Comscore Tracker

Jangan Ngambek, Ini 5 Alasan Seseorang Lama Membalas Chat Darimu

Tetap berpikir positif dulu

Saat ini, aplikasi chat adalah salah satu aplikasi yang dimiliki oleh kebanyakan pengguna smartphone. Bahkan, chatting melalui aplikasi pesan seakan menjadi aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari.

Namun, saat chat kita tidak kunjung dibalas, apalagi oleh orang yang kita anggap penting, seperti keluarga, teman, pasangan, atau atasan, kadang menimbulkan pikiran buruk. Sering kali, kita mungkin bertanya-tanya, apa yang menyebabkan seseorang lama atau bahkan tidak membalas chat dari kita.

Untuk membantu menjawab rasa penasaranmu, di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa orang lama membalas chat.

1. Sedang ada urusan kerja

Jangan Ngambek, Ini 5 Alasan Seseorang Lama Membalas Chat Darimuilustrasi bekerja sambil membalas chat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat ini, hampir setiap urusan kerja membutuhkan komunikasi melalui aplikasi pesan. Terlebih, pada masa ini, sebagian besar perusahaan masih menerapkan work from home (WFH) sehingga urusan kerja dan komunikasi dengan klien dilakukan secara daring.

Jadi, jika chat kamu tidak kunjung dibalas padahal orang yang kamu maksud terlihat sedang online, jangan buru-buru berpikiran negatif. Bisa jadi mereka sedang sibuk bekerja sehingga belum bisa membalas chat kamu.

2. Sedang mengalami situasi darurat

Jangan Ngambek, Ini 5 Alasan Seseorang Lama Membalas Chat Darimuilustrasi chatting (pexels.com/Charlotte May)

Bisa jadi, alasan seseorang lama membalas chat adalah karena ia sedang berada dalam situasi darurat. Misalnya, saat mendapatkan kabar bahwa kerabatnya terlibat dalam kecelakaan, orang tersebut akan terkejut dan sibuk menghubungi orang-orang terdekat alih-alih membalas chat darimu.

Oleh sebab itu, cobalah untuk tetap berpikiran positif. Cobalah mengerti keadaannya dan tidak mengirimkan spam chat hanya agar orang yang kamu maksud buru-buru membalasnya.

Baca Juga: 5 Trik Ekspresikan Cinta pada Pasangan Melalui Chatting, Mudah Kok!

3. Topik chat basi

Jangan Ngambek, Ini 5 Alasan Seseorang Lama Membalas Chat Darimuilustrasi chatting (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang mungkin malas membalas chat kamu lantaran kamu hanya menanyakan hal-hal basi dan tidak penting. Seperti "sedang apa?" atau "sudah makan belum?". Pertanyaan ini membuat orang merasa tidak perlu cepat-cepat membalas chat atau bahkan mengabaikan chat darimu.

Jika kamu memang ingin obrolan terus berlanjut, kamu perlu mencari topik pembicaraan yang lebih menarik. Misalnya, “Eh, di dekat kantor ada kafe baru, kapan-kapan makan siang di sana, yuk!" Bahasan seperti ini akan membuat orang yang kamu maksud mengerti arah pembicaraanmu dan merasa perlu membalasnya.

4. Sedang tidak mood

Jangan Ngambek, Ini 5 Alasan Seseorang Lama Membalas Chat Darimuilustrasi seseorang sedang merasa malas (pexels.com/cottonbro)

Manusia memiliki mood atau suasana hati yang berubah-ubah sepanjang waktu. Terkadang, ia bersemangat, sedih, bahagia, malas, dan sebagainya. Suasana hati seseorang juga bisa memengaruhi bagaimana orang membalas chat.

Misalnya, saat seseorang sedang merasa malas, ia mungkin menunda untuk membalas semua chat, termasuk darimu. Kamu juga tidak perlu risau, tunggu saja hingga beberapa saat. Nantinya ia akan membalas chat saat mood-nya sudah kembali.

5. Tidak tahu harus membalas apa

Jangan Ngambek, Ini 5 Alasan Seseorang Lama Membalas Chat Darimuilustrasi chatting (pexels.com/Roman Pohorecki)

Kadang, orang juga bisa lama membalas chat karena bingung harus membalas apa. Misalnya, saat kamu membahas suatu topik spesifik, mengajak diskusi, atau bertukar pikiran. Kadang, ia harus berpikir dulu sebelum membalasnya, sehingga chat darimu tidak bisa buru-buru dibalas.

Jika kamu membahas topik yang akan menimbulkan perdebatan, ia mungkin memilih untuk tidak membalasnya. Bisa juga ia gagal memahami maksud dari chat yang kamu kirim, sehingga memilih untuk tidak membalasnya daripada miskomunikasi.

Demikianlah beberapa alasan orang lama atau bahkan tidak membalas chat darimu. Jika suatu ketika chat kamu tidak dibalas, kamu tidak perlu marah, apalagi kalau chat darimu memang tidak mendesak untuk dibalas.

Baca Juga: Pasangan Doyan Chatting dengan Mantan? Ini 6 Cara Bijak Menyikapinya!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya