Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Pahami Saat Memutuskan Menikah Sambil Kuliah

Gak perlu takut nikah muda

Idealnya urutan fase hidup yang dilalui setiap orang adalah belajar, bekerja, lalu menikah. Tapi yang namanya jodoh tidak ada yang tahu, bisa saja seseorang bertemu dengan jodoh saat dirinya sedang menempuh pendidikan.

Menikah adalah kebutuhan setiap orang dan dapat segera bertemu dengan jodoh adalah suatu berkah yang luar biasa. Di sisi lain pendidikan juga merupakan hal yang sangat penting. Pendidikan bisa jadi salah satu kunci kesuksesan sehingga menempuh pendidikan setinggi dan sebaik mungkin adalah hal yang perlu kamu lakukan.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang kuliah dan berencana segera menikah, pahami dulu lima hal ini.

1. Harus sudah memiliki pekerjaan

Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Pahami Saat Memutuskan Menikah Sambil Kuliahceritamedan.com

Buat kamu yang cowok, pastikan kamu sudah memiliki penghasilan minimal dari pekerjaanmu sebagai freelancer atau part time. Dengan memutuskan untuk menikah, artinya kamu sudah siap menafkahi dan memenuhi semua kebutuhan istrimu, termasuk biaya kuliah. Kan gak lucu kalau setelah menikah kamu tetap meminta orangtua memenuhi kebutuhan kalian.

2. Siap ketika harus memiliki anak saat kuliah

Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Pahami Saat Memutuskan Menikah Sambil KuliahVogue.com

Walaupun kamu berniat untuk gak memiliki anak selama kuliah, kamu tetap harus mempersiapkan mental jika tiba-tiba kamu harus memiliki anak disaat sedang sibuk kuliah. Sama seperti jodoh, kehadiran seorang anak juga tidak bisa kamu tolak. Jadi, saat kamu merencanakan pernikahan saat sedang menempuh bangku perkuliahan, pastikan kamu sudah siap dengan konsekuensi mengurus anak saat sedang sibuk kuliah.

Baca Juga: 5 Kebutuhan Pasca Menikah yang Bakal Menyedot Dana Besar, Siap-siap!

3. Bicarakan pembagian tugas rumah tangga

Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Pahami Saat Memutuskan Menikah Sambil KuliahMedium.com

Menikah selepas resmi mendapatkan gelar sarjana saja sudah merepotkan, apalagi menikah saat sedang menempuh bangku kuliah. Maka dari itu, suami gak boleh egois dan melimpahkan segala urusan rumah tangga pada istri. Suami harusnya paham dan mendukung niat istri untuk menyelesaikan pendidikan. Oleh sebab itu, bicarakanlah pembagian tugas rumah tangga yang mana sang suami juga harus punya andil dalam mengurus rumah.

4. Pastikan kamu akan tetap menyelesaikan pendidikan

Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Pahami Saat Memutuskan Menikah Sambil KuliahUnsplash.com/Eric Ward

Pendidikan adalah hal yang sangat penting, sama pentingnya untuk laki-laki maupun perempuan. Maka dari itu, kamu harus punya tekad yang kuat untuk tetap menyelesaikan pendidikan walaupun telah berumah tangga nantinya. Jangan sampai kesibukan mengurus rumah membuat kamu menyerah dan menghentikan pendidikanmu di tengah jalan.

5. Management waktu yang baik

Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Pahami Saat Memutuskan Menikah Sambil KuliahUnsplash.com/Kyle Gregory Devaras

Sebagai mahasiswa yang aktif, kamu pasti terbiasa menghabiskan banyak waktu di kampus baik itu kepentingan kampus atau hanya untuk sekedar nongkrong. Selepas menikah, kamu harus bisa mengatur waktu untuk pendidikan dan juga keluarga. Bahkan kalau memang diperlukan, kamu bisa mengurangi kegiatan di kampus agar punya waktu sedikit lebih banyak untuk keluarga.

Nah itu tadi beberapa konsekuensi yang harus kamu terima saat menikah sambil kuliah. Apakah kamu sudah siap?

Baca Juga: 6 Tips Jitu untuk Meyakinkan Orangtua Bahwa Kamu Siap Menikah Muda

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You