Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Orang Lain Bunuh Diri

Sederhana, tapi sangat berarti

Dalam sebagian besar kasus, orang yang memiliki kecenderungan bunuh diri menghadapi kondisi sulit yang berlangsung dalam kurun waktu tertentu tanpa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Sementara itu, ada banyak hal yang dapat dilakukan orang-orang terdekatnya untuk membantu orang yang mengalami depresi atau berencana untuk bunuh diri.

Jika kamu melihat tanda-tanda ini pada orang terdekatmu, seperti bicara soal kematian, merasa diri mereka menjadi beban, depresi, dan kehilangan minat pada apa pun, jangan abaikan tanda ini. Sebab, orang dengan tanda ini memiliki kecenderungan untuk bunuh diri dan perlu untuk segera dibantu. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bunuh diri.

1. Jangan meremehkan perasaan orang lain

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Orang Lain Bunuh Diriunsplash.com/Christin Hume

Meskipun mungkin berpikir bahwa masalah mereka tidak cukup serius, kamu tidak perlu memberikan respons yang seolah meremehkan apa yang mereka alami. Pastikan kamu mendengarkan apa yang mereka katakan tanpa memberikan penilaian.

Perlu diingat, kamu tidak boleh meremehkan pengalaman atau emosi mereka. Yang terpenting, jangan pernah mengabaikan pembicaraan atau ancaman tentang bunuh diri.

2. Pandang pembahasan seputar bunuh diri sebagai kebutuhan untuk mencari bantuan

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Orang Lain Bunuh Diripixabay.com/Free-photos

Ketika seseorang membicarakan tentang keinginan bunuh diri, ini belum tentu merupakan tanda bahwa orang tersebut benar-benar ingin mati. Sebaliknya, ini adalah indikator bahwa mereka sangat menderita secara emosional, tetapi tidak tahu bagaimana menghadapinya. Itu sebabnya, mereka melihat bunuh diri sebagai satu-satunya pilihan bagi mereka untuk keluar dari situasi yang tidak mereka inginkan.

Jadi, pembicaraan tentang bunuh diri mungkin merupakan cara mereka untuk menjangkau dan mengatakan bahwa mereka membutuhkan bantuan. Untuk itu, jika ada temanmu yang membahas perihal bunuh diri, jangan menganggapnya sebagai candaan atau dirinya terlalu mendramatisasi keadaan. Sebaliknya, coba tawarkan bantuan yang mungkin dia perlukan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Luka Tusuk Pembunuhan dan Bunuh Diri dari Ilmu Forensik!

3. Jadilah pendengar yang baik 

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Orang Lain Bunuh DiriUnsplas.com/Beakoof.com Official

Berbicara dengan orang yang penuh perhatian dapat sangat membantu dalam meredakan tekanan tak tertahankan yang dapat mengarah pada upaya bunuh diri. Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu tidak membutuhkan keahlian khusus. Kamu cukup bersabar dalam mendengarkan apa yang ia katakan dan hindari perdebatan serta komentar yang sifatnya judgemental.

Perlu kamu tahu, berdebat dengan orang yang sedang mengalami tekanan mental bisa jadi dianggap tidak sensitif dan tampak meremehkan apa yang dialami seseorang. Cukup hadir dan tunjukkan bahwa kamu peduli.

4. Dorong mereka agar mau menemui ahli kesehatan mental

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Orang Lain Bunuh Diriunsplash.com/National Cancer Institute

Mungkin akan butuh sedikit kesabaran dan ketekunan, tetapi doronglah mereka untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental. Bahkan, setelah mereka akhirnya mau bertemu dengan ahlinya, terus pertahankan kontak agar mereka mau rutin berkonsultasi dan melakukan perawatan kesehatan mental dengan ahlinya.

Selain itu, ada juga organisasi kesehatan mental yang dapat kamu atau mereka hubungi untuk mendapatkan pertolongan dan informasi lebih lanjut.

5. Ceritakan rahasia mereka pada orang yang tepat

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Orang Lain Bunuh Diriunsplash.com/Mimi Thian

Jika orang tersebut menceritakan padamu rahasianya dan meminta kamu untuk tidak memberi tahu siapa pun, ketahuilah bahwa kamu mungkin harus mengingkari janji ini demi membantu kehidupan mereka. Sebab, bisa jadi, kamu memang perlu membongkar rahasia mereka.

Namun, pastikan kamu hanya menceritakannya pada orang yang tepat dan bisa membantumu, seperti psikolog, keluarga, dan sebagainya. Jangan asal menceritakan rahasianya pada orang lain, sebab ini bisa membuatnya kehilangan kepercayaan padamu.

Pikiran untuk bunuh diri adalah hal serius yang tidak bisa diabaikan. Jadi, kalau kamu melihat kecenderungan untuk bunuh diri dalam diri seseorang, jangan diam. Bantu mereka dengan menunjukkan kepedulian dan dorong mereka untuk mendapatkan pertolongan dari ahli yang mereka butuhkan.

Baca Juga: 18 Alasan Orang Bunuh Diri, Kenali dan Lindungi Mereka

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya