanya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, rahasiamu hampir selalu aman bersama mereka karena mereka menghargai kepercayaan dan kesetiaan.

Karenanya, memiliki sahabat introver bisa sangat menguntungkan bagi kamu yang sulit terbuka atau percaya pada orang lain.

4. Mengajarimu cara menemukan kebahagiaan di dalam diri sendiri

5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Saat Berteman dengan Introverunsplash.com/Nicole Wolf

Karena jarang melihat seorang introver berada di tengah keramaian atau jalan-jalan ke luar, bukan berarti introver tidak bahagia. Kamu mungkin akan sering melihat sahabatmu yang introver berdiam diri di kamar sambil membaca buku, menulis, menggambar, atau menikmati makanan. Perlu kamu ketahui, seorang introver memiliki jalannya sendiri untuk menemukan kebahagiaan.

Tidak harus selalu bersama dengan orang lain, introver bisa tetap berada di rumah, menyendiri, namun merasa bahagia dan tidak kesepian. Ini bisa mengajarkan kamu untuk menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil di hidup, dan untuk menemukan kebahagiaan kamu tidak harus bergantung pada orang lain.

5. Membuktikan kepedulian dalam bentuk tindakan

5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Saat Berteman dengan IntroverUnsplash.com/Product School

Orang yang introver memang tidak pandai berkata-kata, tapi mereka mewujudkannya dalam tindakan. Mereka akan berada di sampingmu saat kamu ada di situasi sulit, memberikan bantuan saat kamu membutuhkannya, dan turut berbahagia saat kamu mendapat suatu pencapaian.

Dari sana kamu akan belajar bahwa kepedulian tidak harus disampaikan lewat kata-kata, tapi membuktikan dengan tindakan adalah hal yang terpenting.

Punya sifat yang berkebalikan dengan ekstrover, akan ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan saat berteman dengan seorang introver. Pada intinya, seorang introver memiliki kepedulian pada orang lain, dan mereka juga ingin kamu peduli pada mereka.

Baca Juga: 7 Kalimat yang Membuat Seorang Introver Merasa Tidak Nyaman

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya