Comscore Tracker

Girls, Jangan Korbankan 5 Hal Ini Cuma karena Takut Tak Punya Pasangan

Jangan sampai salah langkah

Semua orang tentunya ingin memiliki pasangan di hidupnya dan terkadang rela melakukan apa pun di hidupnya. Namun, perlu diakui, bahasan tentang jodoh ini menjadi lebih sensitif di antara para perempuan daripada laki-laki. Pasalnya, di banyak tempat, terdapat standar bahwa perempuan idealnya menikah di umur sekian, harus bersikap demikian, hanya boleh melakukan pekerjaan ini dan itu, dan masih banyak lagi. Karenanya, ada banyak perempuan yang rela berkorban lebih banyak demi memenuhi standar masyarakat.

Berkorban dalam suatu hubungan memang suatu keharusan, baik bagi perempuan maupun laki-laki. Namun, bukan berarti kita lantas harus mengorbankan segalanya hanya karena takut tidak memiliki pasangan. Kali ini, kita akan membahas apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh para perempuan hanya karena takut tidak memiliki pasangan.

1. Hubungan penting yang lain

Girls, Jangan Korbankan 5 Hal Ini Cuma karena Takut Tak Punya Pasanganilustrasi teman (pexels.com/Kampus Production)

Saat ini kamu sedang kasmaran dan merasa perlu mengikat hubungan yang serius dengan doi. Akan tetapi, apakah hubungan ini menjadi satu-satunya hubungan yang kamu perlukan dan inginkan sepanjang hidup? Bagaimana dengan teman, keluarga, hubungan lain yang sudah kamu jalin selama bertahun-tahun? Apakah kamu benar-benar berpikir layak untuk mengabaikan semua hubungan yang telah lama terjalin hanya untuk menjaga hubungan romantismu tetap utuh? 

Meskipun penting untuk menjalani hubungan dengan serius dan bahkan memprioritaskan pasangan, tetapi melepaskan hubungan lain hanya karena doi memintamu demikian akan menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Untuk tumbuh dan memiliki kehidupan yang memuaskan, kamu perlu tetap berhubungan dengan mereka yang mencintaimu.

2. Kemandirianmu

Girls, Jangan Korbankan 5 Hal Ini Cuma karena Takut Tak Punya Pasanganilustrasi perempuan sedang bekerja (unsplash.com/Brooke Cagle)

Berada dalam suatu hubungan bisa menjadi pengalaman yang indah dan penuh kasih. Sayangnya, banyak perempuan yang terlena dan kemudian menjadi tidak mandiri karena terlalu dimanjakan oleh perhatian pasangan.

Ingatlah, penting untuk menjaga independensi dan jangan sampai ini mengubahmu menjadi pribadi yang selalu bergantung pada pasangan. Tetap nikmati waktu bersama teman-temanmu, jalani hobi yang membuat kamu bahagia, dan dapatkan apa yang kamu inginkan dengan usahamu sendiri. Kemandirian membantu kamu berada dalam hubungan yang sehat dan tidak tertindas.

Baca Juga: 5 Cara Raih Keintiman Tanpa Aktivitas Seksual, Pasangan makin Cinta!

3. Impian yang sudah lama kamu rajut

Girls, Jangan Korbankan 5 Hal Ini Cuma karena Takut Tak Punya Pasanganilustrasi belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan pernah menyerah pada impian yang sudah kamu raih dengan susah payah demi sebuah hubungan yang belum jelas masa depannya. Suatu hubungan harus menjadi batu loncatan untuk mengejar impian, bukan tempat yang membuat kamu terbelenggu dan kecewa. 

Pasangan yang tidak senang pada keberhasilanmu akan mencoba melumpuhkan pikiranmu yang kreatif dan penuh gairah agar dapat mengendalikanmu. Jika kamu merasa hubunganmu sekarang seperti ini, sadarilah bahwa ini tidak sehat. Hubungan yang sehat mendorong petualangan dan membantu orang-orang yang terlibat untuk maju, bukannya mengalami kemunduran.

4. Hak untuk mengambil keputusan

Girls, Jangan Korbankan 5 Hal Ini Cuma karena Takut Tak Punya Pasanganilustrasi laki-laki dan perempuan sedang berdiskusi (pexels.com/Samson Katt)

Kemampuanmu untuk mengambil keputusan akan melemah jika kamu tidak pernah menggunakannya. Benar, sesekali kita harus mengalah pada pendapat pasangan, tetapi selalu menurut pada keputusan pasangan akan membuat kamu kehilangan kemampuan untuk membedakan mana yang tepat dan mana yang tidak.

Bukan berarti kamu harus membuat setiap keputusan sendirian, tetapi pastikan kamu selalu berdiskusi dengan doi sebelum membuat keputusan bersama, terlebih yang dirasa penting. Ini membantu mempertahankan identitasmu sebagai individu serta kemampuanmu untuk berdiri di atas kakimu sendiri.

5. Harga diri

Girls, Jangan Korbankan 5 Hal Ini Cuma karena Takut Tak Punya Pasanganilustrasi bercermin (pexels.com/cottonbro)

Rasa hormat pada diri sendiri adalah satu hal penting yang tidak boleh kamu korbankan untuk siapa pun. Caramu menghargai diri sendiri berperan langsung pada tingkat kepercayaan diri dan bagaimana orang lain memperlakukanmu.

Jika kamu berada dalam suatu hubungan yang membuat kamu merasa tertekan untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan moral dan nilai-nilaimu, maka inilah saatnya bagi kamu untuk mengevaluasi hubungan itu. Pikirkan matang-matang apakah hubungan itu adalah sesuatu yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup.

Memiliki pasangan memang bisa membuat hidupmu menjadi lebih bahagia. Namun, jangan sampai kamu salah langkah hanya karena obsesi mengubah statusmu dari single menjadi taken.

Baca Juga: 5 Proses Adaptasi yang Kerap Dilalui oleh Pasangan Baru, Penting!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya