Comscore Tracker

Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari Muka

Terlihat baik, padahal hanya memanfaatkan 

Di lingkungan pergaulan atau lingkungan kerja, kita akan bertemu dengan teman-teman dengan berbagai karakter, mulai dari yang sangat baik hingga sangat menyebalkan. Salah satu yang paling menyebalkan dan berbahaya adalah mereka yang hobi cari muka. Orang seperti ini sering kali terlihat baik pada suatu waktu dan pada orang tertentu, tapi sangat tercela di lain kesempatan. Ini merupakan tanda bahwa mereka hanya ingin mencari keuntungan dari orang-orang tertentu.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengidentifikasi teman yang sebenarnya sedang cari muka dan tidak terlalu dekat dengannya. Nah, jika kamu bertemu dengan teman seperti ini, kamu patut berhati-hati dan tidak boleh terlalu akrab dengannya agar tidak dimanfaatkan.

1. Selalu berusaha menunjukkan kesamaan selera denganmu

Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari Mukapexels.com/mentatdgt

Teman yang hobi cari muka kerap terlihat meniru selera dan pendapatmu. Bahkan, sering kali ia berbagi pendapat dengan antusias. Kadang, cara mereka menunjukkan bahwa mereka memiliki kesamaan denganmu ini dapat dilakukan dengan cara yang tidak masuk akal, seperti meniru penampilan, dekorasi, pakaian, dan tingkah laku.

Selain itu, misalnya mereka tahu kamu adalah fans KPop, mereka mungkin akan mulai menonton drama atau mengoleksi merchandise, padahal mereka sendiri sebelumnya bukanlah fans KPop.

2. Bersikap sangat baik padamu, tapi sangat buruk pada orang lain

Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari Mukapexels.com/nappy

Orang yang cari muka ini sering menunjukkan kebaikan diri mereka sendiri kepada orang-orang yang dihormati atau memiliki pengaruh. Namun, ia memperlakukan orang yang tidak disukai atau dianggap memiliki posisi yang lebih rendah dengan meremehkan, bahkan menghina mereka.

3. Tidak setuju pada hal-hal kecil, tapi selalu setuju pada hal besar

Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari Mukaunsplash.com/Antenna

Seorang yang suka cari muka juga biasanya sangat cerdik. Orang seperti ini hanya akan menunjukkan perbedaan pendapat pada masalah-masalah yang ringan untuk menunjukkan bahwa dia memiliki pemikiran yang mandiri, tetapi akan selalu menyetujui isu besar.

Bahkan, kamu harus waspada dengan teman yang memberikanmu kritik dalam bentuk pujian, seperti mengatakan kamu terlalu murah hati. Sebab, ini juga merupakan ciri teman cari muka yang ingin mendapatkan perhatianmu.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Kenal dan Dekat dengan Teman-teman Pasanganmu

4. Gemar memuji dirinya sendiri

Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari MukaUnsplas.com/Beakoof.com Official

Teman yang suka menceritakan kebaikan-kebaikannya atau sumbangsihnya bisa jadi hanya sedang cari muka. Hal ini dilakukan untuk membuat pendengarnya percaya dan terkesan padanya. Namun, alih-alih membuat orang lain terkesan, hal ini justru menjengkelkan dan menunjukkan bahwa orang seperti ini bukanlah orang yang tulus.

Jadi, jika ada teman yang suka memuji dirinya sendiri, kamu harus menanggapinya dengan santai dan tidak terlalu antusias. Bahkan, jika mungkin, segera tinggalkan saja orang tersebut.

5. Suka menjelek-jelekkan orang lain

Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari Mukapexels.com/Christina Morillo

Selain memuji diri sendiri, seorang yang hobi cari muka juga suka memperhatikan kekurangan orang lain. Setelah itu, dia akan membicarakannya pada teman-teman yang lain.

Jika kamu memiliki teman seperti ini, pastikan kamu tidak menjadikannya tempat curhat. Sebab, dia mungkin akan menjadikanmu bahan omongan di antara teman-teman yang lain.

6. Hanya berteman dengan orang tertentu

Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari Mukapexels.com/fauxels

Seorang pencari muka juga sangat pemilih dalam mencari teman. Jadi, orang seperti ini hanya akan bergaul dengan orang-orang tertentu, misalnya senior atau rekan yang memiliki privilege.

Hal ini dilakukannya agar ia mendapatkan manfaat atau eksposur lebih, misalnya diterima oleh atasan atau promosi jabatan.

Orang yang suka cari muka biasanya tidak tulus dalam berteman. Jadi, jika kamu mendapati temanmu memiliki karakteristik seperti ini, tidak perlu berteman secara personal dengan orang ini, ya.

Baca Juga: 6 Hal yang Dilakukan Saat Teman-teman Pasanganmu Tidak Menyukaimu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya